free page hit counter

Tips Investasi Saham Gaji UMR Tanpa Menyiksa, Mudah!

Artikel diperbarui pada 2 Mei 2023.

Gaji UMR yang pas-pasan kerap menjadi alasan banyak orang untuk menunda mereka berinvestasi. PAdahal menabung dan berinvestasi tidak menuntut memiliki penghasilan yang besar. Disini akan dibahas bagaimana tips investasi saham gaji UMR untuk membantu menyiapkan finansial.

Ini mungkin akan terasa sulit di awalnya jika hanya mengandalkan dari gaji UMR saja. Namun jika ini diakali dengan tepat maka bisa jadi hal yang sangat memungkinkan. Lakukan hal yang sama juga ketika ada dana lain yang diterima selain dari gaji. Bahkan jika perlu temukan penghasilan tambahan lainnya yang secara rutin dan konsisten bisa didapatkan.

1. Konsisten

Tentukan kebutuhan hidup setiap bulannya, kelompokkan mana saja yang penting dan juga tidak penting. Jika semua itu sudah dikelompokkan, maka masukkan juga pengelompokkan untuk menabung dan investasi saham.

Pengeluaran akan saham dan tabungan seringkali dikesampingkan oleh sebagian orang karena mengira gaji mereka tidak akan pernah cukup. Namun seseorang yang ingin sukses harus merubah mindset ini dan beralih menjadi orang yang optimis sehingga sifat rajin akan muncul.

Jika susah berhemat dan pengeluaran dirasa masih lebih besar dari apa yang dihasilkan maka pengelolaan keuangan harus lebih baik lagi. Jangan selalu menunda untuk menabung dan investasi.

2. Membuat Anggaran Keuangan 

Dalam alokasi gaji setara UMR, menyusun daftar pengeluaran dengan tepat adalah hal utama. Jadi pembuatan anggaran bulanan yang rasional penting untuk dilakukan. Sesuaikan jumlah pendapatan yang didapat dengan pengeluaran agar semuanya seimbang.

Jika perlu pemasukan yang didapat harus lebih besar dari apa yang dikeluarkan. Jika hal tersebut maka rencana anggaran yang sudah dibuat itu sudah benar. Ketika melihat pengeluaran lebih besar maka setidaknya kurangi hal-hal yang tidak perlu.

Alokasikan pemasukan 10-20 persen untuk menabung dan berinvestasi. Sisanya alokasikan untuk kebutuhan hidup harian dan juga memberikan sebagian kecil gaji untuk diberikan kepada orang tua jika masih ada setiap bulannya. Jika tips investasi saham gaji UMR ini dijalankan dengan serius maka akan jadi sesuatu yang besar.

3. Membiasakan Hidup Hemat

Adanya evaluasi keuangan yang dilakukan dengan membuat anggaran bulanan, bisa membuat seseorang mengetahui hal apa saja yang bisa dikurangi untuk pengeluaran. Ini perlu dilakukan agar keuangan bisa lebih ideal karena yang ideal adalah pengeluaran lebih sedikit dari pendapatan.

Contohnya jika melihat biaya pengeluaran internet yang cukup mahal, bisa coba untuk beralih ke yang lebih murah namun kualitasnya sama. Ada lagi contoh lain, jika sering makan diluar dengan harga yang mahal, bisa pertimbangkan untuk makan di tempat yang lebih murah. Tidak ada gunanya tips investasi saham gaji UMR dilakukan tapi gaya hidup tidak berubah.

4. Alokasikan Gaji dengan Benar

Jika sudah bertekad ingin memiliki dan membeli saham, maka harus memiliki dananya terlebih dulu. Secara logika mungkin hal ini dirasa akan sulit apalagi hanya mengandalkan gaji UMR yang tidak terlalu besar dan mungkin hanya pas untuk kehidupan sehari-hari.

Namun siapa yang akan menyangka jika hal ini disiasati dengan tepat dan benar bisa jadi hal yang sangat menguntungkan. Alokasikan sejumlah dana dari gaji yang diterima ini untuk berinvestasi walaupun angkanya tidak besar. Namun ada angka ideal yang bisa ditetapkan untuk mengalokasikan gaji antara 10 sampai dengan 20% dan dimasukkan ke dalam rekening investasi.

Pisahkan hal untuk investasi ini agar tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya. Lakukan juga hal yang sama saat menerima bonus-bonus lain yang diterima dari pekerjaan semacam THR atau bonus kinerja. Jika hal ini bisa ditambahkan juga maka dana untuk investasi bisa lebih besar.

