free page hit counter
Ingin Untung? Ikuti Tips Memulai Investasi Tokcer Ini. | via goodscoop.id
Ingin Untung? Ikuti Tips Memulai Investasi Tokcer Ini. | via goodscoop.id

Ingin Untung? Ikuti Tips Memulai Investasi Tokcer Ini

Artikel diperbarui pada 20 Juni 2023.

Menjadi investor bukanlah proses mudah karena ada serangkaian tahapan yang harus dijalankan. Untuk memulai investasi, maka diperlukan beberapa tips utama. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan diberikan beberapa tips memulai investasi tokcer yang menguntungkan.

Dengan adanya tips-tips ini, maka proses investasi tidak akan sembarangan dan jauh lebih terarah. Sedangkan jika tidak mengikuti tips-tips yang ada, maka proses investasinya akan sembarangan dan tidak maksimal.

Pada artikel ini akan diberikan sembilan tips yang bisa langsung diikuti. Setiap tips akan dijelaskan satu per satu sampai selesai. Untuk mengetahui detail lengkapnya, maka lihat uraian dan penjelasannya di bawah ini:

1. Buat Tujuan Jangka Panjang

Tips pertama agar proses investasi berjalan dengan baik adalah membuat tujuan jangka panjang. Proses ini penting untuk dijalankan agar arah investasi lebih jelas dengan target tertentu yang bisa dijadikan acuan.

Jika investasi langsung dijalankan tanpa tujuan jangka panjang, maka nantinya proses tidak akan bisa diatur. Sedangkan jika sudah membuat tujuan, maka target akan diketahui, dan jika sudah mencapai target bisa segera dihentikan proses investasinya.

Sedangkan untuk selanjutnya, investor bisa membuat tujuan baru dengan targetnya tersendiri. Jadi hal ini penting agar investor tahu seberapa besar asupan investasinya, sampai kapan harus investasi, dan berapa target yang wajib dicapai.

2. Atur Dana untuk Investasi

Kedua, pastikan untuk mengatur dana investasi secara jelas. Jika tujuan investasinya sudah diketahui, maka perhitungan awal untuk modalnya akan mudah ditetapkan. Alokasikan dana sesuai rencana untuk kebutuhan investasi.

Namun perlu diperhatikan bahwa dana untuk investasi harus uang dingin, bukan uang untuk kebutuhan lain atau sampai uang utang. Hal ini penting karena jika bukan uang dingin, maka resikonya akan sangat besar.

Investasi bisa untung maupun rugi. Jika memakai uang panas dan malah rugi, maka akan ada banyak masalah yang dihadapi. Sedangkan jika memakai uang dingin, resikonya lebih kecil dan walaupun rugi tidak akan menyebabkan banyak masalah.

3. Pilih Produk Investasi Terbaik

Tips memulai investasi tokcer selanjutnya adalah memilih produk investasi yang baik. Saat ini, produk investasi ada banyak mulai dari saham, reksadana, emas, obligasi, dan jenis yang lainnya. Setiap pilihan ini tentu memiliki karakternya masing-masing.

Agar tidak salah pilih, maka pelajari setiap produk investasi ini dengan baik. Jika sudah dipelajari, maka bandingkan dari sisi kelebihan sampai kekurangannya. Dengan proses ini, maka akan terlihat mana produk yang unggul.

Penentuan produk investasi ini juga harus disesuaikan dengan tujuan investasinya. Jadi jangan hanya mengacu pada keinginan atau ketertarikan semata. Jika masih bingung, maka penentuan produk ini bisa ditanyakan kepada ahlinya.

4. Pelajari Tren Pasar

Mempelajari tren pasar juga sangat penting untuk dilakukan. Misal saat ini trennya adalah investasi saham, maka pelajari juga saham apa yang sedang diminati dengan potensi besar. Dengan demikian, maka akan diketahui produk apa yang baik.

Hal ini juga berlaku untuk produk-produk investasi lainnya. Tren pasar memang bisa dijadikan acuan utama agar proses investasi bisa lebih terarah. Tahapan ini bisa dilakukan siapa saja bahkan untuk orang awam sekalipun.

Namun sebenarnya mempelajari tren pasar sangat berisiko mendapat manipulasi pasar. Jika sedang mempelajari tren, maka cek juga secara jelas produk investasinya. Jangan hanya percaya pada media massa karena bisa memberikan informasi yang bertujuan untuk memanipulasi.

