free page hit counter

Ternyata Inilah Jenis Investasi Paling Aman dan Pastinya Sangat Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 10 Mei 2023.

Saat ini banyak yang melakukan pencarian terkait jenis investasi paling aman untuk dicoba. Semua itu dilakukan untuk mencari keuntungan dan menambah pundi-pundi rupiah guna memenuhi kebutuhan. Seperti yang dirasakan jika semakin maju zaman, kebutuhan juga bertambah.

Jadi tidak heran banyak orang saat ini melakukan berbagai investasi untuk menambah penghasilan. Namun dalam melakukan investasi ini, seseorang juga perlu memilih dan berhati-hati. Hal itu dikarenakan ada juga investasi yang bukan mendatangkan keuntungan.

Akan tetapi malah membuat pada investornya merugi karena ditipu. Biasanya hal itu terjadi karena penawaran yang diajukan begitu menggiurkan. Penjelasan lebih detail, lebih baik simak dan baca ulasan yang ada di bawah ini:

Mengenal Investasi

Bagi penduduk kota besar, mungkin kata investasi sudah sering terdengar di telinga. Serta mungkin saja sudah memahami akan maknanya. Namun, bagi orang yang tingga di daerah terpencil, tidak menutup kemungkinan masih belum paham apa itu investasi.

Dimana investasi sendiri artinya yaitu menanam modal berupa uang atau lainnya pada sebuah proyek perusahaan mendapatkan keuntungan. Sedangkan pengertian investasi jika menurut OJK yaitu sebuah modal yang memiliki jangka waktu panjang untuk pengadaan aktiva guna mendapatkan keuntungan.

Seseorang bisa melakukan investasi ini dengan cara pribadi atau juga dapat melalui orang lain. Orang yang melakukan investasi baik itu secara pribadi atau melalui pihak ketiga ini biasanya memiliki tujuan tertentu seperti berikut:

  • Mendapat Passive Income. Orang yang melakukan investasi pastinya ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus melakukan apapun.
  • Mengembangkan Bisnis. selain untuk menambah penghasilan, dengan melakukan investasi seseorang bisa mengembangkan bisnisnya.
  • Jaminan dalam Bisnis. Dengan melakukan investasi di suatu perusahaan atau juga proyek, maka kemungkinan bisa dijadikan jaminan dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Jenis Investasi Paling Aman dan Terpercaya

Semakin majunya teknologi dan zaman saat ini, membuat banyak jenis investasi yang bisa dilakukan seseorang. Namun dengan banyaknya jenis investasi yang bermunculan, seseorang perlu untuk berhati-hati. Hal itu dikarenakan saat ini banyak sekali penipuan.

Sebenarnya ada beberapa yang masuk dalam kategori jenis investasi paling aman dan terpercaya yang bisa dicoba. Serta pastinya investasi ini akan mendatangkan keuntungan bagi para investornya. Dimana jenis investasi tersebut yaitu seperti berikut:

1. Emas

Semua orang pasti kenal dengan namanya emas. Dimana barang ini adalah favorit para wanita. Emas ini merupakan jenis investasi paling aman dan pastinya sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Hal itu dikarenakan emas harganya tidak terpengaruh dengan inflasi.

Jadi membuat harga logam mulia satu ini cenderung naik. Serta yang menjadi nilai plus untuk barang satu ini yaitu, mudah untuk dicairkan. Bahkan saat ini emas bukan hadir sebagai perhiasan saja, tetapi juga ada yang batangan kecil dengan harga yang terjangkau.

2. Saham

Investasi yang sering dilakukan banyak orang lainnya yaitu saham. Dimana sebenarnya investasi jenis ini lebih besar resikonya. Jadi bagi seseorang yang masih baru di dunia investasi, saham kurang cocok untuk dijadikan passive income.

Namun bukan berarti tidak bisa, hal itu dikarenakan saat ini, banyak sekali tutorial yang menjelaskan dasar-dasar dari saham. Hal itu pastinya sangat berguna bagi para pemula untuk mempelajarinya agar dapat berinvestasi dengan aman.

3. Properti

Jika ingin mencoba untuk melakukan investasi, juga bisa dengan properti. Investasi jenis ini cukup diminati saat ini di tengah masyarakat. Hal itu dikarenakan cukup menjanjikan dan nilainya selalu naik setiap tahunnya. Jadi sudah pasti hal itu akan dapat menguntungkan investor.

