free page hit counter

Kapan Bansos Rp 300 Ribu Cair Lagi? Ini Bocorannya

Artikel diperbarui pada 6 Oktober 2022.

Rupiah-Bansos
Ilustrasi penerima bansos tunai Rp 300 ribu. | @temitiman_ – freepik.com

Buat kamu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sedang menunggu kapan bantuan sosial (bansos) Rp 300 ribu cair lagi, sabar ya?

Bansos tunai akan segera cair setelah ada surat pemberitahuan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Setelah kamu mendapat surat pemberitahuan pencairan BST yang disampaikan oleh RT/RW setempat, barulah kamu bisa mendatangi kantor pos terdekat untuk mencairkan bansos Rp 300 ribu.

Selanjutnya, KPM diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan.

“Kantor pos memiliki jadwal pencairan BST untuk menghindari kerumunan,” kata Kemensos yang diunggah melalui akun Instagram @kemensosri, dikutip detikcom, Jumat (26/2/2021).

Pencairan bansos Rp 300 ribu tidak boleh diwakilkan. Artinya, kamu wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga (KK).

Kalau kamu sakit, lanjut usia, atau penyandang disabilitas berat, petugas pos akan mengantarkan bansos tunai langsung ke tempat tinggal kamu tanpa potongan.

Kemensos berharap agar penerima bansos tunai Rp 300 ribu menggunakan dana bantuan tersebut dengan bijak. Bansos ini diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran KPM selama pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, belanjakan Bansos Rp 300 ribu untuk barang-barang kebutuhan pokok. Jangan gunakan uang bansos untuk membeli rokok, minuman keras, atau obat-obatan terlarang.

Penggunaan bantuan dengan bijak bisa membantu KPN melewati masa darurat selama pandemi ini berlangsung.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kapan bansos Rp 300 ribu cair lagi.