5. Pilih Saham Perbankan

Hindarilah untuk membeli saham-saham yang belum jelas bagaimana keberlangsungannya. Saham seperti itu masih penuh akan resiko dan malah akan memberikan kerugian yang cukup besar apalagi untuk pemula dengan dana yang masih kecil.

Jadi sangat disarankan jika ingin membeli saham untuk tetap jeli dan bermain secara aman dalam memilih saham yang dibeli. Secara teknis dan fundamental saham dari perbankan masih sangat aman untuk dibeli karena mereka itu stabil.

Melalui hal ini resiko investasi bisa lebih dihindari dan juga saham perbankan bisa memungkinkan investor dalam mendapatkan potensi keuangan yang lebih besar. Ini bisa jadi sebuah pilihan bijak untuk para investor dengan gaji minimalis seperti UMR.

6. Kenali Resiko Saham

Hal penting untuk dipelajari adalah resiko dari saham itu sendiri. Pemula sangat dianjurkan untuk memahami berbagai resiko yang menanti dalam investasi saham sedari awal. Hal ini bisa membantu pemula untuk lebih mengelola keuangan dan investasi mereka lebih baik.

Paling tidak pahami dua resiko penting dalam berinvestasi saham. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisah dari saham yaitu capital loss dan juga likuidasi. Pelajarilah dengan baik kedua resiko tersebut secara matang agar lebih siap dalam menghadapi dunia pasar saham. 

Kini sudah banyak media pembelajaran yang bisa diakses untuk mendukung investasi. Selain itu ada baiknya bertanya langsung ke para investor yang sudah ahli di bidangnya dan berpengalaman.

7. Gunakan Aplikasi yang Legal

Kini investasi sudah bisa dilakukan tanpa perlu ke kantor apapun. Lewat sebuah aplikasi jual beli saham keputusan investasi bisa dibuat. Namun penggunaan aplikasi yang tepat juga harus jadi pertimbangan yang tidak boleh terlewatkan.

Ini berlaku untuk semua pemula termasuk yang baru menjalani investasi dengan gaji setara UMR. Paling penting untuk mengambil keputusan secara jeli apalagi di masa awal pembelajaran investasi ada banyak hal yang masih perlu digali. Tips investasi saham gaji UMR tidak akan berjalan jika menggunakan aplikasi abal-abal.

Gunakan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas secara resmi. Ada banuak perusahaan sekuritas yang kini membuat aplikasi agar nasabahnya bisa melakukan transaksi dari mana saja dengan mudah.

Pilih aplikasi yang mudah digunakan dan sudah dilengkapi dengan fitur yang paling berguna. Tujuannya jelas agar transaksi saham bisa lebih berjalan dengan mulus. Selain itu aplikasi ini juga bisa jadi sarana belajar yang baik apalagi dilengkapi dengan panduan yang lengkap.

8. Gunakan Sistem DCA

Menabung saham sebaiknya bahkan harus dilakukan secara berkala bukan hanya sesekali saja. Jadi hindarilah untuk menabung saham hanya untuk sekali setahun saja. Hasil investasi tidak akan maksimal jika hal tersebut tetap dipraktekkan saat berinvestasi saham.

Jadi sisihkan uang dari gaji setiap bulannya untuk bisa merasakan manfaat dari investasi yang dilakukan. Mungkin di awal akan terasa berat dan sulit, namun percayalah jika semua ini dilakukan secara rutin maka akan menghasilkan sebuah kebiasaan. Ini akan jadi lebih mudah jika semuanya sudah terbiasa.

Sistem DCA bisa membantu dalam melakukan investasi saham. Setiap harinya akan rutin dilakukan untuk mengalokasikan dana dalam investasi saham.

Pembelian saham ini membuat investor untuk lebih memiliki kemungkinan yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar. Ada banyak kemungkinan investor mendapatkan dana baik itu dari capital gain atau deviden yang dibagikan oleh perusahaan yang dibeli sahamnya.

Sekarang dengan gaji UMR pun bisa mewujudkan mimpi untuk berinvestasi saham walaupun sedikit-sedikit. Berkat tips investasi saham gaji UMR sudah banyak yang melakukannya dan terbukti mereka bisa menaikkan kekayaan mereka daripada hanya ditabung dan uangnya tidak berkembang.