free page hit counter

Awas! Ini 4 Situs Palsu Kartu Prakerja Indikasi Phising

Artikel diperbarui pada 4 April 2021.

Website Prakerja Palsu
Daftar situs web Prakerja palsu yang banyak beredar melalui pesan berantai dan medsos. | goodscoop.id

Program Kartu Prakerja berhasil menjaring banyak peminat sejak pertama kali diluncurkan satu tahun lalu. Sayangnya, antusiasme masyarakat ini dimanfaatkan oleh pihak tak berwenang melalui situs Prakerja palsu dengan alamat yang mirip dengan www.prakerja.go.id.

Situs website palsu Kartu Prakerja sudah banyak beredar di masyarakat dan disebarkan oleh mereka yang tak bertanggung jawab, termasuk di media sosial.

Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan bahwa situs website resmi pendaftaran program Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id dan tidak ada website lain. Kalau kamu mengakses website lain untuk daftar kartu Prakerja, bisa dipastikan website tersebut palsu.

“Saluran komunikasi Kartu Prakerja adalah yang menggunakan akhiran ‘go.id’ yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id,” kata Louisa kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Hati-hati dengan situs web Prakerja palsu. Berikut ini daftarnya:

Baca Juga: Ini Cara Cek Kamu Lolos Seleksi Kartu Prakerja Atau Nggak

1. kartu-prakerja.com

Situs web ini berhasil menjadi perbincangan sejak beberapa hari terakhir karena banyak masyarakat mempertanyakan keasliannya.

Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa situs tersebut adalah palsu, atau bukan situs website resmi Program Kartu Prakerja pemerintah.

Meskipun kamu penasaran,  jangan pernah mengakses situs tersebut. Alasannya, hal tersebut bisa membahayakan data HP atau PC kamu.

Baca Juga: Bantuan Pemerintah Rp 3,55 Juta: Siapin KTP, Daftar dari HP

2. prakerja.vip

Tahun lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sudah menegaskan bahwa situs web ini adalah situs palsu. Situs web tersebut bukan situs program Kartu Prakerja.

Alamat situs web ini beredar di media sosial dan pesan berantai. Pesan yang disampaikan berisi langkah untuk mendaftar Kartu Prakerja melalui prakerja.vip. Padahal ini adalah situs palsu.

3. dashboard prakerja

Alamat situs palsu lain adalah dashboard.prakerja12.xyz. Seperti dua di atas, situs web ini juga palsu, bahkan terindikasi website phising.

Kalau kamu mengaksesnya, kemungkinan besar data pribadi kamu bisa terancam.

Link ini juga beredar di media sosial dan pesan berantai. Kalau kamu mendapat pesan ke tautan website seperti ini, abaikan atau laporkan ke Kominfo agar ditindak.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Bansos Hadapi Larangan Mudik Lebaran

4. daftarprakerja.net

Selain ketiga situs di atas, kini muncul situs palsu Kartu Prakerja dengan alamat website daftarprakerja.net. Situs website ini beredar melalui pesan berantai di grup aplikasi percakapan instan.

Bahkan pesan berantai tersebut disertai dengan langkah-langkah mendaftar kartu prakerja seperti berikut ini:

Cara mendaftar kartu Prakerja

  • Kunjungi situs http://daftarprakerja.net/?v=gelombang16
  • Isi formulir data diri
  • Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
  • Bantuan akan dikirim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota.

Lagi-lagi, situs ini palsu dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: 8 Jenis Bansos yang Cair Sampai Akhir Maret 2021

Kamu Wajib Hati-Hati

Dengan banyaknya situs pendaftaran Kartu Prakerja palsu, kamu sebaiknya berhati-hati agar tidak mengakses berbagai link yang mengatasnamakan program Kartu Prakerja.

Kalau kamu mengakses website yang meminta kamu mengunggah foto KTP, selfie KTP, dan foto KK, patikan kamu mengakses website Prakerja yang asli yaitu www.prakerja.go.id

Saluran komunikasi Kartu Prakerja hanya yang menggunakan akhiran ‘go.id’ yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id.

Tetap berhati-hati dalam menggunakan internet!

Baca Juga: Syarat & Cara Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Cair Akhir Bulan Ini

Tinggalkan Balasan