free page hit counter

Aplikasi Jual Beli Emas Online yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Artikel diperbarui pada 12 Mei 2023.

Investasi adalah sebuah kendaraan yang bisa mengantarkan seseorang menuju kesejahteraan dalam ekonomi dan keuangannya. Emas merupakan dari beberapa instrumen investasi yang cepat diperjual belikan bahkan secara online. Aplikasi jual beli emas online kini banyak bermunculan dan bisa dipilih sesuai keperluan.

Dari banyaknya aplikasi yang beredar sampai saat ini, konsumen harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang bagus. Apalagi mengingat ini adalah emas yang nilainya tidak murah sama sekali. Berikut ada deretan aplikasi jual beli emas online yang bisa jadi pilihan:

1. Indo Gold

Sebuah aplikasi jual beli emas yang diluncurkan oleh perusahaan bernama Sinar Rezeki memiliki layanan aplikasi jual beli emas online yang bagus. Nama dari aplikasi tersebut adalah IndoGold yang merupakan aplikasi serbaguna dan berkaitan dengan emas.

Bukan cuma untuk menjual dan membeli emas, aplikasi ini bisa digunakan untuk menabung emas dan juga menggadaikan emas. Ada banyak emas digital yang bisa disimpan dalam aplikasi ini. Bahkan jika sudah mencapai total nilai yang ditentukan, emas bisa diambil dalam bentuk fisik.

Total untuk mendapatkan emas fisik, pengguna perlu memiliki sejumlah 1 gram emas minimal. Saat ini aplikasi tersebut sudah bekerja sama dengan aplikasi e-commerce ternama dari tanah air yaitu Bukalapak. Disana terdapat sebuah fitur bernama buka emas dan sudah terintegrasi dengan aplikasi ini.

Jadi selain lewat aplikasi indogold, konsumen juga bisa membelinya lewat aplikasi bukalapak langsung. Dengan begitu market yang bisa diraih bisa lebih besar karena pengguna bukalapak juga sudah cukup banyak.

2. ORORI

Ada aplikasi jual beli emas lainnya yang tidak kalah memiliki fitur yang lumayan lengkap. Nama dari aplikasi ini adalah oriori yang menjual emas dan perhiasan lain secara online dengan jumlah yang tidak sedikit. Ada beberapa jenis perhiasan yang umum dijual disini.

Tapi yang tercatat paling banyak dicari disini adalah cincin, kalung, liontin, serta perhiasan untuk pernikahan. Pembeli tidak usah khawatir mengenai keasliannya, karena sudah dijamin barang yang dibeli disini original.

Selain perhiasan yang disebutkan diatas, oriori juga bisa menjual dan membeli emas antam. Ada banyak pilihan emas batang, batu, dan logam mulia lainnya dalam bentuk investasi masa depan. Oriori sudah bekerja sama dengan tokopedia jadi transaksi bisa dilakukan disana.

3. Tamasia

Banyak yang masih belum tahu bagaimana cara membeli emas murni dari hasil produksi perusahaan Antam. Tamasia menjadi aplikasi yang memungkinkan masyarakat membeli emas tersebut dengan konsep syariah.

Tidak cuma menjual emas, tamasia juga membuka peluang masyarakat untuk membuka usaha emas dengan cara menjadi reseller resmi mereka. Jika memiliki minat untuk membuka usaha ini, tamasia sudah menyiapkan strategi paket usaha dengan keuntungan yang lumayan.

Tidak cuma itu, tamasia memberi juga kesempatan bagi konsumen untuk mencicil emas dari hitungan bulan sampai 2 tahun. Pilihan berat yang ditawarkan nilainya beragam, dari yang terendah 1 gram sampai dengan yang paling berat sebesar 100 gram.

Emas juga akan dijamin keamanannya karena penyimpanannya yang sudah memiliki standar keamanan tinggi. Tidak cuma itu, agar lebih aman lagi pemilik akan diberikan asuransi emas dari Antam sebagai partner resmi dari Tamasia.

4. Pluang

Banyak yang tidak menyangka jika aplikasi pluang ini kini menjadi aplikasi yang punya banyak layanan investasi. Bukan cuma saham dan juga tabungan berjangka, kini mereka juga merambah ke instrumen lain seperti emas.

