free page hit counter

10 Layanan Pinjaman Online Tanpa Kartu Kredit yang Aman, Sudah Diawasi OJK!

Artikel diperbarui pada 30 April 2023.

Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari. Seperti yang diketahui, mencari uang di masa kini bukanlah hal yang mudah. Perlu perjuangan dan usaha lebih keras untuk dapat meraup pundi-pundi uang.

Karena kondisi yang mendesak, beberapa orang memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online. Kebanyakan layanan pinjol menawarkan kemudahan, karena hanya bermodalkan identitas KTP dan foto selfie. Nominal yang bisa dicairkan juga bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing layanan.

Pinjaman online menyediakan banyak fitur unggulan yang akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dana bantuan. Layanannya biasa berbasis aplikasi dengan ukuran kecil yang bisa diunduh secara resmi. Berikut ini daftarnya.

1. IndoDana

Pertama, ada layanan pinjol IndoDana. Nama aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi yang sering bergelut di dunia pinjol. IndoDana merupakan aplikasi yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan syarat tertentu.

Aplikasi yang sudah ada sejak 2017 lalu berada di bawah pengawasan OJK pada tahun 2018. Produk pinjaman yang ditawarkan IndoDana cukup beragam, mulai dari cicilan berbunga 0% sampai pilihan tenor pinjaman mencapai 3 bulan.

Selain itu, IndoDana juga menawarkan kemudahan pinjaman tanpa kartu kredit dengan tenor pinjaman 12 bulan. Dana yang bisa diberikan juga cukup besar, mulai dari Rp1 juta sampai Rp12 juta.

Uniknya lagi, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mencicil belanja online di berbagai platform. Apalagi, untuk pengguna aplikasi LinkAja. Bisa langsung melakukan cicilan, karena aplikasinya tersambung dengan IndoDana.

2. UangMe

Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit selanjutnya adalah UangMe. Layanan P2P ini dikembangkan oleh anak muda dalam negeri pada tahun 2018 lalu. Jangan khawatir, UangMe sudah mendapat izin dari OJK, sehingga aman dan bersifat legal.

Produk pinjamannya beragam, mulai dari dana tunai sampai paylater. Selain itu, tersedia juga layanan lender bagi siapapun yang ingin menghasilkan uang tambahan.

Nominal pinjamannya bervariasi, mulai dari Rp400 ribu sampai Rp20 juta. Tentunya tenornya juga berbeda-beda, ada yang 91 hari sampai 120 hari. Bunga yang harus dibayarkan cukup tinggi, yakni 21.9% setiap tahunnya.

3. Jenius

Pada dasarnya, Jenius merupakan aplikasi bank digital yang ada sejak tahun 2016. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aneka aktivitas perbankan secara digital, mulai dari menabung, mencatat keuangan, sampai melakukan transaksi.

Seiring berjalannya waktu, Jenius menghadirkan fitur baru bernama Flexi Cash. Fitur ini memberikan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp200 juta. Tenor pinjamannya juga cukup lama, mulai dari 1 – 36 bulan.

Sementara itu, bunga yang harus dibayarkan adalah 1.75% saja dan tidak membutuhkan kartu kredit. Untuk melakukan pinjaman di aplikasi ini, peminjam harus berusia lebih dari 21 tahun. Selain itu, lampirkan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku.

4. Kredivo

Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang keempat adalah Kredivo. Ini merupakan aplikasi kartu kredit digital yang menyediakan layanan paylater dan memberikan pinjaman dana tunai.

Namun, kebanyakan pengguna memanfaatkan Kredivo untuk belanja di e-commerce dengan cara mencicil. Bunga yang ditawarkan platform pinjaman online ini sangat rendah. Sistem tingkat keamanannya juga hampir mirip dengan bank, sehingga pengguna tidak perlu cemas.

Nominal yang bisa dipinjamkan mulai dari Rp1.5 – Rp30 juta. Tenor pinjamannya pun bervariasi, mulai dari 3 bulan – 12 bulan. Untuk bunga, Kredivo hanya mengenakan bunga sebesar 2.95%.

5. AkuLaku

Selanjutnya, ada AkuLaku. Pinjaman online ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan cara mencicil di merchant yang menjalin kerja sama. Syarat mengajukan pinjamannya sangat sederhana, yakni memiliki KTP.

