free page hit counter

Ketahui Peran BUMN dalam Perekonomian, disini!

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2023.

Di era globalisasi ini, BUMN harus mampu berkompetisi dengan perusahaan asing maupun perusahaan swasta dalam dan luar negeri. Hal ini penting agar peran BUMN dalam perekonomian semakin baik dan stabil.

BUMN harus bisa berinovasi dan mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas pelayanannya maupun produknya. Dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya, BUMN harus mengutamakan kepentingan publik.

Melalui perannya, BUMN juga mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan negara secara berkala. Agar lebih jelas mengenai peran BUMN, simak berikut ini.

Pengertian BUMN

Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah di daerah tersebut. BUMN dibentuk untuk mengoptimalkan pelayanan publik dan mengembangkan perekonomian nasional.

Perusahaan ini menjadi pemain penting di bidang perekonomian, karena mampu menciptakan nilai tambah bagi negara. Selain itu BUMN juga mampu mengerahkan sumber daya manusia dan kekayaan alam Indonesia.

BUMN mempunyai berbagai macam jenis usaha, misalnya di bidang energi, konstruksi, keuangan, manufaktur, layanan publik, pertanian, jasa pelayanan kesehatan dll.

Keberadaan BUMN sangat penting, terutama dalam membantu upaya pemerintah dalam menyelesaikan masalah kebijakan publik. Salah satunya seperti distribusi gas alam untuk rumah tangga, listrik, air bersih, dan jalan tol.

Selain itu, BUMN juga memiliki peran untuk memperkuat perekonomian nasional, menghasilkan produk dalam negeri dan menyerap tenaga kerja.

Peran BUMN dalam Perekonomian

Semua kebijakan dan praktek operasional harus mengacu pada standar yang ketat, profesionalisme dan transparansi. Melalui cara ini, BUMN dapat dipercaya oleh masyarakat dan negara serta mampu berkembang seiring perkembangan perekonomian Indonesia.

Salah satu peran utama BUMN adalah sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Peranan BUMN tersebut juga sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Berikut adalah beberapa peran BUMN terhadap perekonomian Indonesia.

1. Sumber Pendapatan Negara

Selain pajak, BUMN memiliki peran sebagai sumber pendapatan negara. Oleh karena itu, apabila perusahaan negara melakukan pengelolaan pada sektor-sektor strategis, sehingga besar kemungkinan untuk terus bertumbuhnya pembangunan.

Hal tersebut didukung dengan seluruh keuntungan atau laba akan menjadi kas negara yang selanjutnya digunakan untuk merealisasikan kesejahteraan bagi seluruh warga negara. Tak hanya itu, peran BUMN dalam perekonomian tersebut juga akan memberikan dampak terhadap pemerataan pertumbuhan ekonomi.

Melalui peran BUMN tersebut tentu dapat mewujudkan perekonomian yang merata di semua penjuru Indonesia. Peran BUMN tersebut juga menjadi peluang kesempatan untuk usaha mikro untuk bersinergi bersama.

2. Menjadi Stabilisator Perekonomian

BUMN menjadi jaminan kestabilan ekonomi nasional dengan mengambil peran dalam peningkatan sektor-sektor strategis. Salah satunya seperti energi, telekomunikasi, perbankan, dan lainnya di Indonesia.

Selain itu, seiring dengan perkembangannya, BUMN dapat memberikan pengaruh positif pada sektor ekonomi lainnya. Melalui ketersediaan modal yang besar, BUMN dapat mendorong pertumbuhan perusahaan swasta lokal dan Memperkuat daya saing perusahaan lokal dan nasional.

4. Pengelola Sumber Daya Alam Potensial Milik Negara

Peran BUMN juga sangat penting dalam pengelolaan sumber daya alam potensial yang dimiliki oleh negara. Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh negara, BUMN bertanggung jawab untuk memanfaatkan dan mengolah secara efisien dari sumber daya alam yang ada.

Dalam hal pengelolaan sumber daya alam potensial, BUMN memiliki peran strategis dalam melakukan eksplorasi dan eksploitasi. Selain itu, peran BUMN dalam perekonomian tersebut juga berlangsung pada pengembangan pengetahuan terkait dengan potensi sumber daya alam.

