free page hit counter

Contoh Pasar Modal, Pengertian Dan Jenis-jenisnya 

Artikel diperbarui pada 29 April 2023.

Ada banyak Contoh pasar modal yang saat ini juga banyak digunakan, dan di dalam setiap negara bisa memiliki pasar modal sendiri. Saat ini pasar modal juga sering dijadikan sebagai sarana investasi. Tentu karena banyak jenisnya.

Pasar saham sendiri beroperasi dalam beberapa instrumen sekaligus sehingga setiap pengguna pun dapat memanfaatkannya. Namun dengan perkembangan zaman yang sudah serba modern, ada yang masih belum paha dengan pasar modal. Karena itu kali ini akan membahasnya.

Jadi kali ini akan diulas tentang contoh apa saja yang memudah memahami tentang pasar modal. Tak lupa juga akan dijelaskan beberapa hal penting yang tentunya masih saling berkaitan. Untuk itu bisa terus simak hingga tuntas.

Pasar Modal:

Sebelum membahas hal yang lebih inti, maka kali ini akan diulas terlebih dahulu tentang apa itu pasar modal. Jadi pasar modal sendiri adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan antara penawaran dan juga permintaan. Bisa berupa dana jangka panjang, pasar ataupun bursa modal.

Di mana di dalamnya biasa memperjualbelikan surat berharga yang memiliki jangka lebih dari satu tahun. Juga bisa berupa firma yang meminjamkan uang secara besar-besaran, bank dan juga pusat keuangan. Pergerakannya pun juga diawasi oleh badan terkait.

Penjelasan tersebut adalah menurut KBBI, sedang jika dari OJK, pasar modal adalah sarana yang digunakan oleh perusahaan besar dan pemerintah untuk mendapatkan dana jangka panjang. Contoh misalnya adalah menjual saham dan capital market atau obligasi.

Sedang menurunkan UUPM bahwa pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan juga perdagangan efek. Bisa juga dengan kegiatan perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya. Serta lembaga yang berkaitan dengan efek.

Sederhananya adalah bagian pasar modal merupakan tempat atau sarana bertemunya suatu perusahaan atau jenis institusi lain seperti pemerintah. Dimana perusahaan atau institusi lain ini sedang membutuhkan dana. Sehingga menarik masyarakat untuk berinvestasi.

Jenis-jenis Pasar modal

Sebelum membahas tentang Contoh pasar modal, maka kali ini akan diulas mengenai jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jadi pasar modal sendiri ada beberapa jenis yang ada di dalamnya. Jadi tak ada salahnya jika dibuat untuk pembahasan sendiri.

1. Primary Market Dan Secondary Market

Jenis pertama adalah primary Market atau juga disebut dengan pasar perdana. Pasar modal jenis ini adalah untuk perusahaan yang baru pertama kali menjual obligasi atau saham. Surat berharga ini juga belum pernah didaftarkan ke bursa efek.

Pihak perusahaan sendiri sudah menetapkan terlebih dahulu surat berharga yang akan diperjualbelikan. Sehingga saat jumlah pembeli lebih banyak, nanti akan beralih ke pasar sekunder untuk mendapatkan suratnya. Jadi sudah berbeda dari jenis pasar ini.

Kemudian ujung jenis yang kedua adalah secondary market atau bisa juga disebut dengan pasar sekunder. Ini adalah jenis pasar yang tadi telah disebutkan di pembahasan sebelumnya. Pasar ini pun jangkauannya lebih luas.

Jadi pasar sekunder adalah yang mewadahi antara investasi satu dengan lainnya. Yang membedakan dari jenis sebelumnya adalah bahwa pada sekunder tidak membatasi surat berharga yang dijual. Sehingga pembeli pun bisa lebih leluasa.

2. Third Market Dan Fourt Market

Kemudian untuk jenis yang ketiga adalah third Market atau juga disebut dengan Over the counter OTC. Pada pasar modal jenis ini mampu memfasilitasi bagi market maker atau pihak bursa dengan investor. Sehingga harga dipatok pihak bursa.

Dalam market jenis ini, maka akan ada para market maket yang saling menjual surat berharga yang dimiliki. Hal ini selaras dengan bahwa surat berharga atau saham bisa dijual oleh lebih dari satu anggota bursa. Tentunya dengan harga yang terbaik.

