free page hit counter

Belum Terdaftar Sebagai Penerima BLT Anak Tapi Butuh? Ini Langkahnya

Artikel diperbarui pada 2 November 2022.

Cara Daftar Anak Bansos Anak Sekolah
Cara daftarkan anak agar dapat bansos Rp 3,4 Juta. | goodscoop.id

Pemerintah pusat kembali mengucurkan dana bantuan untuk anak dan siswa sekolah di Indonesia. Melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia, pemerintah pusat menggulirkan dana bantuan sepanjang tahun 2021 ini, salah satunya adalah bansos anak.

Baca Juga: Beneran Cair Bansos Anak Rp 3,4 Juta dengan Syarat Ini

Bansos tunai untuk anak usia dini dan anak sekolah ini bisa kamu peroleh dengan mengikuti syarat dan cara daftar BLT anak bulan Maret 2021.

Namun, dana untuk anak sekolah tidak diterima oleh semua siswa di seluruh Indonesia.

Penerima adalah anak-anak yang berhak dan sudah terdaftar di Dapodik atau arahan teknis. Kalau anak tidak terdaftar dan kamu merasa membutuhkannya, kamu bisa meminta bantuan dengan langkah berikut ini.

Baca Juga: Mumpung Masih Bisa, Ini Cara Dapat Token Listrik Gratis Maret 2021!

Cara Daftarkan Anak Sebagai Penerima BLT Anak

Baca Juga: Terbukti Cair, Ini Trik Ambil BST RP 300 Ribu Maret 2021

  1. Orangtua/siswa melaporkan nomor KIP ke pihak sekolah/ PKBM-LKP/SKB
  2. Pihak sekolah menginput data nomor KIP siswa ke Dapodik
  3. Persetujuan usulan dari pihak sekolah, selanjutnya data diserahkan ke direktorat teknis via Dapodik (jenjang SMA) dan aplikasi PIP (jenjang SD dan SMP)
  4. Penetapan SK penerima dana PIP berdasarkan data Dapodik
  5. Pihak pemerintah pusat memberikan instruksi kepada bank yang ditunjuk agar dana bantuan ditransfer ke rekening penerima (siswa)
  6. Pembuatan rekening PIP untuk setiap peserta didik penerima bansos sesuai SK dari direktorat teknis
  7. Lembaga yang sudah ditugaskan menyalurkan dana bantuan ke setiap rekening dan memberitahukan dinas pendidikan setempat agar dana segera diambil
  8. Pihak dinas pendidikan setempat menyampaikan SK beserta daftar nama penerima bansos anak sekolah sekaligus koordinasi jadwal pencairan dana dengan pihak sekolah terkait.

Proses Pencairan BLT Anak

Baca Juga: Belum Terdaftar di DTKS Sebagai Penerima Bansos Rp 300 Ribu? Ikuti Langkah Ini!

Dana bantuan pemerintah dapat diterima oleh siswa yang bersangkutan atau oleh orang tua / wali. Tempat pengambilan dana bantuan ini umumnya dilakukan langsung di bank atau melalui sekolah.

Ini tergantung kebijakan masing-masing dinas pendidikan dan sekolah. Ikuti langkah berikut ini untuk klaim BLT anak:

Melalui Bank Himbara

Baca Juga: [TERBARU] Ini Cara Ambil BLT Ibu Hamil dan Anak Sekolah

  • Orang tua/ wali atau siswa yang bersangkutan melakukan pengambilan sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Membawa buku rekening dan identitas diri beserta fotokopi.
  • Lakukan proses pencairan ke bank dengan menyertakan berkas yang diperlukan.
  • Tunggu verifikasi berkas.
  • Tunggu hingga ada panggilan dari bagian teller
  • Tanda tangan penerimaan dana bansos
  • Kamu menerima uang bansos

Melalui Sekolah

Baca Juga: Terbukti! Ini Cara Ambil Kuota Gratis 15GB dari Kemendikbud!

  • Orang tua/ wali atau siswa yang bersangkutan melakukan pengambilan sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Bawa buku rekening dan identitas diri asli
  • Lakukan proses pencairan ke bagian keuangan sekolah
  • Tunggu verifikasi berkas
  • Kalau sudah selesai, kamu akan dipanggil oleh petugas
  • Tandatangani bukti penerimaan bansos
  • Kamu menerima uang bansos