free page hit counter

Mengenal Franchise biMBa AIUEO, Lengkap disini!

Artikel diperbarui pada 10 Mei 2023.

Mempunyai uang dingin cukup banyak untuk dijadikan modal usaha tapi bingung ingin membuka usaha apa? Jika tertarik pada dunia pendidikan, cobalah untuk membuka usaha franchise biMBa AIUEO, sebuah bimbingan belajar membaca untuk anak-anak usia dini. 

Meski belum terdengar familiar untuk sebagian orang, bisnis di bidang pendidikan seperti biMBa-AIUEO sudah ada sejak tahun 2009. Tentunya, bisnis ini masih ada dan bertahan hingga kini sembari terus melahirkan generasi muda yang gemar membaca.

biMBa-AIUEO akan melatih tenaga pendidik agar dapat memberikan pendidikan berupa belajar membaca dengan cara yang mudah dan juga menyenangkan. Lantas, seperti apakah bentuk sebenarnya dari bisnis biMBa-AIUEO? Yuk simak pembahasannya!

Apakah Itu Franchise biMBa-AIUEO?

biMBa-AIUEO merupakan sebuah franchise di bidang pendidikan dan mempunyai tujuan membangun minat gemar membaca pada anak usia 3-6 tahun. Bisnis franchise biMBa AIUEO secara resmi dinaungi langsung oleh Yayasan Pengembangan Anak Indonesia.

Karena peserta didiknya berusia 3-6 tahun, metode pembelajaran disesuaikan dengan usianya, sehingga tak ada tekanan pada anak-anak. Berikut penjelasannya:

  • Fun learning. Metode ini bersifat tidak membebani anak dan membuat suasana pembelajaran bersama anak menjadi jauh lebih menyenangkan. Hal ini diwujudkan dengan penerapan metode senyum, sapa, salam, sambut, dan sebut nama atau 5S.
  • Variation skill. Aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik merupakan aspek penting yang wajib dipenuhi saat proses belajar mengajar. Pengajar di sini menggunakan metode bernama variation skill itu untuk memenuhi kebutuhan akan aspek tersebut.
  • Individual system. Anak akan diperhatikan secara penuh dalam metode belajar ini. biMBa-AIUEO mengedepankan proses belajar dengan anak sebagai pusat atau subjeknya, karena pengajar hanyalah seorang fasilitator dan motivator dalam belajar.
  • Small step system. Kenyamanan adalah hal yang paling utama di metode ini. Sebab, semakin nyaman proses pembelajaran, anak akan semakin cepat mengerti. Proses belajar akan diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak. 

Jenis Kemitraan yang Ada di biMBa-AIUEO

Jenis kemitraan di franchise biMBa AIUEO terbagi menjadi kemitraan aktif dan pasif. Kemitraan aktif adalah bentuk kerjasama di mana mitra bergerak sebagai pengelola secara langsung. Mitra juga bertanggung jawab terhadap operasional unit yang tengah dijalankan.

Kemitraan pasif tidak langsung mengelola unit, namun lebih seperti investor dan penyedia tempat kegiatan belajar saja. Tentunya, masing-masing jenis kemitraan ada persyaratannya. Namun, apa sajakah syarat untuk menjadi mitra secara umum? Yuk simak penjelasannya!

  • Menyediakan tempat untuk belajar. Baik mitra aktif dan pasif harus mau menyediakan tempat untuk belajar mengajar. Ukuran ruangan untuk kegiatan minimal sebesar 3×3 m2. Tentunya kondisinya harus memenuhi standar kelayakan.
  • Membayar biaya franchise. Untuk jenis mitra aktif dan pasif biasa, biayanya Rp 40.000.000. Namun, jika jenis kemitraannya aktif dan pasif kecamatan, biaya franchise-nya sebesar Rp 50.000.000.
  • Memenuhi syarat radius. Ada batas jarak yang harus dipenuhi jika ingin mendirikan unit biMBa-AIUEO baru di suatu tempat. Syaratnya adalah tidak boleh ada biMBa-AIUEO lagi jika jarak 1 km terdapat cabang yang sebelumnya sudah berdiri. 
  • Memenuhi standar kelayakan. biMBa-AIUEO memiliki standar sendiri terhadap siapa saja yang menjadi mitranya untuk menjaga kualitas. Oleh sebab itu, mitra harus mau mengikuti standar yang ditentukan dan berada di bawah pengawasannya.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise biMBa-AIUEO

Sebuah bisnis seperti franchise biMBa AIUEO tidak mungkin memiliki tumbuh kembang yang pesat jika tidak menawarkan keuntungan menarik untuk mitranya. Hasil dari kemitraan aktif dan pasif harus memberi keuntungan, baik untuk pihak biMBa dan pengelolanya.