BUMN harus mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak serta berkelanjutan. Tentu hal tersebut bertujuan agar tidak merusak lingkungan hidup dan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Di samping itu, sebagai badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah, BUMN juga perlu mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara. Salah satu cara untuk mencapainya yaitu dengan memberikan kesempatan kerja serta merangsang pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu, dapat pula melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan infrastruktur, serta membayar pajak dan royalti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Oleh sebab itu, pengelolaan sumber daya alam potensial oleh BUMN sangat penting untuk memastikan keberlanjutan lingkungan hidup. Tak hanya itu peran tersebut juga berlaku untuk pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan menjamin ketersediaan sumber daya alam.

4. Menyediakan Lapangan Kerja

BUMN juga berperan dalam membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Banyaknya karyawan yang dipekerjakan oleh BUMN memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu kontributor besar dalam memberikan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, BUMN tidak hanya memberikan pekerjaan. Akan tetapi BUMN juga memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para karyawannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Peran BUMN dalam perekonomian tersebut juga erat kaitannya dengan tenaga kerja di berbagai wilayah dan sektor. Oleh karena itu, penyediaan lapangan kerja tersebut harus dilakukan secara merata di berbagai wilayah.

Selain itu, tenaga kerja dapat menerima segala fasilitas penunjang sebagai usaha untuk peningkatan taraf hidup rakyat. Fasilitas penunjang tersebut berupa jaminan kecelakaan dan keselamatan kerja.

5. Menyediakan Bimbingan Terhadap Golongan Ekonomi Rendah

Banyak pihak swasta mulai mengembangkan diri melalui keberadaan BUMN. Selain menginspirasi, BUMN bahkan memberikan bimbingan sesuai dengan kebutuhan pasar terhadap pihak swasta dalam pengembangan diri.

Misalnya seperti PT POS yang berperan sebagai jasa telekomunikasi. Perusahaan tersebut menjadi salah satu pilihan mutlak untuk mengirim kabar maupun barang bagi masyarakat.

Pada saat ini perkembangan usaha bidang jasa kurir dan telekomunikasi semakin bertumbuh. Jasa layanan tersebut sudah melayani hingga di pelosok daerah.

Selain itu, BUMN berperan dalam membantu masyarakat dengan memberikan program-program sosial seperti pendidikan, kesehatan, pengembangan desa, dan lainnya.

6. Menjadi Perintis Kegiatan Usaha

BUMN juga memiliki peran sebagai perintis kegiatan usaha. Dimana usaha tersebut sebelumnya belum bisa digarap swasta. Modal yang diperlukan untuk badan usaha swasta umumnya cukup besar untuk menarik tender dari bidang potensial.

Oleh karena itu, tidak banyak dari perusahaan swasta yang dapat dikelola dengan cepat. Dengan demikian, sektor-sektor potensial dan masih terabaikan dapat diupayakan perhatiannya oleh BUMN melalui kewenangan pemerintah.

Disamping itu, pemerintah juga dapat melakukan impor, alat produksi, mesin-mesin dan tenaga kerja jika diperlukan pada proses produksi usaha di sektor tertentu. Tentunya hal ini didasarkan pada neraca pembayaran.

Demikian ulasan mengenai peran BUMN dalam perekonomian. BUMN juga memberikan kontribusi besar dalam menyiapkan barang dan jasa bagi masyarakat Indonesia, terlebih untuk yang tidak terjangkau oleh sektor swasta.

Selain itu, BUMN memiliki peranan yang penting dalam perdagangan internasional. Peranan tersebut dapat berupa kegiatan mempromosikan produk Indonesia ke luar negeri dengan cara melakukan ekspor.

Perusahaan milik negara juga menjadi salah satu sarana investasi bagi masyarakat dan investor asing. BUMN yang memiliki manajemen dan reputasi yang baik, tentu menjadi daya tarik bagi investor asing.

Adanya investor asing dapat meningkatkan nilai saham BUMN dan kepercayaan investor dalam investasi pada BUMN. Tentunya hal ini dapat menjadi pendorong perkembangan perekonomian untuk lebih baik.