free page hit counter

Harus Tahu! Apa Itu ATM Fungsi Jenis yang Bermanfaat Sekali untuk Nasabah? Menarik Sekali!

Artikel diperbarui pada 21 April 2023.

Menarik sekali membahas apa itu ATM fungsi jenis yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Pasti hampir semua orang pernah menggunakan mesin ATM untuk keperluan yang berbeda satu sama lain. Sangat bermanfaat sekali untuk melakukan transaksi.

ATM sendiri biasanya digunakan untuk kebutuhan transfer hingga tarik tunai yang sangat praktis dilakukan. Salah satu fasilitas dari Bank untuk membantu para nasabah saat bertransaksi. Tidak heran banyak yang memakai karena praktis dan mudah.

Kehadiran ATM sendiri sangat membantu nasabah di mana saja. Tidak perlu pergi atau mengunjungi Bank untuk melakukan transaksi. Berikut ini ulasan menarik terkait ATM yang sangat familiar di tengah masyarakat sekarang ini:

Apa Itu ATM?

Pertama harus tahu terlebih dahulu apa itu ATM fungsi jenis yang berhubungan dengan definisi. ATM sendiri memiliki kepanjangan yakni Automatic Teller Machine atau biasa dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri.

Kehadiran Atm ini sangat berguna sekali. Terutama saat pengguna akan bertransaksi tidak perlu lagi pergi ke Bank. Sebab bisa pergi ke ATM terdekat dan terjangkau. Nasabah bisa melakukan beragam jenis kegiatan seperti, mengambil uang, transaksi, transfer uang, dan lain sebagainya.

Bahkan, ATM juga tersedia selama 24 jam dan tidak terbatas dengan waktu. Perlu diingat saat memakai mesin ATM harus memiliki kartu ATM. Pengguna bisa mendapatkan saat membuka rekening di Bank. Hanya membutuhkan PIN saja untuk bisa mengakses ATM.

Fungsi ATM

Selanjutnya akan membahas apa itu ATM fungsi jenis yang berhubungan dengan fungsi ATM  untuk nasabah. Sebenarnya saat di awal hanya berfungsi untuk menarik uang tunai saja. Namun, sekarang fungsi ATM sangat banyak. Simak penjelasan lengkap fungsi ATM di bawah ini:

1. Menarik Uang Tunai

Pertama fungsi dari ATM untuk menarik uang tunai yang bisa dilakukan selama 24 jam. Pengguna bisa mengambil uang kapan saja dan sewaktu-waktu saat membutuhkan. Namun, ada waktu di mana tidak bisa menggunakan ATM  saat mesin rusak.

Sekarang ini ATM mulai ditempatkan di beberapa lokasi yang strategis. Misalkan saja, seperti toko Indomaret, Alfamart, dan tempat lain yang mudah dijangkau. Pengguna bisa mengambil uang dengan mudah tanpa harus pergi ke Bank.

2. Menyetor Uang Ke Rekening

Kedua yaitu pengguna bisa menyetor uang dengan sangat mudah. Tidak semua mesin ATM  bisa tersedia pelayanan seperti itu. Namun, ada kemungkinan semua mesin ATM akan mempunyai fungsi yang kedua ini.

Selain untuk menghemat waktu juga sangat praktis. Tidak perlu repot menyetorkan uang ke Bank karena cukup lewat ATM saja bisa menabung. Mesin canggih ini banyak sekali digunakan orang yang sibuk atau tidak mempunyai banyak waktu.

3. Membayar Tagihan

Kemudian apa itu ATM fungsi jenis yang dibahas berikutnya yakni fungsi atm untuk membayar tagihan rutin. Misalkan saja, tagihan air, listrik, dan tagihan lain yang bersifat rutin setiap bulan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu sarana yang praktis saat sibuk.

4. Transfer Mudah

Selanjutnya pengguna bisa memanfaatkan ATM  untuk melakukan transfer dengan Bank yang sama atau Bank yang berbeda. Apalagi era yang semakin canggih dan modern ini banyak pengguna yang memanfaatkan ATM untuk transfer membeli barang online.