5. Rajin Mengamati Perkembangan Ekonomi

Opsi tips memulai investasi tokcer lainnya adalah dengan rajin mengamati perkembangan ekonomi. Proses investasi sedikit banyak mendapat pengaruh dari perkembangan ekonomi yang sedang berjalan, baik secara nasional maupun internasional.

Biasanya, arus pergerakan ekonomi akan membuat satu produk mendapat potensi yang tinggi. Namun ada juga kondisi ekonomi yang membuat produk investasi menjadi kurang berharga dengan nilai yang cenderung turun.

Umumnya, penurunan nilai produk investasi karena perkembangan ekonomi ini juga akan membaik saat perekonomiannya berjalan lebih stabil. Jadi investor pemula bisa mempertimbangkanpenurunan nilai sebagai waktu tepat untuk mulai investasi.

6. Jangan Gunakan Emosi

Saat melakukan investasi, jangan terlalu banyak memakai emosi. Pastikan emosi benar-benar terjaga agar tidak menghasilkan keputusan yang cenderung merugikan. Jadi unsur kehati-hatian akan sangat diperlukan dalam prosesnya.

Proses investasi harus dilakukan dengan penuh pertimbangan matang dan tidak terburu-buru. Jangan sampai karena satu produk investasi sedang marak digunakan, maka langsung melakukan pembelian tanpa melakukan pengecekan ulang.

Kemudian jika proses investasi mengalami kerugian karena kondisi tertentu, maka jangan langsung merasa terpuruk. Nilai produk investasi memang naik turun atau fluktuatif. Jadi penurunan nilai merupakan hal wajar dan tidak perlu ditakuti.

7. Singkirkan Pikiran Negatif

Tips memulai investasi tokcer lainnya adalah dengan menyingkirkan pikiran negatif. Agar proses investasi bisa dilakukan dengan tenang, maka jangan terlalu banyak memikirkan hal buruk seperti penurunan nilai atau bahkan kerugian besar.

Saat seorang investor memiliki banyak pikiran negatif, maka arus investasinya akan stagnan karena terlalu takut gagal atau kehilangan. Hal ini akan sangat merugikan karena investasi juga perlu keberanian.

Untuk itu, coba jangan terlalu sering mengecek pergerakan nilai produk investasi. Misal memilih saham, maka jangan sering mengecek nilainya dan lakukan beberapa bulan sekali saja. Dengan demikian, penurunan tidak akan diketahui dan pikiran lebih tenang.

8. Bersedia Mengakui Kesalahan

Saat berinvestasi, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Apalagi pemula, kesalahan sudah seperti makanan sehari-hari bahkan sampai menyebabkan penyesalan. Menyesal boleh, namun jangan sampai menerima kesalahan ini.

Justru kesalahan yang pernah dilakukan harus diakui sebagai sebuah media belajar. Setelah melakukan kesalahan, maka proses selanjutnya bisa dilakukan dengan lebih baik. Melalui proses ini, maka investasi akan lebih baik di masa mendatang.

9. Sedikit Serakah

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, investor juga harus merasa berani dan tidak terlalu memikirkan pikiran negatif. Keberanian ini juga bisa membentuk suatu sifat serakah yang membuat proses investasi menjadi berbeda.

Investor diperbolehkan bersikap serakah dalam investasi. Misal pembelian produknya dalam jumlah banyak, atau keputusan yang termasuk berani lainnya. Namun segala proses ini harus diimbangi dengan riset yang akurat.

Jika produk investasinya memang memiliki harga murah dengan prospek yang menjanjikan, maka tidak ada salahnya untuk bersikap serakah. Bisa jadi sikap serakah dengan penuh perhitungan ini akan memberikan keuntungan di kemudian hari.

Demikianlah sembilan tips memulai investasi tokcer yang akan menguntungkan. Karena setiap tipsnya sudah dijelaskan satu per satu, maka proses pengaplikasiannya akan lebih mudah. Bahkan investor awam pun tidak akan bingung saat menjalankannya.

Proses investasi ini memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Semua prosesnya harus dijalankan secara menyeluruh dan penuh pertimbangan. Jika tidak dipertimbangkan dengan matang, maka bisa jadi segala tahapannya tidak akan memberikan hasil baik.

Oleh karenanya, semua tips tersebut menjadi penting untuk diterapkan. Bukan hanya untuk investor awal, namun juga untuk yang sudah profesional harus memperhatikan tips ini agar keuntungan yang didapat lebih besar.