free page hit counter

10 Rahasia Kiat Sukses Trading Saham bagi Trader Pemula

Artikel diperbarui pada 8 April 2023.

Jika Kamu adalah trader saham pemula, wajib sekali baca pembahasan tentang kiat sukses trading saham. Karena ini akan membantu Kamu memperbesar peluang cetak profit dan meminimalisir risiko kerugian di bursa.

Trading saham bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh keuntungan finansial yang cukup besar. Sayangnya, tidak semua orang terjun ke dunia perdagangan efek selalu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup.

Padahal, kunci sukses dalam trading saham ialah memiliki pengetahuan yang cukup. Maka dari itu, jika Kamu adalah pemula dan ingin sukses cetak banyak uang di bursa, wajib punya bekal yang cukup.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas tentang beberapa kiat untuk menunjang kesuksesan para trader pemula di bursa efek. Untuk itu, Kamu bisa simak pembahasan singkat dibawah sebagai bekal guna meningkatkan peluang cetak profit nantinya.

10 Kiat Sukses Trading Saham, Cetak Cuan dengan Mudah

Cetak keuntungan besar dari perdagangan saham di bursa bukanlah hal mustahil, sudah banyak buktinya. Tapi perlu diketahui juga bahwa kesuksesan itu tidak bisa serta-merta diperoleh, terlebih bagi Kamu yang tidak punya pengalaman apapun.

Untuk itu, kali ini Kami punya 10 kiat-kiat sukses dalam melakukan trading di bursa, khususnya bagi para pemula. Berikut adalah beberapa kiat sukses yang bisa Kamu simak dan jadikan sebagai bekal.

1. Mempelajari dasar-dasar trading saham

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemula adalah mempelajari dasar-dasar trading saham. Karena mustahil untuk Kamu bisa mencapai kesuksesan dalam trading tanpa memahami dasar-dasarnya.

2. Buat rencana dengan tepat

Kiat sukses trading saham berikutnya adalah membuat rencana trading yang tepat. Dalam rencana tersebut, Kamu perlu menetapkan target keuntungan, kerugian maksimal, serta strategi trading yang akan dijalankan.

Ini penting, karena dengan rencana trading yang baik akan membantu Kamu menghindari keputusan impulsive. Keputusan-keputusan tersebutlah yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada portofolio Kamu nantinya.

3. Gunakan analisis fundamental dan teknikal

Dalam trading saham, dikenal dua jenis analisis, yakni analisis fundamental dan teknikal. Ada baiknya Kamu mengaplikasikan keduanya saat melakukan transaksi perdagangan di bursa untuk meraih hasil maksimal

Analisis fundamental ialah penilaian terhadap kondisi perusahaan, termasuk kinerja keuangan dan prospek masa depan. Sedangkan analisis teknikal melibatkan pengamatan terhadap pola pergerakan harga saham di masa lalu untuk memprediksi pergerakan harga.

4. Memilih saham dengan cermat

Jangan terpaku pada harga rendah atau populer dalam pemilihan saham, karena hal ini tidak menjamin keuntungan di masa depan. Kiat sukses trading saham bisa dengan memilih emiten yang memiliki fundamental baik.

5. Fokus dan sabar

Konsentrasi yang tinggi dan kesabaran yang besar merupakan hal penting dalam trading. Terapkan kiat sukses trading saham ini agar tidak tergoda mengambil keputusan impusif yang berujung kerugian.

6. Pantau pergerakan harga

Sebagai trader, Kamu perlu memantau pergerakan harga saham secara teratur. Ini akan membantu Kamu mengetahui tren harga saham, serta membantu Kamu mengambil keputusan trading yang tepat.

7. Gunakan stop loss order

Stop loss order adalah instruksi untuk menjual saham secara otomatis jika harga saham turun hingga mencapai batas tertentu. Penggunaan stop loss order dapat membantu Kamu membatasi kerugian dalam trading saham.

8. Mengelola emosi dengan baik

Trading saham seringkali menghadirkan situasi yang membuat emosi terkadang naik turun. Hal semacam ini dapat mempengaruhi keputusan trading yang diambil dan kerap kali justru berdampak negative.

Maka dari itu, penting untuk mengelola emosi dengan baik terlebih bagi trader pemula. Jangan biarkan emosi mengambil alih keputusan trading Kamu, cobalah untuk tetap tenang dan objektif dalam mengambil keputusan.

9. Menghindari overtrading

Overtrading adalah keadaan di mana seorang trader terlalu sering melakukan transaksi dalam waktu yang singkat. Untuk kiat sukses trading saham, Kamu wajib menghindari hal seperti overtrading ini.

Pasalnya, hal ini dapat menguras modal dan meningkatkan risiko kerugian Kamu. Cobalah untuk menghindari overtrading dan fokus pada trading yang berkualitas sehingga dapat memberikan profit.

10. Meningkatkan pengetahuan terus-menerus

Trading saham merupakan aktivitas yang terus berubah dan berkembang. Oleh karena itu, penting bagi trader untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya guna menunjang kesuksesan meraup profit.

Cobalah dengan membaca buku, membaca artikel, menonton video, mengikuti seminar atau webinar. Kiat sukses trading saham lainnya adalah bergabung di komunitas sesame trader untuk saling berbagi pengalaman.

Trading saham memang menjanjikan kesempatan untuk semua orang bisa mencetak keuntungan. Kamu bisa meningkatkan kekayaan finansial dengan melakukan perdagangan efek di bursa. Namun, perlu diingat juga bahwa ada risiko menderita kerugian didalamnya.

Maka dari itu, sebelum mulai trading ada baiknya untuk memiliki bekal yang cukup terlebih dahulu. Coba terapkan kiat sukses trading saham yang sudah dibahas diatas guna meningkatkan peluang Kamu cetak keuntungan dari bursa.