free page hit counter

Simak 7 Tips Investasi Emas Batangan, Dijamin Untung!

Artikel diperbarui pada 26 April 2023.

Tips investasi emas batangan dapat membuat tujuan investasi mudah tercapai. Investasi emas sendiri merupakan kegiatan menghimpun dana dalam bentuk logam mulia. Tentu saja harapannya agar bisa mendapatkan kenaikan nilai di masa mendatang.

Investasi emas cukup populer, karena nilainya cenderung stabil dan bisa dijadikan investasi jangka panjang. Selain itu, pergerakan emas juga bisa dilihat dengan mudah melalui pertukaran nilai dollar.

Jenis investasi emas juga beragam, namun yang paling banyak adalah emas batangan atau emas dalam bentuk saham. Menghimpun dana dalam bentuk emas memang memiliki keuntungan.

Namun, tentu ada resikonya yang membuat investor harus berhati-hati. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips investasi emas pada artikel ini.

Tips Investasi Emas Batangan

Dalam berinvestasi emas batangan, investor harus mempunyai strategi. Tentu strategi perlu agar tujuan investasi dapat tercapai dengan maksimal. Apa saja tips investasi emas, khususnya emas batangan?

1. Tetapkan Tujuan Investasi

Setiap orang pasti memiliki tujuan investasi tersendiri. Sebelum memilih investasi emas, tetapkan tujuannya terlebih dahulu agar bisa menjadi metrik keberhasilan investasi.

Misalnya, tujuan investasi adalah untuk ibadah haji, biaya pendidikan, atau dana darurat di masa depan. Apapun tujuannya, yang jelas rincikan tujuan tersebut pada kertas atau notes HP.

Menentukan tujuan juga bisa membuat investor lebih semangat dalam berinvestasi. Selain itu, tujuan juga dapat memudahkan investor memperkirakan berapa berat emas yang dibutuhkan agar nilainya cukup untuk mencapai target di masa mendatang.

Jika tujuannya adalah untuk membayar pendidikan anak seharga Rp100 juta, maka kira-kira perlu membeli emas 120 gram. Biaya tersebut diharapkan akan tersedia 10 tahun mendatang. Setiap bulannya, investor bisa membeli emas 1 gram.

2. Perhatikan Tingkat Kemurnian Emas

Selanjutnya, penting untuk memperhatikan tingkat kemurnian emas. Investasi emas batangan sendiri bisa menggunakan emas murni atau emas campuran logam lain. Tentu saja harga emas murni jauh lebih tinggi daripada campuran.

Tingkat kemurnian emas sendiri bervariasi, ada yang 18 karat, 22 karat, atau 24 karat. Namun, biasanya emas batangan 24 karat lebih disukai dan laku di pasaran.

Emas 24 karat adalah emas murni yang tidak terkandung campuran logam lain. Sedangkan, emas 18 karat terdiri dari 18 bagian emas dan 6 logam lain.

3. Beli di Tempat Terpercaya

Tips investasi emas batangan selanjutnya adalah membeli di tempat terpercaya. Saat ini, banyak toko emas atau perusahaan yang menawarkan emas batangan dengan harga beragam. Jangan sampai tergiur dengan harga emas yang murah karena bisa jadi itu penipuan.

Ingat, pergerakan harga emas bergantung pada nilai tukar dollar di bank Amerika Serikat. Maka dari itu, nilainya tidak mudah berubah turun. Sebaiknya, beli emas di tempat terpercaya, misalnya toko emas langganan.

Saat ini, marak juga peredaran emas di toko online yang belum memiliki kredibilitas. Beli saja emas batangan dari lembaga terpercaya yang sudah diawasi OJK agar keasliannya lebih terjamin.

4. Tentukan Ukuran

Selanjutnya, penting untuk menentukan ukurannya. Emas batangan memiliki ukuran yang banyak, mulai dari beberapa gram sampai 1 kg. Investor bebas menentukan ukuran mana yang paling sesuai.

Bila investasi emas hanya sebagai dana darurat saja, maka sebaiknya beli yang gramnya kecil. Namun, bila memang ada tujuan penting yang hendak dicapai, sebaiknya pilih emas dengan gram besar.

Ini akan memudahkan investor dalam menjualnya nanti saat sedang membutuhkan, karena objeknya hanya sedikit saja. Selain itu, ketika membeli dalam jumlah besar, harganya akan jauh lebih terjangkau daripada membeli emas berukuran kecil.

