free page hit counter
cara mencairkan saldo paylater

Cara Mencairkan Saldo Paylater dalam Berbagai Platform

Artikel diperbarui pada 5 Mei 2023.

Cara mencairkan saldo paylater terus dicari seiring dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap dunia paylater. Siapa yang tidak tertarik dengan konsep beli sekarang bayar nanti? Tentu kehadiran paylater memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam hidup manusia.

Apalagi, saat ini mencari uang bukanlah hal yang mudah. Di tengah kesulitan, masyarakat harus tetap mencari cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itulah yang menjadi landasan mengapa penggunaan paylater semakin marak.

Platform yang menyediakan fitur paylater juga semakin bertambah. Mulai dari Shopee, Ovo, Tokopedia, Traveloka, dan lain sebagainya. Masing-masing tentu memiliki cara pencairan saldo tersendiri dan biasanya tidak berbentuk uang tunai ke rekening.

Cara Mencairkan Saldo Paylater

Penggunaan payalater di kalangan masyarakat semakin ramai. Ini karena cara pencairan saldonya yang mudah. Bagaimana cara mencairkan saldo di semua bentuk paylater? Simak berikut ini.

1. Mencairkan Saldo Shopee Paylater

Paylater yang paling terkenal adalah dari Shopee. Shopee sendiri merupakan platform e-commerce yang memberikan kemudahan dalam belanja online. Namun, sebenarnya fitur paylater bisa dicairkan menjadi uang tunai ke rekening.

Untuk melakukannya, siapkan dua HP untuk akun toko dan akun paylater. Pastikan layanan Shopee paylater bisa digunakan dan sudah aktif. Di sisi lain, pastikan akun toko sudah mendukung pembayaran melalui Shopee Paylater.

Resiko kegagalan terhadap cara ini memang ada, namun cara ini menjadi yang paling tepat bila ingin mencairkan Shopee Paylater tanpa bantuan gestun. Berikut cara mencairkan saldo paylater keluaran Shopee:

  • Pertama, buka akun Shopee Seller, kemudian masukkan produk dengan harga jual sesuai uang yang ingin dipinjam.
  • Kemudian, beralihlah ke akun pembeli dan beli produk sendiri di akun seller. Lakukan pembelian dengan metode pembayaran Shopee Paylater dan pilih tenor pinjamannya.
  • Bila produk sudah tiba ke alamat tujuan, langsung klik pesanan diterima agar saldo bisa cair ke akun seller.
  • Buka kembali akun seller dan tarik saldo dari hasil penjualan.

Cara ini bisa dilakukan jika yang dibutuhkan dari paylater adalah uang tunai langsung ke rekening. Namun, jika memang tujuannya adalah untuk belanja kebutuhan dengan paylater, maka bisa memilih toko lain.

2. Mencairkan Saldo Paylater Gopay

Gopay merupakan alat pembayaran milik perusahaan ojek online terbesar karya anak bangsa, Gojek. Seiring berjalannya waktu, Gopay turut menjawab keluhan masyarakat dengan menghadirkan fitur paylater.

Layanannya tidak terbatas pada Gojek saja. Gopay PayLater juga memungkinkan pengguna untuk mencicil barang melalui Tokopedia, Blibli, dan lainnya.

Pencairan saldo paylater Gopay ini memang tidak dapat masuk ke rekening secara langsung. Tapi, pengguna bisa memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan tertentu. Berikut caranya jika ingin mencairkan saldo lewat Tokopedia.

  • Pertama, buka aplikasi Tokopedia dan pastikan fitur Gopay paylater sudah aktif.
  • Kemudian, pilih produk yang diinginkan dan ganti metode pembayaran dengan paylater Gopay.
  • Pilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial.
  • Kemudian, klik Lanjutkan dan verifikasi pembayaran.
  • Setiap bulannya, akan ada tagihan pembayaran yang masuk melalui notifikasi Gopay. Lakukan pembayaran sesuai perjanjian agar riwayat paylater lancar.

3. Mencairkan Saldo Paylater Allo Bank

Allo Bank merupakan bank digital yang bisa memudahkan nasabah dengan berbagai aktivitas keuangan digital. Mulai dari kemudahan transaksi, menabung, cash instant, sampai paylater. Selain itu, nasabah juga akan mendapat fasilitas paylater dengan limit mencapai Rp100 juta.

