free page hit counter

Cek Pajak Kendaraan Gorontalo dan Cara Pembayarannya

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2023.

Melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah menjadi agenda tahunan yang wajib dipenuhi masyarakat. Seseorang bisa melakukan cek pajak kendaraan Gorontalo atau daerah lainnya bila ingin tahu besaran nilai pajak yang dikenakan pada masing-masing tipe kendaraan.

Dalam upaya memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran, kini ada cara mudah dalam mengecek dan membayar pajak. Tentu tidak ada lagi menunda pembayaran karena mudah dilakukan kapan saja serta dimana saja, berikut ulasannya:

Tentang Pajak Kendaraan

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tahu tentang kewajiban membayar pajak yang berlaku pada kendaraan bermotor. Pajak ini dikenakan tanpa mempertimbangkan pendapatan maupun harta pemilik, dengan nilai tagihan pajak yang beragam.

Pada umumnya, tagihan pajak memiliki nilai yang disesuaikan dengan harga, tipe kendaraan, dan tahun produksi. Untuk beberapa tipe kendaraan keluaran terbaru biasanya cenderung dikenakan pajak lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan keluaran lama.

Biasanya seseorang bisa memperkirakan melalui surat ketetapan pajak dari tahun sebelumnya yang terlampir bersama STNK. Untuk motor mulai dari ratusan ribu, sedangkan untuk mobil mulai jutaan rupiah, dan biaya tambahan pada pembayaran pajak 5 tahunan.

Mengapa Perlu Cek dan Bayar Pajak Kendaraan

Perlunya kesadaran masyarakat dalam melakukan pengecekan dan bayar pajak adalah untuk memenuhi kewajiban secara tepat waktu. Apabila tidak melakukan pengecekan terhadap tanggal pembayaran, kelak pengguna akan mendapat sanksi berupa denda keterlambatan.

Penetapan sanksi ini sebenarnya cukup merugikan untuk itu pastikan untuk mengingat tanggal tagihan pembayaran pajak. Akan tetapi, ada kalanya Samsat menyediakan keringanan dengan adanya program pemutihan pada waktu  tertentu yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Tidak membayar pajak bisa membuat STNK pajak mati, hal ini bisa menjadi masalah ketika ada razia kendaraan. Jadi, ada baiknya untuk selalu melakukan pembayaran pajak sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Bagaimana Cek Pajak Kendaraan di Gorontalo

Diketahui bahwa ada beberapa cara untuk cek pajak kendaraan Gorontalo ataupun provinsi lainnya dengan memanfaatkan layanan Samsat.  Akan tetapi, ada pula beberapa cara lain yang juga tidak kalah mudah, adapun macam cara cek sebagai berikut:

  • Situs e-samsat. Kini masyarakat bisa mengakses layanan online dari ponsel atau komputer dengan mengakses situs e.samsat.id. Cukup dengan mengisi data kendaraan, seperti kode plat, nomor, dan seri, beserta 5 digit terakhir nomor rangka dan provinsi.
  • SMS Gateway. Layanan ini dapat dilakukan untuk pengguna telepon genggam dengan menuliskan format tertentu. Sebagai contoh, ketikkan: Info N/3333/AA Hitam, lalu kirim ke 0811-2119-211 dan tunggu pesan balasan yang berisi kode bayar dan tagihan.
  • Situs Samsat Daerah. Cara pengecekan lainnya juga dapat dilakukan dengan mengakses situs Samsat sesuai dengan daerah masing-masing. Untuk setiap daerah mungkin akan memiliki cara yang berbeda, jadi ikuti informasi yang tertera di situs.
  • E-Commerce. Beberapa orang mungkin belum tahu bahwa melalui e-commerce bisa melakukan pengecekan tagihan pajak dan tanggal jatuh tempo. Adapun aplikasi yang mendukung pengecekan dan pembayaran adalah Tokopedia atau Bukalapak.
  • Aplikasi e-samsat. Beberapa pihak seperti bank atau pemerintah provinsi di daerah tertentu juga menyediakan aplikasi e-samsat. Aplikasi ini bisa digunakan bagi pengguna ponsel Android maupun iOS secara gratis.

Apa Syarat Pembayaran Pajak Kendaraan Gorontalo

Setelah mengetahui cara cek pajak kendaraan Gorontalo, adapun hal lain yang harus dipersiapkan. Hal ini berkaitan dengan kelengkapan dokumen, seperti STNK dan KTP asli dari pemilik kendaraan.

