free page hit counter

Ini Dia Cara Beli Barang Tokopedia Paylater dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 20 April 2023.

Saat ini berbagai jenis platform belanja online rata-rata sudah menyediakan layanan Paylater, salah satunya seperti Tokopedia. Cara beli barang Tokopedia Paylater terbilang cukup praktis dan sangat membantu serta memberikan kemudahan dalam berbelanja.

Paylater menjadi sebuah layanan pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk yang pembayarannya dalam beberapa waktu mendatang. Pengguna dapat menggunakan layanan Paylater selama memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Persyaratan tersebut biasanya meliputi kriteria kredit, riwayat pembayaran, dan jumlah limit yang diberikan. Agar lebih jelas, berikut cara menggunakan Paylater di Tokopedia.

Apa Itu Tokopedia Paylater?

Sama halnya dengan platform belanja online lain, Tokopedia juga menyediakan layanan Paylater dengan metode yang sedikit berbeda. Tokopedia Paylater merupakan suatu metode pembayaran dengan cara tempo maupun cicilan.

Cicilan yang tersedia pada Tokopedia berlaku tanpa kartu kredit yang memiliki tenor mulai dari 3, 6, 9 hingga 12 bulan. Sedikit berbeda dengan platform lain, metode pembayaran Tokopedia Paylater bekerja sama dengan layanan keuangan lainnya.

Layanan pembayaran lain yang bekerjasama dengan Tokopedia diantaranya Indodana, Kredivo, home kredit dan BRI Ceria. Cara beli barang Tokopedia Paylater dapat pembeli lakukan dengan salah satu layanan tersebut.

Jenis Layanan Tokopedia Paylater

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika metode pembayaran Tokopedia Paylater cukup beda dengan platform lain. Tokopedia tidak menyediakan pembayaran Paylater secara resmi seperti platform shopee yang menyediakan SPaylater.

Namun Tokopedia menjalin kemitraan dengan beberapa pihak yang menyediakan Paylater, yang sudah disebutkan sebelumnya. Agar lebih jelas, berikut ulasan dari beberapa pihak penyedia Paylater yang bekerja sama dengan Tokopedia.

1. Kredivo

Kredivo menjadi salah satu solusi kredit instan yang dapat pengguna pakai ketika berbelanja secara online. Kredivo juga menyediakan fitur utama yang dapat digunakan oleh para penggunanya, yaitu fitur pinjam tunai dan Paylater.

Layanan Paylater memberikan kemudahan untuk melakukan pembelian dan bayar nanti dalam waktu tempo 30 hari. Selain itu pengguna juga dapat melakukan cicilan 3 bulan dengan bunga yang akan dikenakan 0%.

Tersedia juga cicilan untuk 6 atau 12 bulan, yang nantinya pelanggan akan harus bayar bunga sebesar 2,6% per bulan. . Berbagai jenis alternatif pilihan pembayaran ini tentu akan memberikan kemudahan tersendiri bagi pengguna Kredivo.

Sedangkan untuk pinjaman tunai menjadi salah satu fitur yang banyak diminati. Pada fitur ini pengguna mempunyai suku bunga yang tergantung pada tenor yang dipilih.

Limit yang dikenakan pada Kredivo berbeda untuk pengguna satu dengan yang lain, yaitu diberikan didasarkan pada jenis akun yang dimiliki oleh pengguna. Artinya setiap pengguna mempunyai besaran limit yang berbeda-beda, yaitu berkisar Rp.300.000 hingga Rp.30.000.000.

2. Indodana

Penyedia layanan Paylater selanjutnya yang bekerjasama dengan Tokopedia yaitu Indodana. Layanan produk keuangan ini juga memberikan kemudahan dengan menyediakan layanan cicilan dan pinjaman langsung.

Sebelum menggunakan Indodana pengguna perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan mengajukan limit pinjaman. Limit tersebut yang nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan layanan di berbagai merchant.

Besar limit maksimal yang diberikan oleh layanan Indodana adalah 8 juta rupiah. Sedangkan untuk suku bunga yang berlaku dihitung berdasarkan metode suku bunga efektif atau anuitas.

Max annual percentage rate atau suku bunga maksimum tahunan yang berlaku sebesar 56 persen. Bunga yang dikenakan untuk tenor 3-12 bulan adalah sebesar 3 persen. Sedangkan untuk tenor 1 bulan, debitur tidak dikenakan bunga.

