free page hit counter
Cara Hitung Bunga Shopee Paylater: Biaya Keterlambatan dan Tenor. | via goodscoop.id
Cara Hitung Bunga Shopee Paylater: Biaya Keterlambatan dan Tenor. | via goodscoop.id

Cara Hitung Bunga Shopee Paylater: Biaya Keterlambatan dan Tenor

Artikel diperbarui pada 23 Mei 2023.

Sebelum mengajukan pinjaman, maka harus tahu dahulu bagaimana cara hitung bunga shopee paylater agar bisa simulasi. Jadi mengajukan shopee paylater sendiri sama dengan hutang. Jadi ada bunga yang harus dibayarkan pada setiap angsuran telah tiba. 

Untuk menghitungnya sendiri maka yang pertama harus diperhatikan adalah jumlah dari besaran bunga yang harus dibayarkan. Namun jika masih bingung, maka tak perlu khawatir. Karena di sini akan diuraikan bagaimana cara menghitung bunganya.

Tak hanya soal itu saja, namun akan diuraikan juga beberapa hal lain yang masih saling berhubungan. Sehingga dengan begini akan lebih memudahkan bagi siapa saja yang hendak mengajukan paylater. Karena itu, jangan lewatkan penjelasannya. 

Shopee Pay Later 

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghitung, maka kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai shopee paylater. Seperti yang diketahui, bahwa shopee memang menawarkan fitur berupa paylater. Atau yang juga dikenal beli sekarang bayar nanti. 

Shopee Pay later ini adalah salah satu metode pembayaran yang menang ditawarkan oleh pihak aplikasi. Metode seperti ini sendiri hampir mirip seperti melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Jadi langsung mendapatkan barang, tapi bayar nanti. 

Jadi, bila menggunakan metode pembayaran ini maka akan dikenakan biaya berupa bunga di setiap transaksinya. Bunga sendiri juga memiliki makna tergantung dari kondisi saat ini. Misalnya adalah suku bunga bank. 

Suku bunga bank adalah tanda berupa balas jasa yang diberi kepada nasabah yang telah membeli atau menjual produknya. Namun diartikan juga sebagai pembayaran yang harus dilakukan kepada nasabah yang memiliki simpanan. Atau dana yang harus dibayarkan nasabah kepada bank. 

Jadi, dengan menggunakan shopee Pay Later, maka bisa dianggap telah menggunakan fasilitas dari sana. Sehingga nantinya akan dikenakan biaya bunga karena telah menggunakan atau memanfaatkan fasilitas tersebut. Karena itu harus lebih diperhatikan. 

Cara Menghitung Bunga Paylater

Setelah mengetahui sekilas tentang Penjelasannya, maka kali ini akan diulas mengenai cara hitung bunga shopee paylater yang bisa dilakukan. Tentu sebelum menghitung, harus tahu jumlah bunga yang harus dikeluarkan. Di dalamnya juga masih ada biaya penanganan. 

Pada tahun 2020, pihak shopee sudah mengeluarkan kebijakan tentang besaran bunga yang diharuskan. Jadi setiap transaksi yang menggunakan paylater akan dikenakan bunga sebesar 2,95%. Lalu ditambah lagi dengan biaya penanganan sebesar 1 %. 

Dengan begini bisa disimpulkan, bahwa besaran bunga yang diharuskan adalah sesuai dengan dana yang digunakan. Dalam contoh kali ini yang akan digunakan adalah saat belanjaan menggunakan paylater habis 3 juta. Kemudian dengan bunga sebesar 2,95%. 

Jadi yang harus dibayarkan sebagai bunga secara keseluruhan adalah sebesar 2,95% dari 3.000.000. cara menghitungnya sendiri adalah 3.000.000×2,95% maka akan ditemukan jumlah sebesar 88.500,00. Total bunga yang harus dibayarkan adalah 88.500,00. 

Kemudian ditambah lagi dengan biaya penanganan sebesar 1 persen. Untuk menghitungnya sendiri sama seperti tadi, yakni 3.000.000×1%= 30.000. Lalu 85.500+30.000= 115.500,00. Maka bunga dan biaya penanganan secara keseluruhan adalah 115.500,00 dari jumlah pinjaman 3 juta. 

Biaya Keterlambatan Dan Pilihan Tenor 

Cara hitung bunga shopee paylater tadi adalah saat tidak ada keterlambatan nama sekali. Jadi jika mengalami keterlambatan maka user atau kreditur akan dikenakan denda yang cukup besar ketimbang bunga yang harus dikeluarkan. Berikut rinciannya. 

