free page hit counter

Informasi dan Panduan Lengkap Cara Daftar BCA ID di Aplikasi

Artikel diperbarui pada 22 April 2023.

Selain menyediakan layanan perbankan yang lengkap, BCA juga menghadirkan aplikasi yang memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan, yakni MyBCA. Namun sebelumnya, nasabah perlu melakukan registrasi dengan cara daftar BCA ID di aplikasi.

Agar dapat menggunakan layanan MyBCA dengan maksimal, nasabah harus melakukan pendaftaran BCA ID tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi di dalamnya.

Bank Central Asia atau yang lebih dikenal dengan sebutan BCA adalah bank swasta terbesar di negara ini.. Saat ini BCA sudah resmi mengeluarkan platform terbarunya yaitu MyBCA. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu aplikasi MyBCA?

Setelah fitur BCA klik mulai diimplementasikan, Welma dan BCA mobile juga memberikan berbagai keuntungan kepada nasabahnya. Salah satunya yaitu, BCA kembali menghadirkan kemudahan bagi para nasabah dengan menyediakan aplikasi MyBCA.

MyBCA merupakan platform digital yang mendukung dalam mengakses berbagai e-channel dengan satu ID. Disamping itu, Seluruh informasi rekening BCA dapat diakses dengan cara daftar BCA ID di aplikasi.

BCA ID dapat nasabah atur sendiri melalui aplikasi MyBCA. ID tersebut dapat berupa angka maupun huruf yang terdiri dari 6-21 karakter. Artinya ID tersebut hampir sama dengan username sosmed pada umumnya.

Selain username ID pada MyBCA, nasabah juga dapat mengatur password yang berupa kombinasi angka maupun huruf yang terdiri dari 6-21 karakter.

Digital platform ini juga memungkinkan untuk beberapa akun sekaligus. Artinya, aplikasi MyBCA akan sangat memudahkan nasabah jika memiliki lebih dari satu akun.

MyBCA Portal

MyBCA portal juga tak kalah penting dengan informasi mengenai cara daftar BCA ID di aplikasi. Selain melalui aplikasi, cara akses MyBCA dapat melalui website di MyBCA portal.

Satu ID pada MyBCA dapat dihubungkan dengan satu nomor rekening BCA. Namun nasabah juga dimungkinkan untuk mempunyai lebih dari satu ID untuk dikaitkan dengan nomor rekening BCA.

Satu ID tersebut hanya bisa dihubungkan dengan satu email maupun username dan password nasabah. Selain itu, fitur MyBCA juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses welma dengan menggunakan ID BCA yang terdaftar di aplikasi.

Persyaratan untuk Daftar Akun MyBCA

Sebelum membuat BCA ID, tentunya nasabah perlu memenuhi persyaratan untuk membuat akun MyBCA. Namun sebelum itu, nasabah juga harus sudah memiliki rekening BCA terlebih dahulu. Apa saja syarat untuk daftar akun MyBCA, simak berikut ini.

  • Siapkan nomor kartu BCA.
  • Siapkan KTP untuk kebutuhan verifikasi pada MyBCA, berupa nama dan tanggal lahir.
  • Nomor ponsel yang terhubung dengan BCA.
  • Nama ibu kandung.
  • Jenis tabungan BCA yang dimiliki.
  • Siapkan dan install aplikasi Halo BCA.
  • Install aplikasi MyBCA.
  • Email aktif yang terhubung dengan akun rekening BCA.
  • Siapkan pulsa minimal 10.000 untuk kebutuhan verifikasi SMS.
  • Pastikan untuk nomor yang terhubung dengan BCA dipasang pada HP yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran MyBCA.