Bila pinjaman disetujui, pengguna bisa langsung kredit di Bukalapak, Blibli, Tokopedia, dan lainnya. Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit ini menyediakan limit pinjaman mencapai Rp20 juta dengan tenor 1-15 bulan.

Untuk cicilan tanpa kartu kredit, pengguna harus membayar down payment sebesar 15% terlebih dahulu. Kemudian, setiap cicilan akan dikenakan bunga 1-40%.

6. HomeCredit

Berikutnya, bisa menggunakan HomeCredit. Layanan pinjaman online ini menawarkan bunga yang sangat kecil, bahkan bisa 0% setiap bulannya. Untuk mengajukan cicilan tidak memerlukan kartu kredit, cukup KTP dan dokumen lainnya, seperti buku tabungan atau kartu keluarga.

Dana tunai yang bisa diberikan HomeCredit mulai dari Rp750 ribu sampai Rp20 juta. Tenor pinjamannya pun beragam, mulai dari 10-18 bulan. Selain itu, pengguna juga bisa belanja di merchant yang sudah bekerja sama dengan HomeCredit.

7. Julo

Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit selanjutnya adalah Julo. Layanan ini akan memberikan dana tunai yang langsung cair dengan syarat mudah. Cukup unduh aplikasinya pada ponsel  kemudian unggah data pribadi dan tunggu proses verifikasi.

Uang tunai akan masuk dalam waktu 1×24 jam. Untuk melakukan peminjaman uang di Julo, pengguna harus berusia 21-60 tahun. Selain itu, harus mempunyai pendapatan minimal Rp2 juta per bulan.

Pinjaman yang diberikan Julo mulai dari Rp500 ribu sampai Rp15 juta. Tenornya cukup beragam, mulai dari 3 bulan sampai 9 bulan. Untuk bunganya, berkisar di angka 4-7% setiap bulan.

8. RupiahCepat

Sesuai namanya, pinjaman online tanpa kartu kredit ini akan memberikan dana tunai dengan cepat. Syaratnya sangat mudah, hanya membutuhkan identitas pribadi seperti KTP. Untuk meminjam dana di platform ini, pastikan sudah berusia 21 tahun lebih.

Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp400 ribu sampai Rp5 juta. Untuk tenor pinjamannya adalah 90 hari – 1 tahun. RupiahCepat menawarkan bunga sampai 24% per tahun.

9. DompetKilat

Untuk layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang kesembilan adalah DompetKilat. Syarat utamanya adalah sudah berusia di atas 18 tahun dan mempunyai penghasilan.

Dana tunai dari DompetKilat bisa dimanfaatkan untuk modal usaha, kredit motor, biaya pengobatan, hingga pelunasan hutang. Limit pinjaman yang ditawarkan memang tergolong minim, hanya maksimal Rp2.000.000.

Namun, tenor pinjamannya cukup lama, yakni 30 hari. Sementara, bunganya sangat rendah, yakni 0.1% saja per hari.

10. ModalKu

Dari namanya, terlihat jelas jika orientasi aplikasi ini adalah untuk pendanaan modal usaha. ModalKu akan menghubungkan beberapa UMKM yang berpotensi untuk berkembang pesat agar mendapat dukungan dana.

Nominal pinjamannya bervariasi, namun bisa mulai dari Rp100.000. Untuk tenor pinjamannya adalah 1-24 bulan. Bukan hanya di Indonesia, ModalKu sudah hadir di negara lain, seperti Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Jangan khawatir soal keamanan ModalKu, karena sudah diawasi oleh OJK. Bunga yang ditawarkan pun cukup rendah, yakni 17% setiap tahunnya.

Kemudahan dalam meminjam uang di era modern ini harus dimanfaatkan secara bijaksana. Ingat, jangan pernah meminjam uang semata-mata karena kesenangan. Jika tidak mendesak, jangan pernah gunakan layanan pinjaman online yang memberikan risiko cukup tinggi ini.

Selain itu, pastikan layanan pinjol aman dan sudah mendapat izin dari OJK. Memilih layanan terpercaya penting untuk meminimalisir resiko peminjaman dan kenaikan bunga yang tidak wajar, serta adanya debt collector ilegal yang mungkin mengganggu hidup sehari-hari.

Layanan pinjaman online tanpa kartu kredit kini semakin beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Jumlah bunga yang ditawarkan juga bervariasi. Bahkan, limitnya cukup besar, tergantung alasan peminjaman dan tingkat loyalty peminjam.