free page hit counter

5 Dosa Bisnis Online yang Sering Dilakukan Pemula

Artikel diperbarui pada 25 April 2023.

Kamu pasti pernah melakukan kesalahan dalam bisnis online yang baru saja digeluti. Namun jangan bersedih karena bagi pemula, trial and error itu hal wajar.

Tapi ada yang harus dipahami ketika bisnis baru dimulai, terlalu banyak melakukan kesalahan juga bikin putus asa duluan. Padahal bisnis baru dimulai dan belum mendapatkan keuntungan sama sekali.

Harapan yang terlalu tinggi hanya akan membuat sakit bila terjatuh bertubi-tubi. Berharap sukses bisnis boleh saja, tapi harus juga melihat kompetensi dan kemampuan diri. Perlu introspeksi untuk menimbang mustahil tidaknya target untuk tercapai.

Memahami Bisnis Online dan Tanda-Tanda Kesalahannya

Bisnis merupakan kegiatan berwirausaha untuk memperoleh pengembalian modal dan keuntungan. Sedangkan bisnis online, kegiatannya dilakukan semuanya melalui media internet.

Saat melakukan kesalahan anggap saja sebagai tahap darurat untuk memahami situasi bisnis. Terkadang kesalahan ini dapat disadari karena terlalu antusias berbisnis.

Berikut tanda-tanda kesalahan dalam bisnis online yang penting. Perlu diwaspadai sejak ini sehingga dapat memperoleh alternatif penyelesaian masalah segera.

1. Toko Online Terasa Sepi

Pada awal-awal membuka toko, sepi itu wajar. Tapi kalau sepinya terjadi dalam tempo waktu sangat lama, berarti ada kesalahan. Biasanya yang terjadi yaitu karena tampilan desain toko kurang menarik dalam display produknya.

2. Tidak Ada Followers dan Visitor

Tiadanya pengikut dan pengunjung juga menjadi faktor kegagalan dalam bisnis online. Sebab dari keduanya transaksi dilakukan. Jika tidak ada mereka tentu artinya tidak ada yang membeli barang dagangan.

3. Gagal Menyesuaikan Algoritma

Sebuah toko online di marketplace, akun media sosial maupun website landing page bisa sulit diakses karena tidak mampu mengikuti algoritma. Terlalu banyak bug ditemukan namun belum ada solusinya.

4. Popularitas Semakin Surut

Setitik kesalahan dalam bisnis online bisa membuat popularitas surut. Dari yang tadinya toko sangat ramai, mendadak jadi tidak populer lagi karena suatu kesalahan.

5. Ketidakpercayaan Pelanggan

Pelanggan bisa tidak percaya terhadap seller toko online karena informasi kontak yang tidak valid maupun produk kadaluwarsa. Saat pelanggan kecewa, pasti mereka akan menulis testimoni dan review buruk di aplikasi toko online.

Dengan memahami tanda-tanda di atas, semoga kamu bisa mengantisipasi segala dampak di kemudian hari. Sebuah bisnis terkadang punya momentum yang sulit diulang, apalagi bila banyak kesalahan yang dilakukan.

Penyebab Kesalahan dalam Bisnis Online yang Dilakukan Pemula

Mencari penyebab melakukan kesalahan dalam bisnis online tentu tidak mudah. Harus menurut dan flashback ke saat-saat awal bisnis dimulai. Bagi mayoritas pebisnis pasti bisa mendapatkan gambaran penting tentang kegagalan yang pernah dilakukan.

Kilasan balik tentang kegagalan mudah diingat. Namun dalam bisnis yang baik, bukan hanya kegagalan yang mesti diingat. Melainkan juga penyebabnya harus dicari tahu. Selain itu, keberhasilan suatu bisnis ditengarai dari laporan laba-rugi yang sistematis.

1. Tidak Adanya Sistem Keuangan yang Baik

Sistem keuangan dalam toko online maupun model bisnis daring lainnya itu kompleks. Mulai dari pembayaran hingga pencatatan pemasukan. Bila tidak dikelola dengan baik tentu akan menimbulkan kesalahan yang fatal.

2. Strategi Bisnis yang Tidak Relevan Lagi

Keusangan dalam strategi bisnis dapat menjadi bumerang terhadap kelancaran bisnis. Sebab perubahan zaman dengan segala situasi dan kondisinya mengharuskan adanya dinamika dalam cara berbisnis.

3. Branding yang Kurang Kuat dan Bagus

Nama perusahaan, jenis produk dan media bisnis online yang digunakan dalam branding sangat menentukan eksistensi bisnis. Branding yang lemah dan buruk akan membawa pada lambatnya penjualan.

4. Membuka Toko Online di Kanal yang Salah

Kanal media yang kurang tepat atau benar-benar salah tempat bisa jadi alasan mengapa bisnis redup. Jangan ragu buat pindah melapak di lokasi lain selagi semangat masih membara.

5. Penipuan dan Konflik dengan Customer dan Mitra Bisnis

Menjadi kesalahan dalam bisnis online yang paling fatal karena penipuan dan konflik dengan pelanggan dan rekan usaha. Bila sudah terjadi, siap-siap gulung tikar.

6. Bisnis yang Menjurus Riba

Riba dalam bisnis sesungguhnya akan sangat merugikan. Sebab hanya akan memicu masalah di masa depan. Sebuah toko online yang penuh dengan riba bisa jadi dapat menyulut kebencian para konsumen.

Apapun penyebabnya, janganlah mengubur persoalan bisnis begitu saja. Sekecil apapun masalah bila sudah menjadi kebiasaan tentu sangat berbahaya.

Tips Sukses Bisnis Online Agar Menguntungkan

Masing-masing pengusaha ingin mengupayakan yang terbaik agar bisa profit dan eksis terus. Tips untuk tiap pebisnis beda-beda, tergantung dari bidang yang digelutinya. Trik ini dapat menghalau terjadinya kesalahan dalam bisnis online di internet.

Secara umum, bisnis online itu sama. Agar menguntungkan perlu dilakukan optimasi pada media bisnis yang meliputi akun media sosial, marketplace dan website bisnis. Berikut berbagai tips sukses bisnis online yang lainnya:

  1. Merekrut karyawan dengan skill terbaik
  2. Mengembangkan modal secara simultan
  3. Mencatat keuangan tiap hari
  4. Strategi internet marketing
  5. Menganalisis kompetitor
  6. Memperbarui varian produk
  7. Memasang iklan dan promosi
  8. Mengeluarkan program diskon
  9. Mempererat jaringan komunitas pelanggan
  10. Membuat desain produk yang tepat

Meskipun sudah pernah gagal, kami tidak boleh menyerah untuk bangkit. Bisnis memang berpacu dengan waktu. Untuk itulah kesalahan dalam bisnis online harus segera diatasi supaya ke depanya jadi mudah.