free page hit counter
cara mudah beli emas antam

4 Cara Mudah Beli Emas Antam dan Tips Sebelum Membeli

Meskipun instrumen investasi cukup banyak tersedia di zaman modern ini, namun emas tetap menjadi opsi salah satunya emas Antam. Cara mudah beli emas Antam sebaiknya diketahui lebih dulu.

Emas Antam sendiri kerap dipilih karena nilai pasar yang cenderung stabil. Berbeda dengan emas perhiasan yang mengalami perubahan akibat penggunaan.

Selain cenderung stabil dalam hal nilai pasar, emas Antam juga memiliki peluang kenaikan setiap hari. Artinya kemungkinan risiko bisa diminimalisir.

Bagi yang tertarik melakukan investasi dengan emas Antam dapat mengenal beberapa opsi untuk membelinya. Berikut penjabaran bagaimana cara membeli emas Antam secara tepat, syarat-syarat yang umumnya berlaku serta tips khusus.

Tips Beli Emas Antam

Sejumlah tips membeli emas Antam cukup penting diberikan alih-alih mengurangi risiko di masa mendatang. Untuk mengetahui apa saja tips itu, inilah poin-poinnya:

  • Diawali dengan mencari informasi tentang harga emas Antam di pasaran meskipun harga emas terbilang stabil. Pencarian harga juga sebagai pertimbangan memilih metode pembelian termasuk keuntungan dan kerugian.
  • Lanjutkan dengan mencari gerai penyedia emas Antam yang reputasinya sudah tidak diragukan lagi. Tujuannya untuk menghindari penipuan yang berakhir pada kerugian terlebih kadar emas cukup tinggi.
  • Tanyakan secara detail mengenai produk emas Antam yang nanti dibeli agar tidak ada kesalahpahaman setelah transaksi pembelian berlangsung.
  • Diharapkan teliti saat membeli emas yaitu dengan mengecek seluruh fisik emas Antam untuk melihat kondisi baik atau tidak.
  • Pengecekan keaslian emas sebagai bentuk informasi apakah emas yang dijajakan asli atau palsu pun perlu diperhatikan.
  • dan Terakhir hindari membeli dengan banderol harga murah untuk mencegah emas hasil sepuhan, bukan asli.

Tips membeli emas dapat dijadikan referensi sebelum kemudian mengunjungi gerai atau situs web penyedia Emas Antam. Sebisa mungkin risiko investasi emas bisa dihindari dengan lebih memperhatikan poin-poin yang dijabarkan.

Syarat Beli Emas Antam

Setelah melirik sejumlah tips, ada baiknya cara mudah beli emas Antam didahului dengan beberapa syarat. Tujuannya agar saat membeli nanti tidak ada masalah atau ketidakefisienan waktu.

Diantaranya berupa nilai transaksi pembelian emas Antam seharga lebih dari 100 juta rupiah bisa memanfaatkan jasa ekspedisi. Namun pastikan jasa ekspedisi termasuk yang bekerjasama dengan UBPP LM.

Lalu karena suatu hal pihak pembeli ingin mengembalikan emas maka transaksi yang dilakukan lebih 20 juta rupiah. Dengan ketentuan harus pembeli langsung yang mengembalikan (tidak boleh diwakilkan orang lain).

Masih terkait pengembalian emas, pada Butik Emas limit maksimal sekitar seminggu setelah transaksi pembelian selesai. Untuk syarat selanjutnya dapat ditanyakan pada petugas sesuai metode pembelian emas Antam.

Cara Mudah Beli Emas Antam

Setidaknya ada 4 cara untuk membeli emas Antam yang dalam penerapannya tidak sulit dilakukan oleh kalangan masyarakat manapun. Lebih lengkapnya silahkan simak uraian berikut dengan saksama:

1. Melalui Butik Antam

Cara pertama dapat dengan mengunjungi gerai Butik Antam yang sudah tersebar di kota-kota besar Indonesia. Diantaranya Medan, Yogyakarta, Balikpapan, Palembang, Jakarta, Bali, dan lain sebagainya.

Penyebaran Butik Antam ini tentu membawa kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi emas Antam. Setelah mengunjungi Butik Antam berikan maksud dan tujuan kepada petugas yang bekerja.

