free page hit counter

7 Bank Penyedia Deposito Syariah Terbaik & Syarat Daftar

Artikel diperbarui pada 18 April 2021.

Bagaimana cara daftar deposito syariah dan bank mana saja yang menyediakan produk keuangan ini? Deposito syariah tengah jadi produk investasi favorit milenial anti ribet dan halal. Berikut ini adalah 7 bank penyedia deposito syariah terbaik dan syarat daftarnya.

Bank Deposito Syariah
Daftar bank penyedia investasi deposito syariah di Indonesia. | goodscoop.id

Ketika kamu membaca artikel ini, maka kamu sudah memahami apa itu deposito syariah, jenis-jenis deposito syariah yang terbaik buat kamu, dan kapan investasi deposito syariah.

Ada beberapa pilihan bank syariah yang bisa kamu pilih ketika ingin menjatuhkan pilihan investasi. Beberapa di antaranya menyediakan persyaratan yang mudah. Silakan pilih bank yang ada di kota kamu dan mudah ditemukan.

Daftar bank penyedia investasi deposito syariah di bawah ini menyediakan pilihan deposito rupiah dan mata uang asing. Jadi, silakan pilih mata uang mana yang ingin kamu ternak.

#1. Bank Syariah Mandiri (BSM Deposito), Masih Jadi Favorit

BSM Deposito masih termasuk dalam kategori bank dengan deposit syariah terbaik.

Deposito Bank Syariah Mandiri merupakan investasi berjangka waktu tertentu yang digunakan dalam bentuk mata uang rupiah, serta dikelola menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

Kamu bisa memilih deposito dari bank Mandiri Syariah ini dengan setoran awal senilai 2 juta rupiah. Untuk jangka waktunya, kamu dapat memilih apakah ingin menggunakan selama 1, 3, 6, atau 12 bulan. Menariknya, BSM deposito bisa diajukan secara peorangan atau non perorangan.

Syarat pembukaan rekening BSM deposito cukup mudah. Bagi nasabah perorangan, cukup sediakan fotokopi KTP dan NPWP, serta mulai mengisi formulir pengajuan.

Sementara untuk nasabah non perorangan (institusi), maka persyaratan yang mesti disediakan adalah:

  • Fotokopi KTP pengurus
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan dan akta perubahan perusahaan serta pengesahannya
  • Fotokopi ADP (Anggaran Dasar Perusahaan)
  • Fotokopi SIUP, TDP atau ijin usaha dari pihak berwenang, NPWP dan surat domisili perusahaan

Keuntungan menggunakan BSM deposito dari bank Mandiri syariah, diantaranya:

  • Dana yang kamu simpan sudah dipastikan aman serta terjamin
  • Sistem kelola dana menggunakan prinsip syariah, sehingga terhindar dari praktek riba
  • BSM deposito bisa digunakan sebagai jaminan pembiayaan
  • Menggunakan fasilitas Automatic Roll Over (ARO)
  • Pilihan jangka waktu yang beragam, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan
  • Dapat dicairkan saat jatuh tempo, atau diperpanjang sesuai jangka waktu disepakati, dan
  • Kamu bisa memulai deposito dengan setoran awal minimal 2 juta rupiah

#2. BCA Syariah Deposito iB, Bank Swasta Pilihan Milenial

Tak heran kalau BCA Syariah menyediakan produk investasi syariah dengan nama Deposito iB yang masuk dalam jajaran produk deposito syariah terbaik di Indonesia.

Deposito iB merupakan produk dari bank BCA syariah yang menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Kamu bisa memulai buka deposito disini dengan melakukan setoran pertama minimal 8 juta rupiah.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi saat ingin membuka deposito iB adalah sebagai berikut.

  • Membawa uang minimal 8 juta rupiah untuk setoran pertama
  • Fotokopi identitas diri berupa KTP/SIM/Passport untuk warga negara Indonesia. Sedangkan untuk warga negara asing, kamu bisa membawa KITAS/Pasport.
  • Lengkapi dan tandatangani formulir permohonan deposito yang sudah disediakan.

Saat menggunakan deposito iB dari BCA syariah, kamu bisa memilih jangka waktu sesuai kebutuhan, yaitu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Pembagian nisbah deposito ini sangat kompetitif, serta otomatis langsung dipindahkan ke rekening giro iB atau tahapan iB.

Jika ingin melakukan perpanjangan jangka waktu, kamu bisa melakukannya secara ARO, ARO+, bahkan non ARO.

Pastinya deposito syariah ini bisa digunakan sebagai jaminan pembiayaan, serta sudah menyediakan layanan pemotongan zakat bagi kamu yang ingin sekalian melakukan zakat disini.

#3. Deposito Permata Bank Syariah

Permata Bank Syariah juga menyediakan produk deposito untuk para nasabahnya. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan setoran awal minimal 10 juta rupiah.

Deposito ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah, dimana dana darimu akan dikelola oleh pihak bank secara profesional melalui usaha halal, tentunya.

Untuk jangka waktu sendiri, kamu bebas memilih apakah ingin melakukan deposito dengan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 12 bulan.

#4. Deposito BNI Syariah, Bank HIMBARA Populer

Masuk dalam jajaran bank HIMBARA, BNI hadir dengan produk deposito syariah terbaik untuk melayani negeri.

BNI syariah memiliki produk deposito dengan nama deposito iB Hasanah Rupiah. Akad yang digunakan dalam deposito ini adalah akad mudharabah muthlaqah dengan setoran awal minimal 1 juta rupiah.