Kemudian jenis terakhir adalah Fourth market yang biasa digunakan untuk jual dan beli namun tanpa perantara efek. Nilai dari Fourth Market ini adalah yang paling tinggi ketimbang jenis lainnya. Biasa’ juga digunakan oleh investor besar.

Padar ini dimanfaatkan agar bisa menghemat transaksi. Sehingga nilai transaksi di dalamnya pun relatif lebih besar. Para investornya sendiri biasanya hanya melakukan transaksi melalui ECN, Electronic Communication Network.

Contoh Pasar Modal

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa setiap negara biasanya memiliki pasar modal salah satunya adalah Indonesia. Jadi kali ini akan disebutkan mengenai beberapa Contoh pasar modal yang ada saat ini. Untuk itu jangan lewatkan penjelasannya.

1. BEI

Contoh pertama yang menggambarkan tentang Pasar modal adalah BEI atau bursa efek Indonesia. Pasar modal ini juga kadang lebih dikenal dengan nama IDX atau Indonesia stock Exchange. Kantor BEI sendiri ada di Jakarta – bilangan Sudirman.

BEI sudah berdiri dari tahun 2027 yang merupakan gabungan dari BEJ dan BES. BEJ sendiri adalah bursa efek Jakarta sedang untuk BES adalah Surabaya. Kini bei sendiri sudah memiliki beberapa cabang di seluruh Indonesia.

BEI sendiri sudah menggunakan sistem sistem perdagangan bernama JATS atau Jakarta automated trading System. Ini digunakan sebagai pengganti pada sistem yang digunakan sebelumnya.

2. KLSE – Kuala Lumpur Stock Exchange

Kemudian untuk Contoh pasar modal kedua adalah KLSE atau juga disebut dengan Kuala lumpur stock Exchange. Atau sekarang pasar modal ini jauh lebih mudah dikenal dengan nama MYX. Ini adalah perusahaan induk.

KLSE sendiri adalah bursa yang menjual atau menawarkan berbeda dan berkaitan dengan perdagangan sekuritas, derivatif dan lainnya. Untuk pusat kantornya sendiri berada di exchange square, bukit Kewangan, Kuala lumpur.

KLSE ini dahulunya bermula saat asosiasi dari broker saham yang berada dari Singapura didirikan dan menjadi bursa resmi di tanah Melayu. Kemudian tujuh tahun kemudian terdaftar lagi. Namun masih tidak memperdagangkan saham publik.

Lalu pada tahun 1960, bursa tanah Melayu didirikan dan perdagangan untuk saham publik pun akhirnya dimulai. Bursa saham ini pun telah resmi dibentuk dengan pemisah antara Kuala lumpur dan Singapura. Tetap berfungsi hingga kini di bawah SEMS.

3. PSE – Philippine Stock Exchange

Kemudian untuk contoh yang ketiga adalah PSE yang merupakan pasar modal dari Singapura. PSE sendiri adalah salah satu bursa saham yang utama di wilayah Asia tenggara. Bahkan menjadi pasar saham pertama di Asia.

PSE sendiri memiliki kantor atau tempat perdagangan di dua wilayah. Antara lain adalah di kota Makati sedang yang satu lagi adalah Pasig. Emiten yang telah tercatat pada tahun 2010 sendiri mencapai 253. Sedang kapitalisasi pasar adalah 8,9 triliun.

Karena ini merupakan perusahaan atau pasar modal dari Filipina, maka mata uang yang digunakan adalah peso. Salah satu instrumen yang tersedia di dalamnya adalah saham. Sehingga disebut juga sebagai pasar saham.

Demikian adalah penjelasan mengenai pasar modal, mulai dari pengertian hingga jenis-jenis di dalamnya. Sudah dijelaskan juga mengenai Contoh pasar modal yang bisa dipahami. Meski untuk contoh dari pasar modal yang terbesar ada di New York.

Perlu diketahui juga, bahwa dalam pasar modal sendiri ada banyak sekali jenis atau instrumen yang ditawarkan di dalamnya. Seperti misalnya adalah saham yang menjadi instrumen paling umum. Kemudian ada obligasi, Reksadana dan dengan beberapa pelaku pasar modal.