free page hit counter

6 Manfaat Pembayaran Online Bagi Transaksi Perdagangan

Artikel diperbarui pada 6 April 2023.

Sebenarnya apa saja manfaat pembayaran online sehingga banyak sekali yang menggunakan metode pembayaran ini? Seperti yang telah diketahui saat ini sudah tersedia banyak sekali layanan pembayaran yang bertujuan untuk memudahkan dalam bertransaksi.

Sistem pembayaran yang dilakukan secara online ini membuat masyarakat menjadi tergerak untuk menjadi cashless society, yaitu sistem yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam melakukan transaksi. Namun, menggunakan metode elektronik atau metode digital.

Apa Itu Pembayaran Online atau Digital?

Sistem pembayaran secara online atau digital yaitu model pembayaran yang dilakukan secara non tunai. Untuk alat pembayarannya sendiri memiliki beberapa macam. Jika dilansir dari laman Bank Indonesia, sistem pembayaran digital atau pembayaran nontunai terdiri atas tiga jenis.

Tiga jenis pembayaran nontunai tersebut diantaranya adalah paper based yang terdiri atas bilyet, cek, dan giro. Sedangkan untuk card based terdiri atas kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit. Dan sistem pembayaran nontunai yang terakhir adalah electronic based.

Berikut Ini 6 Manfaat Pembayaran Online

Berbagai kemudahan tersebut memberi penawaran yang cukup menarik, seperti kemudahan, kecepatan dalam melakukan transaksi, dan juga keamanan. Berikut adalah beberapa manfaat melakukan pembayaran digital untuk kehidupan sehari-hari.

1. Keamanan yang Lebih Baik

Sistem pembayaran secara elektronik atau secara digital ini dipercaya dapat meningkatkan sistem keamanan dalam melakukan transaksi. Sebagai contohnya adalah jika terdapat gerai yang bisa menerima pembayaran dengan menggunakan QRIS, maka kamu tidak perlu lagi membawa dompet.

Selain tidak perlu lagi membawa dompet, kamu juga tidak perlu lagi membawa kartu kreditnya untuk melakukan transaksi. Sebab, transaksi tersebut bisa kamu lakukan hanya dengan pemindaian kode dengan melalui perangkat smartphone mu.

Tidak hanya itu saja keamanan informasi perihal data bank yang kamu miliki pun juga akan tetap aman terjaga. Tidak sampai disitu saja dengan menggunakan pembayaran secara online risiko kehilangan atau pencurian di meja kasir akan menurun.

Sebab setiap kegiatan akan tercatat secara akurat dan secara otomatis pada aplikasi POS. Jadi, kamu bisa melakukan pemeriksaan sesuai dengan menggunakan receipt.

2. Menghemat Processing Cost dan Lebih Transparan

Manfaat pembayaran online yang kedua adalah kamu bisa melakukan kerjasama dengan pihak bank supaya menginstall mesin EDC. Namun, terdapat beberapa biaya yang harus kamu keluarkan perihal penggunaan mesin EDC.

Besaran biaya tersebut tergantung dari kebijakan setiap bank. Biasanya kamu akan dikenakan biaya install di awal dan akan dikenakan biaya admin dalam setiap kali melakukan transaksi.

Apabila dihitung secara keseluruhan, maka total processing cost yang seharusnya ditanggung oleh perusahaan akan dibilang cukup besar. Namun, jika kamu menggunakan sistem pembayaran secara online dengan penyedia layanan khusus, seperti e-money akan biaya proses tersebut cenderung lebih murah dan lebih transparan.

3. Pembayaran yang Instan

Manfaat pembayaran online yang paling banyak dirasakan oleh para pengguna adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran. Jika dibandingkan dengan metode pembayarn tradisional seperti pembayaran secara tunai atau dengan menggunakan cek, maka pembayaran online ini lebih cepat.

Sebab didalamnya tidak berlaku perihal batasan waktu dan lokasi dalam melakukan pembayaran online. Sehingga setiap konsumen dapat melakukan pembayaran kapanpun dan juga dimanapun keberadaannya.

Dengan menggunakan metode pembayaran secara online maka kamu bisa melakukan pembayaran semua jenis tagihan, seperti BPJS, air, listrik dan yang lainnya. semua dapat kamu bayarkan apa adanya kendala atau harus mengunjungi dari satu tempat ke tempat lainnya.

4. Terdapat Promosi yang Menarik

Manfaat pembayaran online yang paling banyak dirasakan adalah adalah adanya promosi yang menarik para pengguna. Sebab sekarang ini para penyedia jasa fintech menyediakan berbagai promo yang tentunya menggiurkan konsumen, seperti cashback, diskon makanan dan yang lainnya.

Dengan adanya promo yang menggiurkan para pengguna pembayaran online ini banyak orang yang akhirnya menggunakan pembayaran secara online agar mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

5. Mudah Mengatur Pengeluaran

Manfaat pembayaran online ini memudahkan bagi kamu yang dirasa seringkali tergiur dengan pomo yang ada. Sebab, kamu bisa mengatur pengeluaran dengan mudah apabila menggunakan cashless.

Pembayaran digital dapat mencatat transaksi secara non tunai yang pernah kamu lakukan ke dalam database yang nantinya bisa kamu akses sewaktu-waktu.

Dengan manfaat pembayaran online tersebut kamu bisa memonitor seluruh transaksi. Sehingga kamu bisa menentukan dan mengevaluasi perihal pengeluaran.

6. Proses Transfer Uang dengan Mudah

Jika jaman dahulu ketika hendak melakukan transfer uang harus datang langsung ke Bank atau menggunakan wesel. Namun, di era yang semakin modern seperti sekarang ini maka kamu bisa melakukannya hanya melalui sebuah aplikasi yang ada di smartphone.

Biasanya terdapat banyak sekali pilihan yang dapat kamu pilih untuk melakukan transfer, seperti menggunakan e-banking atau juga bisa dengan menggunakan aplikasi digital seperti Go-Pay dan Ovo. Berbagai manfaat dari pembayaran online yang dirasakan oleh penggunanya.

Peran pembayaran digital untuk kehidupan sehari-hari sangat berpengaruh untuk mengatur keuangan. Dengan berbagai manfaat pembayaran online kamu bisa memperoleh semua keuntungan, seperti promo makanan, dan transfer dengan biaya yang relatif lebih murah.