Kini untuk jual beli emas, Pluang menggaet PT PG untuk berafiliasi dengan jangka tertentu dalam memegang lisensi. Nantinya mereka akan diawasi oleh Badan Pengawas untuk komoditi ini yang dikenal dengan BPPBK.

Nantinya sistem layanan emas berupa jual beli bisa tetap dilakukan disana. Pluang akan terkoneksi dengan dompet digital ternama asal Indonesia yakni Gopay sehingga pengguna bisa melakukan transaksi lewat aplikasi Gojek.

5. E-Mas 

Diluncurkan sejak tahun 2017, aplikasi E-Mas kini menjadi aplikasi yang dikenal masyarakat berkat fitur jual beli emas miliknya. Lewat aplikasi E-Mas ini, investasi emas bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah tanpa harus pergi ke luar rumah.

Kebutuhan akan permintaan emas bisa dipenuhi dengan mudah bahkan pembelian dengan nilai yang kecil juga tetap akan dilayani. Ini sangat terjangkau dibandingkan harus membeli perhiasan emas yang harganya bisa turun.

Emas yang dibeli nantinya tersimpan pada akun pemilik sampai kapanpun selagi belum pernah dijual atau diambil. Nantinya emas yang tersimpan bisa juga ditambah jumlahnya atau juga dijual sesuka hati pemiliknya.

Jika jumlah emas yang dimiliki sudah mencapai berat minimal yang ditentukan, maka emas tersebut bisa ditukar dalam bentuk fisik yang umum ditemui di pasaran. Antara lain ukuran emas yang lazim ada di pasaran mulai dari 1 gram atau 5 gram untuk diambil secara fisik.

6. Pegadaian

Bukan cuma sebagai tempat menggadaikan barang, pegadaian juga memberikan nasabah fitur investasi yang menjanjikan. Kini aplikasi milik pegadaian memungkinkan pengguna untuk berinvestasi emas di aplikasi milik mereka.

Pegadaian Digital Service ini menjadi aplikasi jual beli emas online yang menarik bahkan sejak mereka diluncurkan tahun 2018. Siapa sangka kini menggadaikan barang bisa dilakukan lewat aplikasi.

Pegadaian tidak cuma memberikan informasi lewat aplikasinya pada calon pelanggan namun mereka juga bisa mendapatkan informasi seputar produk apa saja yang ada di pegadaian. Ini sudah termasuk dengan membuka rekening tabungan emas di pegadaian.

7. Lakuemas

PT CMK yang dikenal merupakan perusahaan besar juga berhasil melahirkan aplikasi Lakuemas untuk transaksi jual beli emas. Kini aplikasi tersebut sudah bisa diakses oleh publik secara gratis dengan fitur yang tidak kalah dari aplikasi sejenis.

Mereka bahkan tidak ragu untuk memberikan jasa cetak sertifikat emas resmi untuk emas dengan nilai paling kecil di angka 10 gram saja. Untuk bisa melakukan transaksi disini lakuemas punya fitur laku tunai yang sengaja dibuat untuk keamanan penyimpanan.

Minimum pembelian emas yang bisa dilakukan di aplikasi tersebut adalah senilai 50 ribu rupiah. Nilai itu nantinya akan ditukarkan dengan sejumlah emas yang harganya berlaku pada saat pembelian berlangsung.

8. Tokopedia Emas

Aplikasi  jual beli emas online lainnya yaitu didalamnya adalah Tokopedia. Mereka tetap berambisi menjadi e-commerce yang paling top di Indonesia ini menghadirkan fitur jual beli emas untuk mendukung penggunanya dalam berinvestasi.

Semua emas hasil transaksi penggunanya ini akan disimpan dengan bekerja sama bersama perusahaan pegadaian. Jadi tidak usah diragukan lagi keamanannya. Untuk bisa membeli emas disini juga caranya sangat mudah karena cukup dengan melakukan pembelian lewat top-up.

Biaya jasa yang dikenakan aplikasi ini tiap transaksinya adalah sebesar 5 ribu rupiah saja. Pengguna juga sudah bisa mencairkan emas mereka kapan saja jika dibutuhkan.

Nah itulah beberapa aplikasi jual beli emas online yang masih eksis sampai sekarang. Tidak usah pusing untuk berinvestasi di zaman sekarang karena semuanya sudah sangat dipermudah.