free page hit counter

Investasi Mata Uang Asing: Pilihan Valas Terbaik, Keuntungan, & Tips Cuan

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2023.

Tertarik untuk membeli mata uang asing sebagai salah satu diversifikasi investasi? Maka kamu perlu memilih valuta asing yang stabil dan berpotensi memberikan keuntungan terbaik dalam jangka panjang maupun menengah. Artikel ini berisi tips investasi mata uang asing dengan memilih valas terbaik serta keuntungannya.

Mata uang asing saat ini telah menjadi aset investasi yang bisa dijadikan pilihan. Namun sebelum melakukan investasi mata uang asing, tentunya ada hal penting harus diperhatikan. Jika tidak, maka bisa jadi akan mendapat kerugian besar.

Oleh karenanya, pada artikel ini akan diberikan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan investasi dengan mata uang asing. Mulai dari rekomendasi hingga tips investasinya akan dipaparkan secara lengkap.

Selain itu, akan dijelaskan juga tentang keuntungan melakukan investasi pada mata uang asing. Informasi ini bisa dipahami agar keyakinan untuk investasi semakin kuat. Untuk mengetahui semua detail tersebut, lihat penjelasan berikut ini:

Rekomendasi Mata Uang Asing untuk Investasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebelum melakukan investasi mata uang asing maka harus tahu dulu apa rekomendasi terbaiknya. Hal ini penting untuk diketahui agar proses pemilihannya tidak salah dan tidak mengecewakan.

Jika produk investasinya dipilih dengan baik, maka keuntungannya juga bisa besar. Oleh karenanya informasi yang satu ini akan sangat berguna untuk didapatkan. Simak beberapa pilihan mata uang asing berikut untuk mengetahuinya:

  • Dolar Amerika Serikat (USD).
  • Dolar Australia (AUD).
  • Krona Norwegia (NOK).
  • Dolar Singapura (SGD).
  • Euro (EUR).
  • Franc Swiss (CHF).
  • Krona Swedia (SEK).
  • Poundsterling Inggris (GBP).
  • Yen Jepang (JPY).

Sembilan mata uang asing tersebut memang masuk golongan paling berkualitas. Mata uang asing di seluruh dunia banyak, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang mumpuni hingga bisa memberikan keuntungan besar.

Mata uang USD sampai JPY tersebut ada di kelas tertinggi karena negaranya sangat minim inflasi. Jadi nilai inflasi di negara-negara tersebut kecil sehingga keuntungannya tidak pernah berkurang dan justru akan semakin menguntungkan.

Meski demikian, setiap mata uang asing pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. Oleh karenanya, setiap mata uang harus dipahami dengan baik agar bisa melihat lebih dalam mengenai seluk-beluknya.

Tips Melakukan Investasi dengan Mata Uang Asing

Jika ingin investasi mata uang asing, tentu prosesnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilihan produk terbaik bukan hanya satu proses yang harus dijalankan. Namun ada banyak tips lain yang wajib diketahui dan diaplikasikan.

Jika produk investasinya sudah baik namun prosesnya tidak dijalankan secara maksimal, maka keuntungan yang diperoleh juga akan kecil. Oleh karenanya informasi ini akan sangat pas untuk diketahui dengan baik.

Setidaknya ada empat tips utama yang masuk dalam bagian ini. Setiap tipsnya sangat penting sehingga akan dijelaskan satu per satu secara menyeluruh. Lihat daftar dan penjelasan berikut untuk mengetahui keseluruhannya:

1. Ikuti Perkembangan Pergerakan Kurs

Tips yang pertama adalah ikuti perkembangan dan pergerakan kurs. Sama seperti saham, nilai mata uang asing juga sangat fluktuatif atau naik turun. Jadi akan sangat tepat untuk melihat perkembangannya agar tidak sampai salah langkah.

Informasi pergerakan kurs ini tidak hanya penting untuk proses pemilihan produk, namun juga untuk keputusan jual belinya. Jika informasi terbaru sudah diketahui, maka pembuatan keputusan lanjutan akan semakin mudah.

2. Pilih Mata Uang yang Tepat

Kemudian untuk tips yang kedua adalah pilih mata uang yang tepat. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, jenis mata uang banyak dan semuanya memiliki karakteristiknya masing-masing. Untuk menemukan yang terbaik, maka harus mempelajarinya.

