free page hit counter

4 Momen Terbaik Buat Mulai Investasi Deposito Syariah

Artikel diperbarui pada 16 April 2021.

Kapan Waktu Investasi yang Tepat
Kapan waktu investasi yang tepat? | goodscoop.id

Terkadang, banyak orang yang masih ragu untuk memulai deposito karena masih belum memiliki persiapan apapun.

Padahal, ketika sudah berniat ingin menyimpan dan menanam modal secara halal, kamu bisa memulainya dengan cepat, apalagi deposito syariah terkenal dengan kehalalan dan praktek yang digunakan sesuai syariat Islam.

Nah, setelah kamu memahami apa itu deposito syariah dan macam jenis deposito syariah yang ada, sekarang saatnya kamu mulai investasi.

Tapi bagi kamu yang masih bingung terkait kapan bisa mulai membuka deposito di bank syariah Indonesia, maka bisa melakukannya segera mungkin setelah beberapa hal ini terpenuhi dengan baik.

#1. Jika Penghasilanmu Sudah Mencapai Angka Lebih dari 3 Juta Sampai 7 Jutaan

Memulai untuk investasi deposito, kamu harus memiliki penghasilan yang cukup untuk dibagi-bagi antara biaya hidup sehari-hari, menabung, sampai menyimpan dana darurat.

Apabila masih ada tempat untuk menginvestasikan dana melalui deposito, kamu bisa melakukannya saat itu juga.

Jika kamu belum menikah, gaji 3 jutaan saja sebenarnya sudah bisa berinvestasi deposito, lho. Asalkan kamu bisa mengatur keuangannya dengan baik. Namun, apabila sudah memiliki keluarga, sebaiknya memulai deposito bisa dilakukan saat penghasilanmu sudah mencapai di angka 7 jutaan.

Kamu bisa memulai deposito dengan prinsip syariah agar terhindar dari riba. Pastinya, deposito bisa disimpan sebagai investasi masa depan yang akan sangat berguna untuk kebutuhan di masa depan kelak.

#2. Jika Tabungan Sudah Mencukupi, Kamu Bisa Memulainya Saat Ini Juga

Memulai deposito menggunakan prinsip syariah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat tabunganmu sudah mencapai angka yang mencukupi.

Sebenarnya, deposito juga merupakan tabungan yang bisa kamu simpan. Bedanya, tabungan ini disimpan dalam jangka waktu tertentu untuk kebutuhanmu di masa depan nanti.

#3. Ketika Dana Darurat Sudah Terkumpul, Kamu Bisa Mulai Investasi Deposito

Dana darurat merupakan dana atau keuangan yang disimpan untuk keperluan mendadak yang tidak terencanakan sebelumnya.

Dana darurat ini sangat penting untuk kamu lakukan agar ketika ada masalah keuangan menghampirimu, kamu bisa mengatasinya dengan dana darurat tersebut.

Hal ini berlaku pula saat kamu ingin memulai investasi deposito, jika sudah yakin ingin berinvestasi deposito secara halal, lihat terlebih dahulu apakah dana darurat yang kamu simpan sudah terkumpul dan mencukupi atau tidak.

#4. Jika Sudah Berniat dan Yakin Ingin Segera Investasi Deposito

Walaupun masih pemula, niat dan keyakinan bisa membuatmu segera berinvestasi deposito dengan syarat akan terus mempelajari terkait deposito itu sendiri.

Memilih deposito syariah akan membuatmu merasa aman karena terhindar dari riba dan sistem keuntungannya menggunakan nisbah atau bagi hasil.

Jadi, ketika niat sudah terkumpul dan yakin membuka investasi deposito karena ada beberapa tujuan di masa depan yang ingin dicapai, maka kamu bisa memulainya saat ini juga.

Kamu tertarik untuk baca lebih lanjut tentang deposito syariah? Simak penjelasan lebih detail tentang deposito syariah berikut ini, ya!

Panduan Lengkap Deposito Syariah

Bab 1: Macam-macam Deposito Syariah yang Ada di Indonesia

Bab 2: Cara Deposito Memberi Kamu Keuntungan

Bab 3: Kapan Kamu Sebaiknya Mulai Investasi Deposito Syariah?

Bab 4: Daftar Bank Penyedia Deposito Terbaik yang Halal

Bab 5: Manfaat Deposito untuk Kamu dan Ekonomi Syariah RI

Bab 6: Ilustrasi Keuntungan Deposito Syariah

Bab 7: Ini Cara Mulai Investasi Deposito Syariah

Tinggalkan Balasan