free page hit counter

8 Rekomendasi Aplikasi Saham Syariah Terbaik Terhindar dari Riba

Artikel diperbarui pada 4 Mei 2023.

Saham tentunya sangat menggiurkan sebagian orang, jika ingin menanamkan saham tentunya dengan aplikasi saham syariah adalah pilihan. Berikut ini beberapa aplikasi saham syariah terbaik yang bisa dipakai untuk menanamkan saham. 

Tentunya berinvestasi dengan syariah saat ini banyak dipakai oleh banyak orang. Terlebih dengan berinvestasi secara syariah akan terhindar yang namanya perilaku riba itu sendiri. jika benar benar tertarik simak ulasan berikut ini.

Aplikasi saham yang berlabel syariah tentunya sudah sesuai dengan aturan dari Majelis Ulama Indonesia sendiri. jika ingin menanamkan saham selain memastikan hal tersebut pastikan juga aplikasi sudah terdaftar dalam OJK agar lebih aman. 

1. Aplikasi Saham Syariah Most

Aplikasi saham syariah terbaik yang pertama adalah Most, Most sendiri kepanjangan dari Mandiri Online Securities Trading. Dari namanya saja sudah ketebak perusahaan yang menaungi aplikasi satu ini. PT. Mandiri Sekuritas adalah pemiliknya.

Jika ingin menanamkan saham di dalam aplikasi ini cukup mudah dilakukan dan tentunya tidak ribet. Hal yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan secara online sesuai data yang ada di situs resmi dari Most hingga mendapatkan email. 

Banyak fitur yang bisa dipakai atau di coba saat telah menanamkan saham di dalam aplikasi ini. Fitur yang tersedia diantaranya ada realtime tentang data, fitur edukasi, jual otomatis dan masih banyak lagi yang bisa diakses. 

2. Aplikasi Saham Poems 

Aplikasi saham syariah selanjutnya adalah Poems, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk reguler selain syariah tentunya. aplikasi ini di bawah perusahaan Phillip Sekuritas Indonesia. Aplikasi ini ada di google play store dan banyak tren positif.

Saat ini telah dipakai oleh lebih dari 1000 ribu pengguna aplikasi ini ada dua jenis reguler dan syariah dan bisa digunakan secara bersamaan. Banyak fitur yang bisa dipakai saat menggunakan aplikasi ini dan tentunya memudahkan. 

 Seperti fitur edukasi yang selalu up to date ada fitur data teknikal dan fundamental. Jika ingin membeli saham yang berbasis syariah mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Poems. Ternyata aplikasi ini juga tersedia di APP Store.

3. Aplikasi Saham Ipot

Aplikasi ini dikembangkan oleh Indo Premier Sekuritas, aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi saham yang terkemuka di Indonesia dan berbasis syariah.

Pendaftaran akun yang dilakukan secara online sehingga salah satu fitur yang diunggulkan oleh aplikasi Ipot. Dengan adanya pendaftaran online ini tentunya memudahkan pengguna saat menggunakannya. Terutama saat melakukan proses pendaftaran dan melakukan jual beli.

  Dengan dilakukan secara online tentunya tidak harus mendatangi kantor pialang saham sendiri untuk menanamkan saham secara langsung. Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk reguler. Usahakan memilih salah satunya saja jangan keduanya ketika akan bermain saham.

4. Aplikasi Saham MNC MOtion Trade 

Aplikasi ini dibawah naungan PT MNC Sekuritas aplikasi ini ternyata selain tersedia dalam bentuk ponsel ternyata bisa diakses di smartwatch. Aplikasi ini bisa diakses di PC Laptop dan tablet selain bisa diakses di ponsel. 

Aplikasi satu ini ternyata memiliki kelebihan yaitu bisa menjalankan perintah dalam bentuk suara ketika akan melakukan jual beli. Selain itu dapat membuka menu secara langsung tanpa harus bersusah payah ketika mengakses aplikasi ini.

Di aplikasi satu ini bisa melakukan jual beli aneka reksa dana yang ada dan tersedia tentunya terlebih dahulu membuat akaun. Ketika akan mendaftar dalam aplikasi satu ini harus membuat akun secara online sesuai tahapan.