Nantinya petugas akan menjelaskan secara detail setiap produk. Apabila dirasa cocok maka segera lakukan pembayaran sesuai harga banderol yang ditetapkan. Waktu kunjungan biasanya dibuka pada hari kerja dalam pukul 9 pagi sampai 1 siang.

Di samping dengan mengunjungi Butik Antam, juga bisa melalui panggilan WhatsApp Logam Mulia. Admin akan memberikan info seputar produk emas Antam dan bagaimana metode pembayarannya.

Waktu pengambilan emas di Butik Antam berlaku hingga 7 hari dari transaksi. Seandainya selama waktu tersebut emas belum diambil maka buycash dapat dilakukan oleh pihak Antam.

2. Melalui Website Resmi Perusahaan

Bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang dapat membeli emas Antam dengan mengakses laman resmi PT. Antam TBK. Untuk langkah-langkah yang bisa diambil, diawali dengan mengakses halaman website logammulia.com.

Kemudian lakukan registrasi diri dan akun dengan data asli. Berikutnya pilih lokasi tujuan terdekat lalu klik tautan Beli Emas untuk dapat melihat dan menentukan produk yang dimaksud.

Setelah itu, tambahkan dalam keranjang sebagai bentuk pengunjung selesai memilih emas Antam yang mau dibeli. Emas dapat langsung dibayar sesuai metode pembayaran yang dipilih (misal virtual account). Klik tautan Setuju Syarat dan Ketentuan.

Apabila tidak terdapat kendala maka nanti akan dikirimkan kode pembayaran (aktif selama 45 menit). Untuk emas Antam yang berhasil dibeli, waktu pengiriman ke alamat pribadi berkisar paling lama 5 hari kerja.

Sebagai informasi dalam halaman website akan tersedia beragam informasi yang bisa diperhatikan. Seperti penawaran ukuran emas (0.5 gram sampai dengan 1000 gram), registrasi akun, dan hadiah berupa emas.

3. Melalui Pegadaian

Cara mudah beli emas Antam yang selanjutnya lewat Pegadaian yang dapat dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari gerai Pegadaian, online request (Digital dan Syariah) hingga agen Pegadaian yang bisa dipilih sesuai kemudahan.

Dalam pembelian emas di Pegadaian minimal saldo 0.1 gram, masyarakat bisa langsung berinvestasi emas. Ini artinya tabungan emas dapat dipilih sesuai kemampuan dan keinginan nasabah.

Terkait keaslian, tidak perlu diragukan lagi karena emas Antam yang tersedia dalam Pegadaian bukan sembarang, resmi milik PT Antam TBK. Untuk yang masih bingung dapat bertanya langsung ke petugas di Pegadaian tentang produk emas tersebut.

4. Melalui Layanan Online

Sebenarnya untuk cara terakhir ini bersifat opsional kalau-kalau tertarik mencoba membeli di layanan online berupa aplikasi investasi. Lewat layanan online pemilihan produk emas Antam, ukuran emas, dan transaksi jauh lebih efisien.

Beberapa layanan online yang bisa digunakan dalam membeli emas, BukaEmas, Emas Digi, Tokopedia, dan lainnya. Namun sebelum memilih aplikasi investasi sebaiknya lakukan pengecekan keamanan terlebih dahulu.

Dimana keamanan dapat dengan melihat apakah penyedia layanan investasi emas terdaftar dalam OJK atau tidak. Alasan pengecekan karena dikhawatirkan aplikasi yang dipilih merupakan layanan “bodong” yang hanya membawa kerugian para nasabah.

Demikian cara mudah beli emas Antam yang dijabarkan dengan bahasa sederhana dan cukup jelas. Penggunaan bahasa bertujuan untuk masyarakat agar semakin memahami setiap detail informasi.

Mulai dari Butik Antam yang dapat dikunjungi langsung atau lewat WhatsApp, lalu situs web resmi PT Antam TBK. Kemudian Pegadaian yang juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah pembelian hingga aplikasi investasi.

Empat cara bisa dijadikan opsi sendiri tergantung kemudahan dalam menentukan produk emas Antam dan membeli. Tidak lupa pula sejumlah tips dan syarat sebelum membeli turut dijabarkan.

Khusus tips ada baiknya digunakan alih-alih pencegahan kerugian sementara syarat untuk membantu ketika membeli. Diharapkan tidak terdapat lagi kebingungan.