Bagi pemilik kendaraan yang melakukan pembayaran secara transfer, kemungkinan tetap perlu datang ke kantor Samsat untuk pengesahan struk pembayaran. Sebelum nantinya bisa menukarkan struk pembayaran pajak dengan print out STNK dan SKKP.

Sebenarnya cara yang mudah bisa ditempuh dengan melakukan pembayaran melalui Indomaret, Alfamart, atau e-commerce. Sertakan KTP, STNK, dan nomor ponsel, kelak setelah pembayaran berhasil maka akan mendapat pesan konfirmasi di ponsel beserta tautan SKKP.

Selanjutnya, pada pembayaran pajak sekaligus perpanjangan STNK di kantor Samsat bisa diwakilkan orang lain dengan adanya surat kuasa bermaterai. Atau bisa diwakilkan oleh anggota keluarga yang masih berada dalam satu Kartu Keluarga.

Bagaimana Cara Pembayaran Pajak Kendaraan

Setelah melakukan tahap cek pajak kendaraan Gorontalo, seseorang tinggal melanjutkan pembayaran melalui beragam pilihan cara, secara online atau melalui loket. Cara pembayaran ini semakin mempermudah masyarakat dalam membayar dari mana saja, di antaranya:

1. Melalui ATM Bank SulutGo

Untuk dapat melakukan pembayaran melalui ATM atau kantor Bank SulutGo, setiap nasabah perlu memiliki kode pembayaran. Kode tersebut dapat diperoleh dengan mengirimkan pesan singkat dengan format sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Pesan di ponsel.
  • Tuliskan format dengan dipisahkan spasi: HELP SAMSAT GTO KODE_SAMSAT Nomor_Kendaraan NIK PIN.
  • Ketik 3654 pada penerima pesan, lalu kirimkan.
  • Tunggu pesan balasan berisi kode pembayaran.
  • Lakukan pembayaran di ATM.

2. Melalui e-Samsat SulutGo

Khusus warga Gorontalo bisa memanfaatkan adanya layanan lainnya dari Bank SulutGo yang bekerja sama dengan Samsat. Caranya dengan mengunduh aplikasi e-Samsat Gorontalo yang diperuntukkan pengguna Android di Google Play Store.

Untuk memperoleh kode pembayaran bisa dengan memilih menu Info PKB, lalu isi nomor polisi, NIK, dan wilayah. Selanjutnya akan muncul informasi total tagihan yang perlu dibayar beserta kode pembayaran khusus nasabah Bank SulutGo.

3. Melalui Indomaret atau Alfamart

Pembayaran pajak melalui toko yang tersebar hampir di berbagai kota ini memang memudahkan banyak orang. Silakan datang ke cabang terdekat, sampaikan tujuan transaksi yang akan dilakukan kepada petugas kasir.

Pastikan untuk memberikan nomor ponsel aktif untuk nantinya mendapatkan pesan konfirmasi dan tautan untuk mengunduh SKKP. Bila transaksi berhasil simpan struk pembayaran dan ikuti arahan yang disebutkan dalam pesan konfirmasi.

4. Mendatangi Loket Samsat

Bagi yang merasa kesulitan dalam mengakses pembayaran secara online, tetap dapat membayar melalui loket di kantor Samsat. Pada beberapa kota biasanya juga terdapat layanan Samsat Keliling atau cabang Samsat di pusat keramaian seperti mall.

Cukup sampaikan keperluan kepada petugas yang di loket dan tidak lupa membawa dokumen persyaratan. Untuk pembayaran biasanya dapat dilakukan dengan non tunai (kartu debit), tetapi juga bisa dilakukan secara tunai.

Kapan Perlu Bayar Pajak Kendaraan

Masa pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan pada kisaran tanggal yang tertera di STNK atau SKKP. Ada pula waktu-waktu tertentu yang bisa mendapat perpanjangan masa pembayaran, misalnya ketika bertepatan dengan libur Natal, Tahun Baru, atau Lebaran.

Demikian tentang cara bayar dan cek pajak kendaraan Gorontalo atau provinsi lainnya, ternyata sudah semakin dipermudah. Kini masyarakat sudah bisa memilih berbagai cara pembayaran dan pengecekan dengan adanya pemanfaatan teknologi yang disediakan Samsat.

Hal ini tentu bisa memecah keramaian dan membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat, tanpa perlu antri lama. Bahkan bisa dilakukan dari mana saja bagi yang memiliki akses mobile banking atau melalui beragam aplikasi e-commerce.