5. Aplikasi Saham Brights 

Aplikasi saham syariah terbaik ini merupakan aplikasi di bawah perusahaan PT BRI Danareksa yang berada di bawah naungan Bank BRI itu sendiri.  Aplikasi ini dapat digunakan untuk  jual beli saham  syariah dengan aman dan nyaman.

Selain bisa melakukan jual beli saham secara aman.  Ada hal yang bisa dicoba yaitu dapat  melakukan jual beli obligasi ataupun reksa dana sekaligus. Aplikasi ini tergolong aplikasi baru yang akan terus mengalami perkembangan. 

Karena tergolong baru tentunya aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan aplikasi yang telah lama ada dan dipakai banyak orang. Walaupun begitu aplikasi ini juga banyak dipakai oleh banyak orang dalam jual beli saham.

6. Aplikasi Saham Maybank Trade 

Aplikasi selanjutnya aplikasi Maybank Trade aplikasi ini dibawah naungan dari Maybank Kim Eng Securities Indonesia.  Nama aplikasi ini awalnya adalah KE Trade dan telah berafiliasi dan aplikasi ini wajib dicoba.

Aplikasi ini berubah nama sejak tahun 2021 dan aplikasi ini memiliki login yang menggunakan dua akun sekaligus. Yaitu bisa dilakukan secara syariah dan bisa dilakukan secara reguler sesuai dengan kepentingan.

bisa melakukan pendaftaran dengan melalui aplikasi atau secara online ketika akan menanamkan saham di aplikasi ini. Aplikasi ini juga cukup praktis dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh penyedia layanan dan cukup lengkap.

7. RHB TradeSmart Syariah

Aplikasi saham syariah terbaik ini merupakan aplikasi yang dirilis oleh PT RHB Sekuritas di 2018 keunggulannya fitur Assisted Robo Optimization. Fitur tersebut bisa membantu dalam mengambil keputusan saat akan melakukan investasi saham di aplikasi tersebut. 

Dengan adanya fitur ini tentunya dapat memperoleh panduan dan saran yang lebih terarah dalam memilih saham yang tepat untuk diinvestasikan. Sehingga dapat mencegah resiko yang tidak diinginkan saat akan menanamkan saham dalam aplikasi ini. 

Aplikasi satu ini ternyata cukup mudah saat akan di operasikan dan saat akan membuat akun dapat dibuat secara online dimanapun. Tentunya tidak harus mendatangi kantor untuk melakukan penanaman saham. secara syariah.

8. D’One Syariah

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Danareksa Sekuritas dan telah di akuisisi oleh Bank BRI. Aplikasi ini bisa digunakan untuk jual beli saham secara syariah dan bisa juga untuk obligasi serta reksa dana.

Aplikasi ini baru diluncurkan pada tahun 2019, aplikasi ini akan terus dikembangkan sehingga pengguna bisa nyaman saat mengakses aplikasi ini. 

Rating dalam aplikasi ini masih cukup rendah karena masih dibawah 3 artinya masih ada kekurangan di aplikasi ini. Sehingga penyedia layanan perlu melakukan banyak perbaikan dan pengembangan di aplikasi satu ini. 

Ketika memutuskan untuk menanamkan modal secara syariah tentunya hal tersebut bisa menghindarkan diri dari riba. Terutama bagi orang islam hal tersebut tidak dianjurkan dalam agama. Sehingga perlu referensi aplikasi saham terbaik dans syariah.

Dengan memilih aplikasi saham syariah terbaik dalam melakukan investasi tentunya adalah salah satu jalan untuk terhindar dari sifat riba itu sendiri. Patika juga saat akan melakukan investasi aplikasi tersebut juga diawasi oleh OJK.

Menanam saham merupakan bentuk  investasi menguntungkan di masa depan yang tentunya menguntungkan jika mengetahui strateginya. Oleh karena itu perlu memahami beberapa aplikasi saham syariah terlebih terbaik dalam jalan untuk mewujudkannya.