Pihak biMBa-AIUEO pun mengungkap setidaknya ada 9 alasan mengapa bermitra dengan biMBa-AIUEO adalah hal yang menguntungkan. Lantas, apa sajakah keuntungan yang didapat dari melakukan kemitraan dengan bimbingan baca ini? Berikut rangkumannya:

  • Pangsa pasar yang besar.  Jumlah unit biMBa-AIUEO yang ada di seluruh Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 3.000 unit. Dengan keadaan Indonesia yang luas, pangsa pasar mendirikan bimbingan baca seperti ini masih sangat besar.
  • Modal yang terjangkau dan keuntungan yang besar. Dengan fasilitas yang diberikan, modal Rp 40.000.000-Rp 50.000.000 masih bisa dibilang murah. Hal itu belum ditambah dengan persentase pembagian keuntungan yang besar. 
  • Mencerdaskan anak bangsa. Minat baca merupakan cikal bakal seseorang tertarik untuk membaca pengetahuan yang ada. Oleh karena itu, membuka franchise ini secara tidak langsung telah berandil untuk mencerdaskan anak bangsa.
  • Membuka lapangan pekerjaan. Tidak hanya bermanfaat untuk anak, franchise ini juga memberi lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang mencintai anak-anak dan literasi. Tenaga didik bisa bekerja sekaligus menyalurkan passion dalam pendidikan.
  • Memiliki kesempatan untuk beramal di bidang pendidikan. Selain beramal ilmu, hal yang bisa diberikan dari mengelola franchise ini adalah kebahagiaan. Anak-anak yang pintar tentu akan membuat orangtua, lingkungan, dan masyarakat bahagia.

Cara Mendaftar Menjadi Mitra biMBa-AIUEO

Melalui survey 8.400 orangtua pada 2022, 96,95% orangtua merasa puas dengan biMBa-AIUEO. Pertumbuhan unit biMBA-AIUEO dalam 13 tahun terakhir juga meningkat dengan 120.000 jumlah murid yang kini masih aktif belajar.

Melihat tingkat kepuasan dan jumlah unit yang belum terlalu banyak, kesempatan untuk membuka kemitraan di daerah masing-masing masih cukup besar. Jika ingin mendaftar menjadi mitra dan mendapat hak franchise biMBa AIUEO, apakah yang harus dilakukan?

  • Kunjungilah situs biMBa-AIUEO. Ketiklah alamat bimba-aiueo.com pada browser yang ada di laptop, lalu klik tombol ‘Enter’. Setelah ini, tunggu sampai situs terbuka dengan sempurna. Kemudian, kliklah menu di sisi atas yang bertuliskan ‘Kemitraan’.
  • Setelah ini, scroll sampai ke bagian bawah halaman. Formulir untuk mendaftar menjadi mitra ada di sana. Pendaftar akan dimintai data seperti nama, alamat, email, nomor HP, bakal lokasi, alasan bergabung, sumber info biMBA, dan pengalaman.
  • Pastikan data sudah sesuai keadaan riil. Setelah ini, pendaftar bisa langsung klik tombol ‘Kirim’ untuk mendaftarkan isi formulir. Lalu, pendaftar hanya perlu menunggu saja informasi konfirmasi lebih lanjut dan pemberitahuan dari pihak biMBa-AIUEO.
  • Pendaftar akan dihubungi oleh pihak pengelola jika diterima. Informasinya akan disampaikan langsung lewat email atau WA. Setelah ini, pendaftar tinggal mengikuti instruksi mengenai pendaftaran dan pembayaran sesuai dengan arahan biMBa.

Bisnis yang bergerak di bidang pendidikan, terutama dalam pendidikan dasar seperti ini adalah bisnis yang tak akan lekang oleh gerusan zaman. Sebab, semua anak pasti belajar membaca sebelum melangkah ke jenjang pendidikan seperti sekolah dasar.

Dengan memiliki franchise ini, selain bisa menyalurkan passion dalam pendidikan, pengelola bisa menunjukkan kecintaannya pada anak. Membentuk anak yang cinta membaca dengan perkembangan psikomotorik, afektif, dan kognitif yang bagus adalah amal yang luar biasa.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai seluk beluk franchise biMBa AIUEO, mulai dari metode pembelajarannya, jenis kemitraan, keuntungan, serta cara mendaftar kemitraannya. Dengan mempelajarinya, calon mitra bisa sedikit mendapat gambaran seperti apa bisnisnya.