Jenis ATM

Berikutnya akan membahas apa itu ATM jenis fungsi yang berhubungan dengan beragam jenis ATM yang harus pengguna ketahui. Banyak sekali jenis dari ATM yang memiliki fungsi tidak sama. Di bawah ini penjelasan berbagai jenis ATM yang bermanfaat:

1. ATM Tunai

Pertama ada ATM tunai yang menyediakan layanan untuk menarik uang secara tunai. Banyak orang yang membutuhkan ATM jenis ini, sehingga banyak ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau.

2. ATM Setor Tunai

Kedua ada ATM setor tunai yang sangat membantu nasabah untuk menyetor uang ke tujuan rekening tertentu. Sekarang tidak perlu lagi antri di Bank saat ingin menyetorkan uang tunai. Sering sekali ATM setor tunai ini juga disebut dengan CDM.

3. ATM Non-tunai

Ketiga ada ATM yang menyediakan transaksi non tunai untuk para nasabah. Misalkan saja, seperti membeli token listrik, mentransfer uang, dan lain sebagainya.

Cara Aman Memakai ATM

Kurang lengkap apabila tidak membahas cara aman untuk menggunakan ATM. Apalagi banyak oknum yang sengaja melakukan tindak kejahatan yang berkaitan dengan ATM. Di bawah ini beberapa cara untuk pengguna agar selalu aman memakai ATM:

1.Memilih ATM dengan Penjaga Keamanan

Pengguna bisa pergi ke ATM yang memiliki penjagaan yang tersedia 24 jam. Sebab saat melakukan transaksi atau mengambil uang tunai dalam jumlah besar harus selalu tetap waspada dan selalu hati-hati.

Adanya petugas keamanan ini akan membuat pengguna lebih merasa aman dan leluasa saat menggunakan ATM. Namun, tidak semua mesin atm menyediakan petugas keamanan untuk berjaga dan mengawasi.

2. Mengajak Teman

Kedua pengguna bisa mengajak satu atau beberapa teman untuk menemani saat pergi ke ATM. Dengan adanya teman yang menjaga akan membuat lebih nyaman saat menggunakan mesin ATM. Bisa mengawasi setiap orang yang ada di sekitar ATM.

3. Melakukan Transaksi Di Tempat Ramai

Berikutnya bisa mengunjungi mesin ATM di tempat yang ramai dan banyak orang. Misalkan saja, di pusat perbelanjaan, minimarket, dan lokasi strategis lainnya. Sebaiknya jangan gunakan ATM yang lokasinya ada di tempat sepi untuk lebih waspada.

Banyak sekali mesin ATM yang berada di tempat mudah dijangkau. Namun, ada juga beberapa mesin ATM di tempat kurang ramai. Lebih hati-hati lagi saat memakai mesin ATM di tempat tersebut.

4. Menghindari Skimmer Card

Kemudian usahakan untuk menghindari adanya skimmer card. Biasanya orang yang mempunyai niat jahat akan memanfaatkan skimmer card ini untuk menguras uang pengguna. Lebih waspada dan hati-hati saat berada di mesin ATM.

5. Menyimpan Segera Uang dan Kartu

Terakhir usahakan selalu cepat menyimpan semua barang milik pribadi. Misalkan saja, seperti uang dan kartu ATM. Usahakan saat pengguna selesai dan keluar dari mesin ATM  sudah tidak memperlihatkan uang dan kartu ATM.
Banyak nasabah yang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Padahal sangat berbahaya sekali apabila uang terlihat saat keluar dari mesin atm. Banyak orang di sekitar ATM yang mungkin bisa melakukan kejahatan.

Pengguna harus tahu kalau mesin ATM biasanya selalu sengaja ditempatkan di lokasi yang strategis dan ramai. Hal tersebut agar pengguna ATM selalu merasa aman dan nyaman. Apalagi tidak jarang yang menempatkan petugas keamanan di setiap ATM.

Kehadiran ATM sangat bermanfaat sekali untuk banyak orang. Terutama bagi pengguna yang sering melakukan transaksi, membayar tagihan, dan kegiatan yang lainya. Maka tak heran banyak yang memanfaatkan ATM saat tidak ada waktu.

Demikian ulasan menarik terkait apa itu ATM  jenis fungsi yang harus banyak diketahui para nasabah. Tidak perlu repot lagi saat akan melakukan transaksi. Sebab adanya mesin ATM  sangat membantu kegiatan sehari-hari banyak nasabah.