free page hit counter

Rahasia Trading Saham Pemula Agar Cuan & Tetap Semangat Transaksi

Artikel diperbarui pada 8 April 2023.

Bagaimanakah trading saham pemula? Pertanyaan tersebut pastinya sering diajukan oleh sebagian besar dari kamu. Terlebih lagi tidak sedikit beranggapan bahwa kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang.

Padahal bukan hanya mereka yang mempunyai banyak modal saja dimana dapat menjalankan kegiatan satu ini. tetapi masyarakat awam dengan jumlah modal terbatas juga dapat melakukannya terutama karena sudah muncul platform untuk trading instrument ini online.

Dengan adanya platform trading online itulah ternyata akan memberikan sejumlah keuntungan bagi para pelakunya dan bahkan hanya membutuhkan modal sedikit saja. Apabila kamu baru pertama kali terjun, maka harus memahami dahulu tips trading saham pemula dibawah ini.

Trading Saham Pemula: Mulai dengan Membuat Rekening Saham

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan instrument satu inilah ternyata menjadi favorit bagi sebagian besar orang terutama bagi mereka yang ingin trading dengan aman. Disinilah informasi seputar trading saham pemula wajib untuk diperhatikan dengan baik.

Sebelum kamu mengetahui bagaimanakah tips dalam melakukan kegiatan trading agar bisa mendapatkan keuntungan besar, maka wajib membuat akun efek atau rekening saham tersebut dahulu.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tanpa keberadaan dari rekening inilah ternyata para trader tidak akan bisa melakukan kegiatan didalamnya. Untuk membuat ID trading saham inilah sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Hanya saja sebagai pemula, kamu tentu takut ketika akan melangkah bukan?

Jangan khawatir karena Anda perlu memperhatikan beberapa syarat dibawah ini apabila ingin membuka rekening saham tersebut:

  1. KTP/KITAS/Passport
  2. NPWP
  3. Cover buku tabungan
  4. Fotokopi KTP suami apabila sudah menikah
  5. Fotokopi kartu keluarga
  6. Materai Rp10.000

Sesudah menyiapkan sejumlah syarat diatas, maka langkah berikutnya trader saham wajib menemukan sekuritas manakah yang dipilih untuk menjalankan kegiatan tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan sekuritas tersebut dapat dipercaya, maka dari itu harus berhati-hatilah dalam memilihnya.

Setelah berhasil masuk ke dalam sekuritas, maka kamu dapat mengisi formulir sekaligus melampirkan syarat sesuai dengan perintah yang tertera. Untuk akun trading saham pemula, maka pastikan harus mengisi dengan benar syarat untuk pembukaan akun.

Langkah berikutnya pengguna juga harus memilih sekaligus membuka RDI atau rekening dana investor. Jangan khawatir karena pihak sekuritas biasanya akan langsung memberikan panduan kepada pihak trader.

Tips Trading Saham Pemula Dijamin Paling Ampuh

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa informasi mengenai trading saham pemula ternyata paling banyak dicari oleh sebagian besar orang. Hal tersebut sangat wajar karena agar bisa sukses didalamnya inilah ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan.

Kamu wajib mempunyai strategi dan harus mempelajari berbagai macam tips didalamnya. Berikut ini sudah kami siapkan beberapa tips dalam menjalankan trading dijamin langsung ampuh.

1. Pastikan Punya Pengetahuan Seputar Saham

Hal paling penting yang wajib dimiliki oleh seorang trader adalah pengetahuan seputar jual beli pada instrument satu ini. Terlebih lagi apapun kegiatan yang dilakukan, tentu saja selalu terdapat risiko dimana akan dihadapi nantinya.

Itulah mengapa pentingnya agar kamu memahami terlebih dahulu pengetahuan-pengetahuan dasar seputar saham sekaligus mempelajari ilmu-ilmu trading sebanyak mungkin.

2. Harus Bisa Melakukan Manajemen Penghasilan

Perlu diketahui bahwa tips trading saham pemula dimana harus diterapkan adalah harus dapat melakukan manajemen pendapatan atau keuangan. Sebab dengan menjalankannya inilah membantumu agar dapat memaksimalkan dana investasi nantinya.

Disinilah kamu juga harus menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok, asuransi hingga dana darurat. Dengan begitu maka dana yang akan digunakan sebagai trading dapat terencana dengan optimal.

3. Mulailah dari Nominal Kecil saat Beli Saham

Tidak sedikit dari kalian pastinya berkeinginan untuk memulai trading saham pemula dengan nominal besar agar memperoleh keuntungan besar bukan? tetapi itu adalah hal salah karena dapat mengakibatkan kerugian besar nantinya.

Sangat penting agar memulainya dengan nominal kecil dahulu tetapi belajar dengan konsisten. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami sejumlah teknik agar dapat menaikkan modalnya nanti.

Tips Penting Lainnya yang Perlu Diketahui Trader

Selain memahami tips trading saham pemula diatas? ternyata juga masih terdapat sejumlah hal yang perlu dipahami dengan baik. Mengingat kegiatan jual beli instrument tersebut ternyata juga mempunyai risiko cukup besar.

Pertama, pastikan kamu juga memilih sekuritas tepat terlebih dahulu. Sebab platform sekuritas itulah akan berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya seorang trader dalam menjalankan kegiatan ini. Pastikan perusahaan sekuritas juga sudah terdaftar di OJK.

Kedua, karena tujuan utama dari trading adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat maka kami sarankan agar kamu harus menyiapkan waktu terlebih dahulu. Terlebih lagi nantinya, trader juga harus melihat layar dalam waktu lama bukan.

Selain itu, sebaiknya trader juga harus mempunyai kepercayaan diri tetapi juga harus selalu realistis ketika sedang berada didalamnya. Misalnya saja apabila sudah mengalami kerugian, maka sebaiknya juga harus menghentikannya dahulu.

Apabila kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan maka melakukan kegiatan inilah dapat menjadi pilihan. Pastikan membekali diri dengan pengetahuan supaya trading saham pemula dapat berjalan dengan baik.