Proses pembayarannya pun mudah dan bisa dilakukan lewat cicilan tiap bulan. Tenor pinjaman yang bisa dipilih adalah 1 sampai 12 bulan. Keunggulan paylater Allo Bank adalah saldo bisa diubah dalam bentuk uang tunai.

Penarikannya juga sangat mudah, cukup melalui QRIS dan bisa tarik di seluruh ATM di Indonesia. Cara mencairkan saldo paylater menggunakan Allo Bank adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka aplikasi Allo Bank dan klik apply paylater.
  • Lengkapi formulir dan dokumennya.
  • Kemudian, tunggu proses persetujuan. Tim akan melakukan verifikasi data dan menampilkan informasi persetujuan limit.
  • Bila sudah disetujui, pengguna dapat langsung memakai limit kreditnya untuk belanja di merchant yang bekerja sama dengan Allo Bank. Atau bisa juga menarik limit dalam bentuk uang tunai.
  • Untuk menarik limit via ATM, caranya datang ke ATM terdekat.
  • Kemudian, pilih menu tarik tunai di aplikasi dan pilih penarikan tanpa kartu.
  • Masukkan jumlah atau nominal limit yang ingin ditarik.
  • Qris akan muncul, kemudian scan menggunakan aplikasi Allo Bank.
  • Kembali ke aplikasi dan scan QR yang muncul.
  • Bila datanya sudah benar, tekan confirm dan masukkan PIN ATM.
  • Klik selesai bila transaksinya berhasil.

4. Mencairkan Saldo Paylater AkuLaku

Selain Allo Bank, paylater yang bisa ditarik menjadi uang tunai adalah AkuLaku. Pada dasarnya, AkuLaku merupakan platform pinjam online yang aman dan sudah diawasi oleh OJK. Limit pinjaman yang ditawarkan beragam dengan tenor mulai dari 1 – 12 bulan.

Cara mencairkan saldo AkuLaku menjadi uang tunai bisa memanfaatkan KTA Asetku. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut:

  • Pertama, instal dan buka aplikasi AkuLaku.
  • Lalu, pilih menu Keuangan dan masuk ke KTA Asetku.
  • Klik Ajukan Sekarang, kemudian lakukan verifikasi dan tunggu beberapa saat.
  • Bila pengajuan pinjaman diterima, dana pinjaman akan masuk langsung ke rekening yang terdaftar di AkuLaku.
  • Dari situ, pengguna dapat mengecek saldo rekening dan akan bertambah sesuai nominal pinjaman.

Keunggulan Paylater

Paylater merupakan fitur transaksi yang banyak digunakan masyarakat untuk pembelian online. Fitur ini menawarkan konsep unik, yakni beli dulu dan bayar nanti. Dengan kata lain, keberadaan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencicil sesuatu.

Menurut survei dari Katadata pada tahun 2022 lalu, fitur paylater digunakan lebih dari 56% pengguna e-commerce. Melihat angka ini membuktikan bahwa paylater dapat membantu memberikan pengalaman belanja yang mudah. Apa saja keunggulan menggunakan paylater?

  • Kehadiran fiturnya membuat transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Jika ingin menggunakan paylater untuk membeli sesuatu, cukup ganti metode pembayarannya saja. Bahkan, cara mencairkan saldo paylater ke rekening juga mudah.
  • Bisa membantu masyarakat yang sedang dalam keadaan mendesak jika kondisi keuangan tidak stabil.
  • Menawarkan berbagai diskon dan promo menarik, bisa berupa cashback, gratis ongkos kirim, potongan harga, dan lainnya.
  • Membantu perubahan dunia ke arah digital karena bisa meminimalisir penggunaan uang cash.
  • Cocok untuk digunakan berbagai kalangan, karena untuk mengaktifkannya tidak ada persyaratan khusus seperti minimal gaji.

Kehadiran paylater memang bisa berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Apalagi, saat ini masyarakat butuh sesuatu yang cepat dan dinamis. Ini juga menjadi bukti nyata bahwa dunia sudah berubah dan manusia memasuki fase dunia modern yang canggih.

Meskipun begitu, penggunaan paylater tetap memiliki resiko dan kelemahan. Maka dari itu, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakan paylater. Jangan sampai terjebak hutang hanya karena ingin memenuhi gaya hidup atau keinginan saja.

Cara mencairkan saldo paylater yang sudah dijelaskan di atas mudah untuk diikuti. Penuhi syaratnya terlebih dahulu agar proses pencairannya menjadi lebih cepat. Ingat, gunakan paylater dengan bijaksana agar tidak terjerumus dan terlilit hutang.