5. Bandingkan Harga Emas

Saat ini, banyak perusahaan resmi yang menjual produk emas murni untuk keperluan investasi. Maka dari itu, tips investasi emas batangan selanjutnya adalah membandingkan harga. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Pantau harga emas di PT ANTAM, Galeri 24, PT UBS, dan lainnya. Setiap perusahaan tentu menawarkan harga berbeda. Investor bisa membandingkannya untuk mendapat keuntungan lebih tinggi, karena harga jualnya nanti akan sama.

6. Beli Emas Ketika Harga Turun

Membeli emas tidak dapat dilakukan secara sembarang. Penting untuk memiliki strategi dan taktik yang tepat. Jadi, jangan melakukan pembelian asal yang justru beresiko di kemudian hari.

Pantau harga emas yang beredar di pasaran terlebih dahulu. Selain itu, usahakan untuk memperhatikan harga emas batangan di luar negeri juga agar bisa menyesuaikan harga dengan emas lokal.

Lakukan analisis secara mendalam dan hitung manajemen resikonya. Saat harga emas batangan mulai turun, barulah lakukan pembelian. Ini bertujuan agar tujuan investasi segera tercapai dan kemungkinan mendapatkan penghasilan besar lebih tinggi.

7. Pikirkan Tempat Penyimpanan

Mengoleksi emas batangan memang cukup beresiko karena harus ada tempat penyimpanan yang layak. Apalagi, peranan emas sebagai barang mewah cukup memancing aneka tindak kejahatan.

Sebagai investor, tips investasi emas batangan yang terpenting adalah melindungi emas dari segala bentuk kerusakan.

Pastikan tempat penyimpanannya bersih agar warna emas tidak berubah, tumbuh jamur, atau berkarat. Investor bisa melakukan penyimpanan di kotak brankas dengan tingkat keamanan tinggi.

Kemudian, simpan kotak tersebut di tempat yang tersembunyi agar terhindar dari perampokan. Jauhkan juga dari jangkauan anak kecil agar tidak terjadi hal negatif.

Bila ingin lebih aman, investor dapat melakukan penyimpanan di lembaga keuangan. Manfaatkan safe deposite box dengan membayar biaya tahunan sesuai ketentuan.

Keunggulan Investasi Emas Batangan

Emas bisa menjadi bukti investasi nyata karena dapat menjaga nilainya dalam kurun waktu ribuan tahun. Bahkan, nilai emas tetap meningkat walaupun ada krisis politik dan ekonomi. Banyak perusahaan menawarkan program investasi emas batangan karena beberapa keunggulan, seperti:

  • Bisa menjadi alat tukar yang sah ketika terjadi krisis ekonomi.
  • Penggunaannya sebagai dana darurat bila ada keperluan mendesak.
  • Investasi emas batangan tidak akan dikenakan bunga.
  • Terbilang lebih aman karena mampu meminimalisir segala resiko inflasi dan bertahan dari suku bunga tinggi.
  • Bisa menghasilkan keuntungan yang sangat melimpah karena memang sejak zaman dahulu harga emas cenderung stabil dan meningkat.
  • Investor lebih leluasa dalam mencairkan uang dan hasilnya cepat.
  • Bisa melindungi kekayaan investor.
  • Memiliki resiko investasi yang lebih kecil, sehingga cocok untuk investor pemula yang masih baru belajar.

Emas batangan merupakan logam mulia dalam bentuk batang yang memiliki nilai tukar. Variasi emas batangan cukup banyak, mulai dari 22 karat sampai 1 kg. Besaran kandungan emas di dalamnya tentu saja menentukan harga jualnya.

Dibandingkan dengan instrumen investasi lain, emas batangan cenderung paling aman. Ini dikarenakan pergerakannya sangat stabil dan berlandaskan pada nilai tukar dollar di bank sentral Amerika Serikat. Selain itu, harga emas batangan juga cenderung naik dari tahun ke tahun.

Berbagai keunggulan bisa dinikmati investor selama memahami tips investasi emas batangan. Sebaiknya, pilih tempat penyimpanan yang aman agar emas tidak rusak atau dicuri. Beberapa tahun mendatang, harga emas batangan akan lebih tinggi lagi. Maka, jangan sampai melewatkan keuntungannya.