free page hit counter

Cara Membuat Akun PayPal untuk Pribadi Maupun Bisnis

Artikel diperbarui pada 8 Mei 2023.

Cara membuat akun PayPal tergolong mudah dan cepat, sehingga banyak pengguna memilihnya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat manusia harus lebih dinamis. Salah satu teknologi yang memudahkan belanja online adalah pembayaran digital.

PayPal merupakan salah satu alat pembayaran digital untuk berbagai jenis transaksi. Ini bisa digunakan di dalam negeri atau luar negeri. Selain fitur yang mumpuni, PayPal juga memiliki tampilan modern.

Layanan ini bisa digunakan untuk belanja di marketplace dunia, seperti Amazon dan eBay. Proses pembuatannya mudah dan syarat yang diperlukan tidak akan membebani. Cari tahu informasi lainnya di sini!

Apa Itu PayPal?

PayPal adalah inovasi rekening virtual dengan aneka layanan keuangan. Pengguna bisa melakukan transfer antar akun atau pembayaran daring. Dengan ini, transaksi seakan tidak terbatas ke dalam maupun luar negeri secara digital.

PayPal menjadi bentuk sistem pembayaran yang praktis serta mudah digunakan. Hanya bermodalkan aplikasi, pengguna sudah bisa belanja online dari rumah masing-masing tanpa mengkhawatirkan biaya administrasi.

Hadir dengan sejumlah fitur unggulan, tentu saja PayPal menawarkan beberapa fungsi, seperti:

  • Berperan sebagai metode pembayaran digital bagi pengguna yang tidak ingin membuat rekening bank pribadi.
  • Menyediakan layanan praktis untuk mengirim uang, baik di wilayah yang sama maupun di negara berbeda.
  • Menerima segala bentuk pembayaran kartu kredit dengan mudah, sehingga pengguna tidak perlu mengajukan kepada pihak bank.
  • Menerima uang dari debit, kredit, maupun rekening bank lokal.
  • Dapat digunakan untuk belanja online yang tidak terbatas negara secara aman.
  • Dapat menerima mata uang asing yang bisa dicairkan ke Rupiah.

Syarat Membuat Akun Paypal

Membuat akun PayPal sangat cepat dan persyaratannya mudah. Beberapa syarat untuk membuat akun adalah sebagai berikut:

  • Melengkapi data pribadi, mulai dari nama, nomor kartu, alamat, dan lainnya.
  • Mempunyai akun email pribadi yang masih aktif.
  • Memuat nomor telepon yang mudah dihubungi.
  • Memiliki nomor rekening dari bank lokal.
  • Mempunyai kartu debit dan kredit.

Cara Membuat Akun Paypal

Setelah melengkapi semua persyaratan, langsung saja buat akun PayPal. Proses pembuatannya akan sangat mudah dan hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja. Berikut caranya.

1. Membuat Akun untuk Pribadi

Pembuatan akun PayPal pribadi biasanya digunakan untuk belanja online. Selain itu, bisa juga untuk aktivitas transaksi dengan bank luar negeri. Misalnya, jika ingin mengirim uang kepada saudara yang tinggal di negara lain.

Caranya cukup mudah, ikuti beberapa tahap berikut.

  • Pertama, buka website www.paypal.com/id/.
  • Lalu, pilih daftar sekarang 
  • Langsung saja pilih jenis akun rekening untuk pribadi, kemudian klik berikutnya.
  • PayPal mengharuskan pembuat akun untuk mengisi status kepemilikan rekening berupa penjual, belanja online, keduanya, maupun tidak yakin.
  • Kemudian, pilih berikutnya.
  • Isi nomor telepon yang aktif, lalu lakukan verifikasi.
  • Pengguna dapat mengisi data diri berupa alamat lengkap atau email.
  • Pilih setuju dan buat rekening.
  • Setelah mendapat email verifikasi, pengguna dapat melewati informasi kartu kredit. Caranya, pilih Saya akan Melakukannya Nanti.
  • Selesai! Akun PayPal sudah selesai dibuat.

2. Membuat Akun untuk Bisnis

Bukan hanya untuk pribadi, PayPal juga cocok untuk aktivitas bisnis. Dengan ini, bisnis bisa melebarkan sayap usahanya supaya lebih terkenal di mata dunia. Adanya alat pembayaran luar negeri membuat jangkauan calon pelanggan lebih luas.

Cara membuat akun PayPal untuk bisnis cukup singkat, yakni:

  • Pertama, buka website www.paypal.com.
  • Kemudian, pilih daftar sekarang dan pilih rekening bisnis.
  • Ikuti petunjuk aplikasi dan isi beberapa informasi terkait bisnis.
  • Kemudian, masukkan alamat aktif dan lakukan verifikasi.
  • Akun PayPal berhasil dibuat.