Kamu bisa memilih jangka waktunya antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Menariknya, disini kamu bisa mendapatkan bilyet deposito, dengan pilihan mata uang rupiah maupun US dollar.

Artinya, kamu bisa berinvestasi menggunakan mata uang USD juga, lho.

Deposito iB hasanah bisa digunakan untuk nasabah perorangan maupun non perorangan atau perusahaan. Untuk nisbah yang didapatkannya, kamu bisa langsung menyimpannya di rekening tabungan, giro atau untuk menambah pokok investasi.

Bagi deposito yang sudah jatuh tempo dan belum dicairkan, kamu akan mendapatkan fasilitas ARO (Automatic Roll Over), dimana jangka waktu deposito akan diperpanjang sesuai jangka waktu sebelumnya.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuka deposito di BNI Syariah, kamu perlu menyiapkan beberapa syarat berikut ini.

  • Fotokopi KTP/Paspor untuk nasabah perorangan
  • Legalitas perusahaan untuk nasabah non perorangan (perusahaan)
  • Membawa uang untuk setoran awal minimal 1 juta rupiah atau USD 1.000,-

#5. Deposito BRI Syariah iB untuk Semua Kalangan

Produk simpanan berjangka dari BRI Syariah menggunakan akad mudharabah muthlaqah, dengan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Kamu bisa membuka deposito disini dengan setoran awal minimal sebesar Rp.2.500.000,-

Cara pembukaan depositonya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melampirkan fotokopi KTP dan NPWP, serta memiliki produk tabungan faedah BRISyariah iB atau Giro BRISyariah iB.

Keuntungan yang bisa didapatkan pada deposito BRIS ini adalah kamu bisa memiliki nisbah dengan bagi hasil yang kompetitif, fasilitas ARO, pemindahbukuan otomatis, pemotongan zakat otomatis dari nisbah yang ditentukan, sampai jamainan pembiayaan terbaik dan sesuai syariat.

#6. Deposito Bank Muamalat, Tetap Pilihan Umat

Berasal dari Malaysia, Bank Muamalat menjadi bank syariah pertama yang hadir di Indonesia. Kini, Bank Muamalat menghadirkan deposito syariah yang masuk dalam jajaran produk keuangan tebraik.

Bank Muamalat memiliki produk deposito juga dengan nama deposito iB Hijrah. Akad yang digunakan seperti bank syariah pada umumnya, yaitu akad mudharabah muthlaqah.

Deposito ini bisa digunakan untuk nasabah perorangan dan non perorangan.

Untuk minimal saldo rekeningnya, yaitu Rp.5.000.000 atau USD 1.000. Kamu bisa memilih jangka waktu sesuai tujuan yang dimiliki, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan.

Persyaratan pembukaan deposito iB Hijrah bisa kamu simak seperti di bawah ini.

Syarat perorangan :

  • Isi terlebih dahulu formulir pembukaan rekening deposito iB Hijrah
  • Lampirkan fotokopi identitas diri, berupa KTP/SIM untuk warga negara Indonesia, dan KITAS/KITAP, paspor, surat referensi untuk warga negara asing.
  • Fotokopi NPWP/surat pernyataan terkait untuk WNI, dan tax registration untuk WNA.

Syarat non perorangan :

  • Lakukan pengisian formulir pembukaan rekening deposito iB Hijrah
  • Lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti, NPWP, akta pendirian perusahaan, surat izin usaha (TDP dan SIUP), surat kuasa untuk penunjukkan pengelolaan rekening, serta bukti identitas penerima (KTP) serta pemberi kuasa (KTP).

Membuka deposito di bank Muamalat tentu saja akan memberikan kamu banyak keuntungan, seperti bagi hasil yang optimal dan sesuai kesepakatan, investasi deposito akan dikelola secara syariah, sehingga kamu bisa tenang karena jauh dari praktek riba.

#7. Deposito iB Bank Syariah Bukopin

Deposito dari Bank Bukopin Syariah menggunakan akad mudharabah muthlaqah, dengan jangka waktu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Kamu bisa mulai membuka deposito disini menggunakan mata uang rupiah, minimum setoran awal adalah 1 juta rupiah.

Disini, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa bagi hasil yang kompetitif berdasarkan nisbah yang disepakati, adanya perpanjangan otomatis (ARO), hasil nisbah bisa diambil secara tunai atau di transfer ke rekening yang kamu miliki.

Bagi kamu yang ingin membuka deposito disini, maka bisa langsung menyediakan beberapa syarat berikut:

  • Siapkan fotokopi identitas diri berupa, KTP/SIM/Paspor
  • Untuk perusahaan atau non perorangan, kamu bisa menyerahkan fotokopi SIUP, NPWP, Ijin Usaha, dan Akta Pendirian perusahaan.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening deposito dengan lengkap

Kamu tertarik untuk baca lebih lanjut tentang deposito syariah? Simak penjelasan lebih detail tentang deposito syariah berikut ini, ya!

Panduan Lengkap Deposito Syariah

Bab 1: Macam-macam Deposito Syariah yang Ada di Indonesia

Bab 2: Cara Deposito Memberi Kamu Keuntungan

Bab 3: Kapan Kamu Sebaiknya Mulai Investasi Deposito Syariah?

Bab 4: Daftar Bank Penyedia Deposito Terbaik yang Halal

Bab 5: Manfaat Deposito untuk Kamu dan Ekonomi Syariah RI

Bab 6: Ilustrasi Keuntungan Deposito Syariah

Bab 7: Ini Cara Mulai Investasi Deposito Syariah

Tinggalkan Balasan