Jadi saat mengalami keterlambatan pembayaran atau sudah jatuh tempo, maka user akan dikenakan denda sebesar 5% dari seluruh total tagihan. Denda sebesar itu akan dikenakan per bulan. Jadi semakin ditunda, maka denda yang harus dikeluarkan cukup banyak. 

Misalnya adalah, total pembayaran yang harus dilakukan adalah 3.000.000+115.500= 3.115.500. kemudian jumlah tersebut dikali 5% atau maka sama dengan 155,755. Jadi per bulan akan dikenakan denda 155,755 + angsuran tiap bulannya sehingga jadi semakin besar. 

Kemudian untuk tenor atau jangka Pinjaman yang disediakan oleh pihak shopee paylater sendiri juga beragam. Tenor paling cepat adalah harus dilunasi dalam tempo satu bulan. Namun ada juga tenor yang bisa dipilih, antara lain 2, 3, 6 dan 12 bulan.  

Fakta Shopee Paylater 

Setelah mengetahui bagaimana cara hitung bunga shopee paylater, maka kali ini akan diuraikan beberapa fakta menarik di dalamnya. Tentunya dengan mengesampingkan bunga yang lumayan besar untuk mengajukan. Berikut adalah ulasannya. 

1. Dijamin Keamanannya

Salah satu fakta menarik dari shopee paylater adalah bahwa transaksi di dalamnya terjamin aman. Jadi tidak perlu khawatir akan ada penipuan transaksi jika melakukan pembayaran menggunakan metode ini. Karena shopee sudah bekerja sama dengan PT Commerce finance.

Poin yang bisa membuat yakin adalah karena PT Commerce finance sendiri sudah terdaftar di badan OJK. Sehingga dengan begini setiap transaksi di dalamnya juga diawasi. Jadi bisa dipastikan bahwa shopee paylater ini memang aman. 

2. Layanan Customer Service Yang Cepat

Tentunya untuk mengajukan pinjaman tak hanya bermodal referensi dari google saja. Jadi pengguna pun juga perlu melakukan konfirmasi langsung ke pihak customer service. Terlebih jika ada hal yang belum dipahami. 

Jadi jika ada yang masih belum paham, maka bisa hubungi customer service dari pihak PT Commerce finance. Yakni dengan menggunakan nomor 021) 80864285 untuk melakukan panggilan. Bisa juga melalui email dengan alamat customerservice@cmf.co.id. 

3. Cara Aktivasi Yang Mudah Dan Praktis

Kemudian fakta lainnya yang juga ditawarkan oleh shopee paylater adalah bahwa cara untuk aktivasi pinjaman ini cukup mudah dan praktis. Namun jika belum memiliki akun, maka memang harus memenuhi beberapa persyaratan di dalamnya. Seperti uraian, berikut:

  • Jadi jika belum memiliki akun shopee Paylater, maka yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar dan terverifikasi.
  • Kemudian akun harus minimal berusia tiga bulan agar bisa menggunakannya, dan juga sering digunakan dalam bertransaksi.
  • Kemudian pastikan juga bahwa aplikasi yang digunakan merupakan versi terbaru saat ini, sehingga harus di update.
  • Proses aktivasi sendiri hanya bisa dilakukan pada aplikasi Shopee dan harus menyiapkan KTP dan identifikasi wajah. 

4. Limit Akan Bertambah Jika Sering Digunakan Bertransaksi

Kemudian fakta menarik berikutnya adalah karena limit paylater dari shopee ini bisa bertambah. Limit yang bertambah ini bisa disebabkan karena sering digunakan dalam bertransaksi. Jadi semakin seru bertransaksi akan semakin untung. 

Namun pastikan juga, bahwa pembayaran kredit yang dilakukan ini harus tepat waktu. Jadi setiap bulannya akan diberikan pemberitahuan agar membayar angsuran sesuai dengan tempo yang telah diberikan. Usaha untuk membayar tepat waktu. 

Jika seperti itu, maka secara otomatis limit pinjaman akan bertambah. Namun jika pernah terkendala dalam pembayaran, maka pihak shopee sendiri akan memberikan sanksi. Seperti tidak diberikan limit pinjaman dan lainnya. 

Itu tadi adalah cara hitung bunga shopee paylater yang bisa dilakukan. Jadi nanti jumlah bunga tersebut akan dibayarkan bersamaan dengan pembayaran di setiap bulannya sesuai dengan tenor yang dipilih. Juga mengenai denda yang harus dibayarkan. 

Kemudian sudah dijelaskan juga mengenai beberapa fakta menarik dari fitur paylater yang ada di shopee. Sehingga sebelum mengajukan pencairan limit pinjaman, bisa lebih mempertimbangkan terlebih dahulu. Misalnya dari segi finansial, agar tidak sampai menunggak pembayaran.