Keunggulan PayPal

Sebagai alat pembayaran digital yang banyak digunakan orang, tentu saja PayPal memiliki keunggulan. Apa saja keunggulan yang ditawarkan layanan ini?

1. Pembuatan Akun Cepat

Jika pernah membuat rekening bank, tentu tahu betapa panjangnya proses untuk mendapatkan kartu ATM dan  nomor rekening. Nasabah biasanya harus menyiapkan persyaratan terlebih dahulu, kemudian mengisi data diri, mengaktifkan fitur Internet banking, dan menunggu verifikasi. Baru setelah itu, kartu ATM bisa digunakan.

Ini sangat berbeda dengan pembuatan akun PayPal. Cukup kunjungi situs resminya. Caranya juga hampir sama seperti ketika membuat akun sosial media.

Masukan email yang masih aktif dan lakukan verifikasi. Email ini nantinya juga akan berfungsi sebagai identitas ketika hendak melakukan transaksi.

2. Bisa Kirim Uang ke Luar Negeri

Bukan hanya menawarkan kemudahan dalam cara membuat akun PayPal, fiturnya juga bisa memudahkan pengguna. Aktivitas mengirim uang ke luar negeri penting bagi sebagian orang. Ketika menggunakan PayPal, proses transfer dana ke negara lain akan lebih cepat dan fleksibel.

Cara melakukannya pun mudah, bisa melalui website resmi atau aplikasi secara langsung. Tentu ini akan menghemat waktu, sehingga tidak perlu datang ke bank secara langsung dan mengantre. Uniknya lagi, Paypal tidak mengenakan biaya administrasi sama sekali. 

3. Sistem Keamanan Mumpuni

Mengirim uang ke luar negeri mungkin membuat khawatir terkait sistem keamanannya. Jangan khawatir, Paypal menawarkan sistem keamanan tingkat tinggi sesuai standar internasional. Ketika membuat akun, akan diminta nomor rekening bank dan kartu kredit.

Nantinya, informasi tersebut yang juga akan digunakan untuk melakukan transaksi. Setelah proses ini, penggunaan tidak perlu memberikan informasi berulang kali kepada pihak lain saat hendak melakukan transaksi. Tentu ini dapat meminimalisir resiko pencurian data, peretasan, hingga penipuan.

4. Tersedia Internet Banking

Keunggulan PayPal selanjutnya adalah menawarkan layanan internet banking. Jadi, pengguna bisa melakukan aneka transaksi hanya bermodalkan ponsel saja. 

PayPal memungkinkan penggunanya untuk mengirim maupun menerima uang secara digital, sehingga lebih fleksibel. Bukan hanya transaksi, pengguna juga dapat melakukan pembayaran tagihan dan meninjau seluruh riwayat transaksi.

5. Penggunaan Mudah

Keunggulan lainnya adalah penggunaannya yang sangat mudah. Tampilan aplikasinya begitu modern dan ramah pemula. Pada dashboard akun PayPal, ada pengaturan ringkasan, setting, send payment, dan masih banyak lagi.

PayPal memang memiliki konsep sederhana karena pengguna tidak akan menemukan banyak logo untuk masuk ke fiturnya. Melainkan, langsung berbentuk tulisan yang bisa dibaca siapapun.

6. Banyak Diskon

Terakhir, PayPal kerap memberikan promo menarik bagi para penggunanya. Semakin loyal, maka akan semakin banyak pula diskonnya. Biasanya, diskon akan diberikan berupa potongan harga saat berbelanja di toko online yang bekerjasama dengan alat pembayaran digital ini.

Tentu promo sangat disukai masyarakat Indonesia karena bisa membuat belanja menjadi lebih hemat. Biasanya, PayPal akan menampilkan kode promosi khusus yang bisa dimasukkan ke website e-commerce.

PayPal merupakan bentuk inovasi dari alat pembayaran digital yang paling canggih. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk menerima atau mengirim uang dari dalam negeri maupun luar negeri. Reviewnya sangat baik di berbagai tempat pengunduhan.

Apalagi, PayPal menawarkan banyak sekali keunggulan yang membuatnya menjadi primadona. Fungsinya beragam dan sesuai dengan kebutuhan layanan transaksi era modern ini.

Cara membuat akun PayPal sangat praktis dan cepat, bahkan bisa dilakukan dari mana saja. Layanan PayPal cocok untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Ini akan membuat segala bentuk transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan tentunya aman.