free page hit counter

Cara Buka Rekening Bank Tanpa NPWP di Mandiri

Artikel diperbarui pada 30 April 2023.

NPWP sebagai persyaratan saat membuka rekening suatu bank sering menjadi kendala bagi calon nasabah karena berbagai hal. Namun,ternyata ada cara buka rekening bank tanpa NPWP meskipun belum banyak diketahui.

Kesadaran dan juga pengetahuan terhadap pentingnya mempunyai NPWP yang merupakan bentuk kepatuhan sebagai warga negara memang kurang. Hal inilah yang membuat banyak orang masih belum tertarik untuk membuat NPWP.

Calon nasabah tentu ingin tahu kenapa kartu wajib pajak tersebut menjadi syarat dalam pembukaan rekening baru. Dan apakah ada bank yang tidak meminta NPWP sebagai dokumen yang harus dicantumkan saat membuka rekening, maka inilah penjelasanya.

Tentang NPWP

Sebelum membahas cara buka rekening bank tanpa NPWP calon nasabah sebaiknya mengetahui hal-hal tentang NPWP. DJP memberikan tanda pengenal atau identitas untuk wajib pajak dimana identitas tersebutlah yang disebut dengan NPWP.

Pemberian tanda pengenal kepada wajib pajak tersebut tercantum Pasal 1 UU no 28 2007. Nomor identitasnya adalah berupa 15 kode unik yang berbeda antara satu wajib pajak dengan lainnya.

Dalam peraturannya wajib pajak dibagi 2, yaitu pribadi dan badan. Masing-masing golongan tersebut masih dibagi lagi berdasarkan beberapa hal yang berbeda, berikut rinciannya: 

1. Orang Pribadi

Adalah setiap pribadi yang bekerja, atau menjalankan usaha, maupun tidak berpenghasilan yang mendaftar untuk mendapatkan NPWP. Termasuk wanita menikah tetapi memutuskan memisah penghasilan secara hukum dengan harta suami.

  • Orang pribadi berada di Indonesia hingga 183 hari (1 tahun) pajak ada di Indonesia serta berniat tinggal di Indonesia.
  • Pribadi yang tidak tinggal di Indonesia hingga 183 hari lebih dalam 1 tahun serta menjalankan sebuah usaha tetap di wilayah Indonesia.
  • Kategori menurut hubungannya yaitu orang pribadi (Induk), pisah harta (PH), hidup berpisah (HB), memilih terpisah (MT), warisan belum terbagi (WBT).

2. Wajib Pajak Badan 

Merupakan badan yang mempunyai berkewajiban membayarkan pajak, melakukan pemotongan serta memungut pajak sesuai aturan. Kategorinya meliputi Badan, Bendahara, Joint Operation, dan Kantor Perwakilan Perusahaan Asing.

Fungsi NPWP Dalam Pembukaan Rekening

Dalam cara buka rekening bank tanpa NPWP tentu salah satu dokumen untuk verifikasi menjadi berkurang. Sebab, dalam pembukaan rekening, NPWP ini diperlukan sebagai tambahan verifikasi data pembuka rekening. 

Saat ada yang membuka rekening baru, bank akan melakukan proses CDD dengan tujuan mengidentifikasi dan verifikasi data. Proses tersebut sesuai dengan aturan dari Bank Indonesia yang bertujuan agar bisa mencegah pencucian uang maupun pendanaan teroris.

Kemudahan syarat buka rekening untuk meningkatkan budaya menabung.

Meskipun NPWP ini merupakan syarat untuk verifikasi data yang memang ditetapkan oleh BI, namun beberapa produk tidak melibatkannya. Misalnya, untuk buka rekening di Mandiri pada beberapa produk tabungan tertentu, bank tersebut tidak mewajibkan NPWP, karena: 

  • Bank memiliki alasan melonggarkan peraturan tersebut agar calon nasabahnya tidak batal membuka rekening. 
  • Beberapa produk tabungan khusus memiliki sasaran calon nasabah muda yang belum memungkinkan memiliki NPWP. 
  • Budaya menabung lebih dapat diselenggarakan jika dalam membuka rekening tidak memberikan syarat yang sulit.

Secara umum, NPWP ini berfungsi dalam keperluan administrasi di perpajakan dimana kemampuannya adalah merekam bukti yang ditanggung setiap WNI. NPWP juga mempunyai fungsi yang lebih luas yaitu dalam keperluan pengurusan SIUP, paspor, dan kegiatan perbankan.