Namun jika seseorang melakukan investasi properti ini, maka jangka waktu yang dibutuhkan akan sangat panjang. Jadi tidak cocok jika digunakan untuk seseorang yang membutuhkan income yang cepat dalam waktu yang singkat.

4. Reksadana

Jenis investasi paling aman lainnya yang bisa dicoba yaitu reksadana. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui jika reksadana ini merupakan wadah untuk menampung dana masyarakat. Dimana dana tersebut dikelola oleh badan hukum yang ada di indonesia.

Dana para investor yang ada pada wadah ini nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen pasar uang, saham, atau juga obligasi. Sepanjang 2022 dan 2023 ini, reksadana merupakan investasi yang aman dan terpercaya serta yang pasti adanya keuntungan.

5. Deposito

Investasi yang aman dan juga pastinya akan mendatangkan keuntungan bagi investornya yaitu deposito. Menabung pada Bank merupakan investasi yang menjanjikan. Namun deposito ini berbeda dengan menabung biasa walau sama-sama dilakukan pada Bank.

Hal itu dikarenakan seseorang yang investasi deposito, hanya bisa mencairkan dana dalam waktu yang telah ditentukan. Sedangkan seseorang yang menabung biasa pada Bank, dapat dicairkan kapan saja dengan cepat ketika dibutuhkan.

6. Cryptocurrency

Saat ini juga ada cryptocurrency yang bisa dicoba oleh seseorang yang ingin melakukan investasi namun ada jaminan keamanannya. Mata uang kripto ini saat ini banyak sekali diincar oleh semua orang setelah hadirnya bitcoin di tahun 2008 silam.

seseorang yang melakukan investasi mata uang kripto ini, tidak memerlukan bantuan bank dalam prosesnya. bahkan jenis mata uang kripto yang bisa dijadikan investasi juga beragam seperti Bitcoin, Dodge, Litecoin, Eos, dan juga Ethereum.

7. SUN atau Surat Utang Negara

Jenis investasi paling aman dan terpercaya lainnya yang dapat dicoba yaitu SUN. Meski jenis investasi satu ini kurang diminati oleh masyarakat. Namun SUN ini, adalah jenis investasi yang sangat menguntungkan bagi investornya dan pastinya aman untuk dilakukan.

Hal itu karena SUN ini surat yang telah diakui oleh negara untuk pengakuan hutang dengan jaminan bayar utang bunga dan pokok. Dimana maksudnya investor sebagai pemilik uang yang dipinjamkan ke negara atau pemerintah.

Tips Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Jika seseorang ingin melakukan investasi, perlu melakukan pertimbangan terlebih dulu. Apalagi perlu untuk mengetahui tipsnya sebelum mengambil keputusan untuk melakukan investasi pada salah satu jenis. Adapun tips yang harus diketahui dan dipahami yaitu sebagai berikut:

  • Pahami Konsep Investasi. Sebelum mencoba untuk melakukan investasi, seseorang perlu mengetahui konsepnya terlebih dahulu. sebenarnya bukan hanya mengetahui, tetapi juga harus dipahami secara mendalam.
  • Disiplin investasi. Jika sudah terjun menjadi investor, maka orang tersebut harus rutin atau disiplin dalam melakukan investasi. Tujuannya sudah pasti agar pendapatan yang diterima juga mengalami kemajuan.
  • Memiliki Tujuan yang Jelas. Selain itu, seseorang perlu memiliki tujuan yang jelas dulu untuk melakukan investasi. jangan melakukan investasi karena mengikuti orang lain. Tujuannya agar bisa konsisten dan menjadi semakin maju bisnisnya.

Demikianlah tadi penjelasan seputar jenis investasi paling aman dan terpercaya untuk dicoba. Jika memang berminat melakukan investasi, maka seseorang perlu memahami terlebih dulu apa itu maknanya dan juga dasar-dasar lainnya.

Namun di jaman modern ini tidak perlu bingung, karena sudah banyak video tutorial ataupun penjelasan mengenai investasi itu sendiri yang beredar luas. Jadi jika seseorang memang serius untuk melakukan investasi, maka bisa mempelajarinya dengan mudah.

Selain itu, di atas juga telah dijelaskan tips-tips yang bisa menjadi acuan sebelum seseorang melakukan investasi. Salah satunya yaitu jangan melakukan investasi karena mengikuti orang lain. hal itu dikarenakan bisa saja, investasi akan berhenti ditengah jalan dan tidak sesuai dengan harapan.