Pada kegiatan transaksi yang dilakukan, debitur akan dikenakan biaya 1 persen atau minimum 1000 rupiah untuk biaya administrasi.

3. Home Credit

cara beli barang Tokopedia Paylater juga dapat menggunakan layanan Home Credit. Home Credit menyediakan layanan Paylater dengan limit kredit yang bisa diperoleh oleh pengguna. Limit kredit tersebut nantinya dapat digunakan untuk layanan Paylater.

Limit kredit pada Home Credit disesuaikan dengan penghasilan per bulan serta jumlah kredit lain yang dimiliki pengguna. Oleh karena itu, besar limit sepenuhnya ditetapkan dan ditentukan langsung oleh pihak Home Credit.

Melalui Home Credit pengguna dapat memilih tenor angsuran 1, 3, 6 hingga 9 bulan. Sedangkan untuk suku bunga yang berlaku yaitu 3,49% dan untuk biaya transaksi lainnya tidak dikenakan biaya atau gratis.

4. Ceria

Selain penyedia layanan Paylater di atas, pengguna juga dapat menggunakan Ceria dari BRI. Layanan ini menyediakan pinjaman dan cicilan tanpa kartu kredit yang dapat digunakan via aplikasi.

Hampir sama dengan layanan lainnya, Ceria juga menyediakan limit dan besar bunga untuk proses transaksi di dalamnya. Limit yang tersedia untuk layanan ini sebesar 500.000 rupiah hingga 20.000.000 rupiah.

Selain itu, suku bunga yang berlaku pada Ceria, yaitu sebesar 1,24% perbulannya, sedangkan suku bunga per tahun sebesar 26,95%. Biaya administrasi dalam bentuk apapun tidak dikenakan untuk pemilik limit Paylater ini.

Persyaratan Aktivasi Dan Cara Beli Barang Tokopedia Paylater

Sebelum menggunakan layanan diatas sebagai salah satu cara beli barang Tokopedia Paylater. Pengguna harus memenuhi beberapa persyaratan umum untuk layanan Paylater Tokopedia, berikut diantaranya.

  • Merupakan WNI dengan batas usia 21 sampai 50 tahun.
  • Mempunyai KTP.
  • Mempunyai rekening atas nama pribadi yang berusia diatas 3 bulan.
  • Memiliki penghasilan tetap selama tiga bulan.
  • Tersedia alamat tempat tinggal maupun kantor yang bisa dihubungi.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan diatas, pengguna dapat mengaktifkan Tokopedia paylarer dengan salah satu jenis layanan Paylater yang sudah disebutkan sebelumnya. Caranya dengan mengunduh aplikasi penyedia Paylater tersebut dan lakukan pendaftaran.

Pastikan dokumen yang pengguna miliki memenuhi terdapat ketentuan dari penyedia layanan Paylater tersebut. Jika pendaftaran sudah berhasil, maka selanjutnya pengguna dapat menghubungkannya dengan Tokopedia. Simak berikut langkah-langkah untuk cara beli barang Tokopedia Paylater.

  • Pilih produk atau barang di Tokopedia yang ingin pengguna beli.
  • Setelah memilih barang, lakukan pembayaran dan jangan lupa memasukkan promo untuk harga yang lebih lemat.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran dengan Paylater dan pilih jenis layanan Paylater yang sudah pengguna aktifkan sebelumnya.
  • Masukkan PIN, selesai.

Pengguna yang memilih untuk menggunakan PayLater akan dikenakan biaya atau bunga atas keterlambatan pembayaran. Namun, layanan ini dapat menjadi alternatif yang berguna saat uang tunai sedang tidak tersedia, tapi diperlukan untuk membeli produk yang diinginkan.

Itulah ulasan mengenai cara beli barang Tokopedia Paylater. Melalui layanan Paylater ini pengguna akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti Fleksibilitas Pembayaran dan sistem pendaftaran yang mudah

Pendaftaran Tokopedia Paylater sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu. Pengguna hanya perlu mengisi beberapa informasi dasar dan menunggu persetujuan. Selain itu, dalam menjalankan sistem pembayarannya, Paylater tidak membutuhkan kartu kredit.

Tokopedia Paylater menerima pembayaran dari berbagai bank dan layanan pembayaran online, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran. Paylater juga tidak mengenakan biaya administrasi yang membebani kantong pembeli.

Selain itu, Tokopedia Paylater seringkali menawarkan diskon khusus bagi penggunanya, yang dapat membuat pembeli mendapat keuntungan lebih dari sekadar kemudahan pembayaran.