Pahami semua jenis mata uang di urutan teratas, kemudian kumpulkan daanya untuk dilakukan perbandingan. Proses ini memang sedikit rumit, namun jika dijalankan dan didapat hasilnya maka bisa memberikan dampak yang baik.

3. Pilih Platform Terpercaya

Pastikan juga untuk memilih platform terbaik yang menyediakan layanan investasi untuk mata uang asing. Saat ini, platform yang menyediakan layanan seperti itu sangatlah banyak. Namun tidak semua platform berkualitas.

Agar tidak salah pilih, maka akan lebih baik jika melakukan pengecekan satu per satu terkait platform yang akan dipakai. Lihat reviewnya secara mendalam, dan coba lihat platform apa yang dipakai oleh investor profesional.

4. Pahami Aturan Investasi dengan Mata Uang Asing

Tips yang terakhir adalah pahami aturan investasinya. Perlu diketahui bahwa investasi dengan mata uang asing akan berbeda dengan investasi pada produk lain. Semua memiliki karakteristik tersendiri sebagai pembeda.

Karena karakteristiknya berbeda, maka aturan investasinya juga tidak sama. Investor pemula harus paham aturan-aturannya dengan baik agar prosesnya bisa maksimal. Semakin paham dengan aturannya, maka keuntungan bisa didapat dengan mudah.

Keuntungan Investasi dengan Mata Uang Asing

Mungkin masih banyak pihak yang ragu untuk melakukan investasi mata uang asing karena beberapa alasan. Namun sebenarnya, melakukan investasi pada mata uang asing akan memberikan banyak keuntungan yang sayang untuk dilewatkan.

Karena ada beberapa keuntungan di dalamnya, jadi tidak heran jika banyak investor profesional yang memakai mata uang asing sebagai produk utamanya. Agar semakin yakin, maka penjelasan tentang keuntungan ini harus diketahui.

Ada tiga keuntungan utama dari melakukan investasi dengan mata uang asing. Penasaran apa saja keuntungan tersebut? Untuk mengetahui detailnya, maka simak penjelasan yang dipaparkan pada bagian berikut ini:

1. Sulit Terdampak Devaluasi

Devaluasi atau penurunan nilai sangat sulit mempengaruhi mata uang asing. Tentunya ini salah satu keuntungan karena nilai mata uang asing akan cenderung lebih stabil dan tidak terlalu fluktuatif dibanding produk investasi lainnya.

Alasannya adalah perekonomian negara-negara dengan mata uang terbaik tidak goyah dan lebih stabil. Saat perekonomian negaranya baik, maka mata uang yang dimilikinya jauh lebih kuat dan tidak memberikan kerugian.

2. Likuiditasnya Tinggi

Likuiditas pada mata uang asing juga termasuk tinggi. Dengan adanya kondisi ini, maka investor bisa dengan mudah menjual atau membeli produknya di pasaran. Prosesnya juga cepat dan tidak akan membutuhkan waktu yang panjang.

Namun bukan hanya kecepatan yang menjadi acuan, namun segala prosesnya juga sangat wajar. Jadi likuiditas yang tinggi ini juga diimbangi dengan proses yang tetap dilakukan dengan penuh pertimbangan sehingga bisa memberikan keuntungan besar.

3. Perubahan Kurs Tahunannya Menguat

Keuntungan yang terakhir adalah adanya perubahan kurs tahunan yang menguat. Nyatanya, kurs mata uang asing setiap tahunnya kian menguat. Tentunya ini suatu keuntungan besar.

Meski pada tahun yang sama rupiah sedang melemah, namun keuntungan akan didapat investor karena kurs mata uang asing yang dimilikinya naik. Jadi tidak ada salahnya melakukan investasi dengan mata uang asing karena akan selalu untung.

Semua penjelasan tentang investasi mata uang asing tersebut bisa langsung dipelajari dengan baik. Sebelum terjun dan melakukan investasi, tentu ada banyak hal yang harus dipelajari seperti rekomendasi dan tips di atas.

Apabila sudah tahu apa saja rekomendasinya, maka proses pemilihan mata uang asing untuk diinvestasikan akan lebih mudah. Semakin baik pemilihannya, maka keuntungan yang didapat juga bisa semakin besar.

Kemudian sudah ada juga informasi tentang tips-tips yang dibutuhkan. Saat melakukan investasi, semua hal tersebut wajib dijadikan bahan pertimbangan. Karena keuntungan investasi juga akan dipengaruhi olehP