free page hit counter

Kelebihan & Kekurangan Transaksi Digital untuk Bisnis & Pengguna

Artikel diperbarui pada 6 April 2023.

Sebenarnya apa saja kelebihan transaksi digital sehingga banyak yang menggunakannya? Seperti yang telah diketahui jika transaksi secara online merupakan pembayaran secara virtual dengan menggunakan perangkat dalam bentuk aplikasi atau dengan menggunakan website penyedia jasa.

Transaksi yang dilakukan secara non tunai ni mengubah cara pembayaran dari yang biasanya menggunakan cash atau dengan menggunakan uang. Namun, seiring perkembangannya transaksi secara non tunai ini semakin diminati karena berbagai kemudahannya.

5 Kelebihan Transaksi Digital bagi Bisnis

Transaksi online merupakan salah satu metode pembayaran yang difasilitasi oleh penyedia layanan pembayaran atau yang biasa disebut dengan payment gateway. Tujuannya adalah untuk membeli produk atau jasa, untuk berinvestasi atau untuk menggunakan jasa perbankan.

1. Keamanan Transaksi

Kelebihan transaksi digital yang paling banyak dirasakan adalah keamanan dalam setiap melakukan transaksi. Hal ini disebabkan pembayaran digital tersebut sudah dilengkapi dengan adanya teknologi canggih yang memungkinkan keamanan yang lebih terjamin.

Dengan demikian berbagai tindakan penipuan atau penyalahgunaan dapat diketahui dengan cepat. Dengan menggunakan metode pembayaran secara online dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan pembayaran cash yang sangat rawan akan pencurian.

Terutama jika jumlah pembayaran dalam jumlah atau nominal yang besar. Maka pengguna harus melakukan verifikasi terhadap transaksi yang dilakukan dengan cara memasukkan PIN atau password. Sistem keamanan yang tersedia bisa memberikan kenyamanan pemilik bisnis dan juga bagi pelanggan.

2. Mengurangi Peredaran Uang Palsu

Dengan minimnya penggunaan uang tunai bisa membantu dalam mengurangi peredaran uang palsu yang ada di Indonesia. Melalui layanan online, maka pengguna tidak perlu membawa atau menerima uang cash sehingga dalam melakukan transaksi dapat dipastikan lebih aman.

Proses isi ulang biasanya dapat dilakukan melalui bank yang sudah bekerjasama. Dengan demikian dapat dipastikan merupakan uang asli yang sudah siap dimanfaatkan untuk berbagai transaksi secara online.

Hal tersebut membuat Bank Indonesia menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memilih menggunakan transaksi non tunai dibanding dengan menggunakan transaksi tunai.

3. Meningkatkan Penjualan

Kelebihan transaksi digital bagi pelaku bisnis adalah bisa meningkatkan penjualan. Sebab dengan menggunakan sistem pembayaran digital ini para pelaku bisnis dapat memberikan fasilitas yang lebih cepat dan juga mudah.

Dengan demikian memungkinkan para pelanggan dapat membayar produk melalui layanan online tanpa harus bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli. Pembayaran yang dapat dilakukan secara online ini dipercaya dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Hal tersebut tentu bisa menghasilkan nilai penjualan yang lebih tinggi dan juga semakin meningkat. Potensi peningkatan bisnis juga bisa kamu lakukan dengan cara mengelola keuangan yang sudah terintegrasi dengan software yang kamu gunakan.

4. Mendorong Efisiensi dan Efektivitas Ekonomi

Kelebihan transaksi digital yang tidak kalah penting dalam kegiatan bisnis adalah bisa mendorong efisiensi ekonomi. Dengan adanya layanan tersebut dipercaya lebih mudah dan juga lebih cepat dalam prose pembayaran sehingga perekonomian bisa semakin maju.

Hal tersebut bisa terjadi sebab akan semakin banyak orang melakukan transaksi untuk berbagai bidang. Prosedur pembayaran yang dilakukan dengan cara online, seperti dengan cara memindai QR code melalui aplikasi dan lain sebagainya dapat memberikan efisiensi waktu ketika melakukan transaksi.

Pembayaran yang dapat dilakukan dengan cepat sehingga kamu bisa memangkas antrian yang memanjang. Waktu pelayanan juga dapat dipercepat sehingga sebagai pengguna dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan efisien.

 5. Meningkatkan Customer Loyality

Kelebihan transaksi digital yang selanjutnya tidak hanya dapat dirasakan oleh para pengguna saja, melainkan juga bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis. Dengan menggunakan sistem pembayaran online, maka pelanggan dapat menjadi lebih nyaman.

Dengan demikian dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang nantinya membuat transaksi berulang secara terus dilakukan. Layanan yang cepat dan transaksi pembayaran yang lebih mudah tentu membuat pelanggan menjadi tertarik untuk kembali melakukan transaksi.

Hal tersebut tentu kan lebih signifikan dengan jumlah peningkatan penjualan. Keamanan, kemudahan dan juga respon yang cepat menawarkan berbagai layanan nyaman akan membuat para pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan mudah.

Kekurangan dari Transaksi Digital bagi Pengguna

Selain memiliki beberapa kelebihan transaksi digital untuk kebutuhan sehari-hari dan juga kebutuhan berbisnis, tentu sistem pembayaran ini juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dirasakan oleh para pengguna :

1. Para pengguna menjadi lebih konsumtif

Hal ini disebabkan karena sifat pembayaran yang lebih praktis sehingga secara tidak langsung bisa membuat pengguna merasa ingin terus menggunakannya.

2. Sisa saldo yang masih tersisa seperti dalam dompet digital tidak dapat diuangkan

Apabila terjadi kerusakan dalam kartu maka saldo yang ada di dalamnya tidak dapat diuangkan. Kerusakan tersebut biasanya seperti kartu yang patah, atau chip yang tidak terbaca.

3. Mudah hilang

Jika uang tunai bisa terjadi kehilangan yang dikarenakan pencurian, maka uang digital juga memiliki kemungkinan kartu yang hilang disebabkan terjatuh, hilang, atau tersimpan.

Pembayaran dengan menggunakan sistem online memang memberikan berbagai kemudahan. Terlepas dari berbagai kelebihan transaksi digital juga terdapat berbagai kekurangan jika tidak hati-hati dalam menggunakannya.