Cara Daftar BCA ID di Aplikasi MyBCA

Jika semua persyaratan untuk daftar akun MyBCA diatas sudah terpenuhi, maka langsung saja untuk membuat BCA ID. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka aplikasi MyBCA.
  • Jika aplikasi MyBCA sudah terbuka, klik buat BCA ID sekarang pada menu utama aplikasi.
  • Selanjutnya lanjutkan dengan registrasi BCA ID dengan membuat username atau BCA ID, password serta email aktif yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Kemudian isilah kolom ketentuan pada halaman yang sama dengan memberi centang pada kolom tersebut. Lanjutkan dengan klik tombol lanjut.
  • Masukkan nomor kartu ATM BCA yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu klik tombol lanjut.
  • Selanjutnya nasabah akan diarahkan pada proses verifikasi pada menu SMS di ponsel. Pada menu SMS tersebut akan berisikan pesan yang akan ditujukan pada nomor 69888. Lalu klik saja tombol kirim pada menu tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, maka nasabah akan menerima SMS balasan berupa arahan untuk langkah selanjutnya.
  • Kemudian lakukan verifikasi PIN m-BCA dengan memasukkan PIN pada kolom yang sudah tersedia.
  • Lanjutkan dengan cek email yang dipakai sebelumnya untuk melakukan aktivasi BCA ID. Lalu kembali pada aplikasi MyBCA dan klik OK.
  • Selanjutnya layar tampilan pada aplikasi MyBCA akan memunculkan informasi jika BCA ID sudah berhasil dan aktif.
  • Masih pada halaman layar yang sama, klik tombol kembali ke MyBCA.
  • Kemudian Klik tombol masuk setelah memasukkan User ID dan password BCA ID yang telah diatur sebelumnya.
  • Pada menu selanjutnya nasabah akan diminta untuk menghubungkan rekening ke MyBCA, lalu tekan tombol lanjut.
  • Kemudian buatlah PIN transaksi baru yang berupa 6 digit PIN transaksi.
  • Jika pembuatan PIN sudah berhasil maka nasabah dapat menggunakan aplikasi MyBCA dengan BCA ID yang sudah dibuat.

Kelebihan MyBCA

Setelah mengetahui cara daftar BCA ID di aplikasi, terdapat beberapa kelebihan MyBCA yang dapat nasabah peroleh. Berikut diantaranya kelebihan menggunakan aplikasi MyBCA.

1. Tidak Perlu Pergi ke Bank Fisik

Melalui aplikasi MyBCA, nasabah cukup diam di rumah tanpa ke ATM maupun bank fisik sudah bisa melakukan transaksi perbankan seperti pembayaran tagihan dan lainnya. Semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi dengan waktu yang lebih fleksibel.

2. Akses 24/7

Aplikasi MyBCA dapat diakses dalam waktu 24 jam selama nasabah memiliki akses internet, tidak hanya saat bank buka seperti halnya di bank fisik.

3. Praktis dan Cepat

Transaksi melalui aplikasi MyBCA jauh lebih cepat dan praktis. Nasabah dapat melakukan transfer uang hanya dengan beberapa sentuhan jari, tanpa harus mengisi formulir dan antri di bank.

4. Informasi Real-Time

Aplikasi MyBCA memberikan informasi saldo, mutasi rekening, dan transaksi secara real-time. Oleh karenanya nasabah dapat mengawasi keuangan mereka secara lebih teratur.

5. Tersedia Fitur E-Statement

Melalui fitur tersebut nasabah dapat dimungkinkan untuk melakukan pemeriksaan rekening giro dalam jangka waktu 5 tahun sebelumnya.

6. Tersedia Fitur Penggabungan Daftar Transfer

Melalui fitur ini nasabah dimungkinkan untuk mengimpor transaksi ke MyBCA. Selain itu, tersedia fitur transfer sederhana dengan limit tersedia hingga 300 juta.

7. Rekening Deposito Dapat Dibuka Secara Elektronik

Menggunakan fitur e-deposit bank, nasabah dapat membuka rekening deposito BCA. Hal ini akan melibatkan bentuk deposito, penyimpanan uang dan distribusi.

8. Keamanan

Aplikasi MyBCA dirancang dengan sistem keamanan yang ketat. Transaksi yang dilakukan melalui aplikasi MyBCA terjamin keamanannya sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan tenang dan tanpa khawatir kehilangan uang atau identitas.

Itulah cara daftar BCA ID di aplikasi MyBCA. Setelah berhasil mendaftar, nasabah dapat menggunakan layanan BCA tersebut dengan mudah dan aman serta dapat menikmati fitur dan kelebihan pada layanan aplikasi.

Melalui kelebihan-kelebihan tersebut, tidaklah mengherankan jika MyBCA semakin populer dan dijadikan sebagai cara yang paling praktis dalam melakukan transaksi keuangan.

MyBCA memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Namun, perlu diingat bahwa nasabah harus tetap berhati-hati dan menjaga keamanan informasi dan data pribadi saat menggunakan layanan tersebut.

Nasabah dapat mengunduh aplikasi MyBCA melalui Google Play atau App Store secara gratis. Selain itu, nasabah dapat pula untuk mengaktifkan fitur m-Token sebagai alat nasabah untuk transaksi.