Produk Tabungan Bank Mandiri yang Tanpa NPWP

Bank Mandiri memiliki jenis tabungan dengan persyaratan yang mudah dan tanpa harus memiliki NPWP saat buka rekeningnya. Hal ini tentu seakan memberikan angin segar untuk masyarakat yang belum memiliki NPWP, inilah produk-produknya: 

1. TabunganKu

Produk ini adalah bagian dari program dengan nama Gerakan Indonesia Menabung yang digalakkan oleh pemerintah bersama dengan beberapa bank. Produk ini persyaratannya sengaja dipermudah agar masyarakat muda tertarik mengikuti program ini.

Syarat membuka rekening TabunganKu ini calon nasabahnya cukup melampirkan identitas berupa KTP tanpa NPWP. Bukti KTP diserahkan dengan formulir yang kemudian dilanjutkan dengan menyetorkan dana sebagai setoran awal.

2. Tabungan Simpanan Pelajar

Produk yang biasa disebut dengan istilah SimPel ini sesuai namanya adalah ditujukan untuk para pelajar. Oleh karena itu, persyaratannya dipermudah mengingat usia pelajar belum termasuk wajib pajak.

3. Tabungan SiMakmur

Selanjutnya ada produk tabungan bernama SiMakmu yang juga tidak mensyaratkan NPWP saat akan membuka rekening. Simpanan yang murah dan mudah akses ini adalah hasil kerjasama Mandiri dengan Mandiri Agen. 

4. Tabungan TKI

Jadi tabungan satu ini khusus untuk calon TKI, yang memang bertujuan untuk memfasilitasi kemudahan tabungan untuk sang penyumbang devisa. Tabungan tersebut diharapkan akan menjadi solusi bagi TKI dan juga keluarganya agar bisa menyisihkan dan menyimpan penghasilan.

Cara Buka Rekening Mandiri Tanpa NPWP

Cara buka rekening bank tanpa NPWP ternyata adalah dengan mengajukan rekening pada produk yang telah dibahas di atas. Keempat produk milik bank Mandiri tersebut tentu ada yang sesuai dengan status dan kondisi calon nasabah terkait.

Untuk bisa memahami setiap persyaratannya, calon nasabah bisa mempelajarinya dari web maupun datang langsung ke kantor terkait. Selain syarat yang berupa dokumen, calon nasabah juga harus menyiapkan uang sebagai setoran awal, dengan uraian berikut:  

  • Rekening untuk tabungan biasa dan juga tabunganKu setoran minimalnya adalah 500 ribu.
  • Tabungan TKI sangat ringan setoran awalnya yaitu hanya 10.000 saja.
  • Rekening SimPel minimal setoran awal sebesar 5000.
  • Tabungan SiMakmur minimal adalah 100 ribu.

Setelah menentukan jenis tabungan mana yang akan diikuti, maka siapkan semua dokumen yang diperlukan sebelum melakukan pengajuan. Selain dokumen, siapkan juga sejumlah uang yang diperlukan sebagai setoran awal sesuai dengan jenis rekening yang akan dibuka.

Apabila semuanya telah siap, selanjutnya adalah melakukan permohonan pembukaan rekening baru. Dalam melakukan pembukaan rekening, pemohon bisa melakukannya secara langsung, maupun dengan secara online seperti berikut.

  • Akses situs join.bankmandiri melalui browser.
  • Setelah terbuka ketuk opsi Buka Rekening Baru.
  • Kemudian masukkan setiap persyaratan yang telah disiapkan, lalu klik lanjut.
  • Setelah itu pilih produk tabungan dengan cara tap salah satunya.
  • Selanjutnya klik perintah Ajukan Pendaftaran lalu ketuk opsi kartu ATM.
  • Lakukan pengisian data dengan lengkap dan tunggu kode verifikasi dikirim.
  • Masukkan semua data untuk pembukaan rekening, lalu unggah selfie dengan memegang kartu  identitas dan TTD.

Nantinya pihak bank akan melakukan video call yang dimaksudkan untuk proses verifikasi dan konfirmasi rekening. Calon nasabah selanjutnya perlu screenshot informasi yang dimunculkan.

Setelah semua proses selesai, kemudian seperti yang sudah disinggung sebelumnya nasabah harus melakukan setoran awal. Nominalnya setoran ini harus diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan.

Demikian cara buka rekening bank tanpa NPWP dimana sebelum mengajukan permohonan nasabah perlu mempelajari syarat produk tabungan yang dipilih. Karena masing-masing tabungan tersebut memiliki syarat yang cukup berbeda karena disesuaikan dengan jenis produk tersebut.