free page hit counter

3 Keunggulan Trading Saham Dibandingkan Jenis Trading Lain

Artikel diperbarui pada 8 April 2023.

Keunggulan trading saham daripada trading lainnya menjadi salah satu faktor banyak orang yang berinvestasi melaluinya.

Trading saham merupakan salah satu jenis trading yang semakin populer di masyarakat saat ini. Dengan berbagai keuntungan yang diberikannya tidak sedikit para investornya yang rela melepaskan pekerjaan tetap dan fokus menjadi trader.

Namun, banyak orang yang belum memahami berbagai hal mengenai istilah tersebut baik dari segi pengertian, perbedaan dengan investasi, serta berbagai keuntungan yang ditawarkannya.

Mengenal Pengertian dari Trading Saham

Terdapat beberapa keunggulan trading saham, namun sebelumnya kenalilah terlebih dahulu pengertiannya supaya tidak salah dalam memahaminya.

Saham merupakan salah satu instrumen pasar keuangan atau tanda penyertaan modal baik perorangan atau berupa badan usaha pada sebuah perusahaan. Sedangkan trading adalah proses transaksi dalam jangka waktu yang pendek di pasar finansial.

Trading saham menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati, bukan hanya oleh investor berpengalaman saja, namun para pemula pun banyak yang mulai terjun di dunia tersebut.

Trading saham merupakan kegiatan transaksi jual beli saham atau surat kepemilikan perusahaan atau perseroan terbatas dalam jangka waktu pendek yang dilihat berdasarkan harga pasar perharinya.

Trading saham dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar. Oleh karena itu, seorang trader harus aktif dalam menganalisa fluktuasi harga saham setiap harinya, sehingga dapat memilih saham terbaik.

Tujuannya adalah supaya bisa mendapatkan capital gain maksimal ketika dijual kembali, yang merupakan salah satu keunggulan trading saham.

Untuk itu seorang trader harus dapat menganalisa pasar dengan rutin, sehingga dapat menentukan kapan waktu serta harga terbaik untuk melakukan penjualan atau pembelian saham tersebut.

Perbedaan Trading Saham dengan Investasi

Trading saham dan investasi saham merupakan dua jenis investasi yang berbeda meskipun terlihat sama. Selain perbedaan dari segi keunggulan trading saham dan investasi terdapat juga perbedaan lainnya.

Trading saham adalah kegiatan jual beli saham dalam jangka waktu pendek yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan maksimal.

Sementara, investasi saham adalah kegiatan penanaman modal pada sebuah perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diperjualbelikan.

Orang yang melakukan trading saham disebut trader, sedangkan investasi saham disebut investor.

Para trader harus aktif dalam menganalisis pasar setiap harinya dengan rutin sehingga dapat memutuskan waktu dan harga terbaik dalam melakukan transaksi saham dan memperoleh keuntungan maksimal.

Pada investasi saham, investornya lebih pasif karena hanya menanamkan modal saja pada perusahaan tersebut dan tidak mengelolanya secara langsung.

Selain itu, prinsip pada trading saham yaitu buy and sell. Maksudnya, saham dibeli pada waktu tertentu dan dijual kembali dalam jangka pendek. Prinsip pada investasi saham yaitu buy and hold, karena tujuannya adalah untuk jangka waktu panjang.

Pada trading saham, trader lebih menggunakan analisa teknikal yang didasari oleh harga historis di pasar saham. Analisis teknikal merupakan salah satu jenis strategi yang mempelajari pergerakan baik harga maupun volume perdagangan saham setiap hari.

Berbeda dengan investasi saham yang lebih menggunakan analisis fundamental. Analisis fundamental didasari oleh kondisi perusahaan, ekonomi serta industri terkait lainnya.

Dengan menggunakan analisis tersebut, para investor dapat menentukan saham perusahaan mana yang harus dibelinya.

Keunggulan Trading Saham Dibanding Trading Lainnya

Untuk dapat mengetahui keunggulan trading saham dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Keuntungan Harian

Ketika melakukan trading saham, biasanya para trader membeli dan menjual saham dalam waktu yang sama sehingga dapat mendapatkan keuntungan setiap harinya.

Misalnya, pada pagi hari membeli saham seharga Rp 6.000, setelah memantau pergerakan pasar sampai siang atau sore hari dan terdapat kenaikan harga menjadi Rp 8.000, maka dapat menjualnya, kemudian ada yang membelinya. Dari sanalah sumber keuntungannya.

Meskipun keuntungan trading saham tidak sebanyak investasi saham, namun salah satu keunggulan trading saham yaitu dapat memberikan keuntungan yang maksimal setiap harinya.

Dengan syarat, memiliki kemampuan dalam menerapkan strategi yang tepat dalam pelaksanaannya.

2. Menghindari Kerugian

Ketika terdapat indikasi penurunan harga saham, dengan trading saham dapat langsung menjualnya tanpa harus menunggu besok. Karena jika dilama-lama kemungkinan harga sahamnya akan semakin anjlok dan akhirnya terpaksa menjual dengan harga paling murah.

Banyak trader yang menjual sahamnya ketika sedang mengalami penurunan dengan harga lebih murah supaya ada yang mau membelinya. Namun, hal seperti itu dapat dihindari dengan cara memantau pergerakannya secara rutin setiap waktunya.

3. Cepat Mendapatkan Modal

Keunggulan trading saham selanjutnya yaitu dapat menambah modal dengan cepat. Jika sudah dapat meraih keuntungan dari trading saham dengan konsisten, maka dapat dijadikan sebagai modal lebih untuk menambah jumlah saham yang akan dibeli setiap harinya.

Dengan begitu, kesempatan dalam meraih tujuan dari trading saham yaitu mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan maksimal dapat terlaksana.

Trading saham merupakan salah satu jenis investasi yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang menyebabkannya semakin populer. Berbagai alasan banyak orang yang menggelutinya, seperti keunggulan trading saham yang ditawarkan kepada tradernya.