free page hit counter
Kelebihan-Jualan-di-Facebook
Kelebihan jualan di Facebook. | @thaspol-s - freepik.com

Kelebihan & Kekurangan Jualan Online di Facebook untuk UMKM

Artikel diperbarui pada 3 Juni 2021.

Kelebihan-Jualan-di-Facebook
Kelebihan jualan di Facebook. | @thaspol-s – freepik.com

Berbicara mengenai Facebook, pastinya akan mudah sekali ketika mengungkapkan tentang keunggulannya.

Tidak hanya lebih mudah mengunggah status yang panjang, menggunakan Facebook juga berpengaruh pada pemasaran bisnis.

Kenapa banyak orang menggunakan Facebook untuk jualan online dan berhasil closing hanya bermodalkan akun Facebook saja?

Mungkin jawaban pertanyaan ini yang ingin kamu tahu. Tapi di balik kelebihannya, Facebook juga memiliki kekurangan untuk jualan online bagi UMKM dan usaha kecil.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan Facebook untuk menjual produk dan jasa.

Artikel ini adalah sambungan dari topik Cara Jualan Online di Facebook bagi Usaha Kecil.

Kelebihan Jualan Online di Facebook bagi Usaha Kecil

Jualan online di Facebook saat ini menjadi cara yang banyak digunakan untuk menambah penghasilan. Berikut adalah beberapa kelebihannya, yaitu;

#1. Mudah Untuk Berbagi Apapun

Para pengguna setia Facebook pasti akan mengakui keunggulan yang satu ini. Melalui Facebook siapapun, termasuk kamu akan lebih mudah untuk berbagi apapun.

Mulai dari status pribadi, foto, tautan, video hingga iklan sebuah produk. Jadi, bisa dikatakan Facebook lebih terbuka dibanding dengan sosial media yang lain.

Meskipun pada saat ini, untuk iklan produk Facebook lebih membatasi. Solusinya, jualan online di Facebook bisa menggunakan cara soft selling. Cara seperti ini lebih banyak diminati karena tidak terlihat sedang melakukan promosi. Jadi, mereka yang membaca merasa tidak jadi korban iklan setiap hari.

#2. Menampilkan Info Profil Secara Lengkap

Pada tampilan Facebook, kamu akan dihadapkan dengan profil pengguna secara lengkap. Umumnya selain nama, alamat dan pendidikan, kamu juga bisa mengetahui tentang profesi seseorang dari Facebook.

Nah, selain dari foto dan aktivitas, profil seseorang dapat dijadikan acuan untuk mendapatkan target market yang sesuai.

Efek untuk jualan online di Facebook dari segi kelengkapan profil juga berpengaruh besar. Biasanya calon pembeli yang belum kenal akan melihat profil terlebih dahulu.

Tentunya selain melihat status dan story yang dibagikan. Apabila profil yang dibuat meyakinkan, akan banyak orang yang cenderung percaya hingga akhirnya menjadi pelanggan.

#3. Efektif Untuk Ajang Promosi

Jualan online di Facebook butuh promosi yang intens dan menarik. Rata-rata orang tidak suka dengan iklan yang ditampilkan secara langsung. Mereka malas membaca hingga selesai karena merasa bosan.

Untuk itulah banyak pelaku bisnis online yang memilih menggunakan iklan dengan cara story telling. Cara ini dinilai lebih efektif dan menarik perhatian bagi pengguna Facebook yang semakin banyak.

Kekurangan Jualan di Facebook bagi UMKM

Kekurangan-Jualan-di-Facebook
Kekurangan jualan di Facebook. | @sitthiphong – freepik.com

Facebook yang memiliki segudang kelebihan, nyatanya juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak bisa dihindari. Sebagaimana layaknya media sosial lain yang tidak sempurna, demikian pula dengan Facebook.

Untuk mengetahui kekurangan dari media sosial populer ini, intip selengkapnya di bawah ini;

#1. Media Sosial yang Sensitif

Bukan saja untuk status yang menyinggung SARA, Facebook juga terkenal sensitif untuk iklan promosi yang dinilai terlalu mencolok dan sering. Jualan online di Facebook saat ini harus lebih berhati-hati.

Kenapa?

Alasannya, banyak penjual online yang mengaku iklannya tidak bisa ditampilkan karena di anggap sebagai spam oleh Facebook.

Oleh sebab itu, membuat iklan sekarang harus lebih berhati-hati karena Facebook yang cenderung sensitif.

Buatlah iklan yang sederhana dan tidak terlalu sering. Cukup beberapa kali saja dalam sehari. Jika beruntun, bukan tidak mungkin akan diblokir Facebook.

#2. Kemudahan dalam Main Tag Hingga Membuat Tidak Nyaman

Jika kamu mengalami kejadian seperti ini pasti juga merasa tidak nyaman. Tag dari orang lain yang datang secara brutal akan memenuhi wall kamu dengan berbagai iklan dari orang lain.

Oleh sebab itu, apabila kamu tidak merasa nyaman, apabila membuat iklan sebisa mungkin untuk tidak melakukan tag dengan orang lain.

Artikel lain terkait jualan online di Facebook bagi UMKM dan usaha kecil:

Tinggalkan Balasan