free page hit counter

3 Tips Jitu Pilih Aplikasi Kredit Terpercaya dan Terdaftar OJK

Artikel diperbarui pada 4 April 2023.

Beberapa tips memilih aplikasi kredit harus diperhatikan, apalagi untuk kamu para pemula yang baru akan melakukan aktivitas tersebut dengan bantuan aplikasi. Selain untuk menghindari oknum yang tidak bertanggung jawab, kamu juga wajib menjaga keamanan data diri.

Seiring berkembangnya waktu, aplikasi pinjam online sudah banyak tersedia, tentu saja dengan fitur dan keunggulan yang berbeda. Munculnya apk kredit serta pinjam online dapat menjadi solusi banyak orang yang membutuhkan dana, hal ini karena diawasi oleh OJK.

Salah satu tips memilih aplikasi kredit yang sangat harus diperhatikan adalah keamanannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini kebanyakan aplikasi sudah resmi dan diawasi langsung oleh otoritas jasa keuangan. Jadi, beberapa aplikasi bisa dipercaya.

Tips Memilih Aplikasi Kredit dengan Baik

Perlu menjadi perhatian, penggunaan aplikasi kredit maupun pinjam online memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Kamu tidak perlu lagi untuk datang ke kantor agar bisa mengisi berbagai data diri yang dibutuhkan, jadi hanya melalui online saja.

Proses aman dan cepat. Untuk pinjaman online akan langsung dicairkan ke rekening, berbeda dengan kredit yang akan di acc ketika ingin membeli sebuah barang tertentu di toko elektronik. Beberapa tips memilih aplikasi kredit harus menjadi bahan pertimbangan untuk pemula.

Terdapat beberapa tips yang bisa sangat berguna untuk kamu para pemula. Perlu menjadi perhatian, bahwa kesalahan dalam memilih aplikasi kredit dapat berdampak buruk pada keamanan data dan juga uang yang diterima. Jadi, wajib waspada dengan hal tersebut.

1. Memahami Syarat dan Ketentuan

Tips memilih aplikasi kredit pertama adalah memahami syarat dan ketentuannya. Perlu diperhatikan, bahwa setiap aplikasi memiliki ketentuannya yang berbeda. Hal ini menjadi salah satu pembeda serta keunggulan dari berbagai apk. Maka dari itu, sebelum melakukan pinjam atau kredit pahami syaratnya.

Detail persyaratan yang biasanya wajib diperhatikan adalah KTP, NPWP, KK, buku tabungan dan slip gaji. Hindari memilih apk kredit maupun pinjaman online yang meminta dokumen kepemilikan kendaraan, sertifikat tanah atau rumah serta dokumen penting lainnya.

2. Memilih Aplikasi yang Resmi

Salah satu ciri apk yang sudah resmi adalah diawasi dan terdaftar resmi di OJK. Salah satu cara untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek terlebih dahulu pada website resmi OJK. Biasanya juga, sebelum mendownload sebuah apk, terdapat deskripsi mengenai apk tersebut.

Berbagai review serta deskripsi mengenai apk tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan, agar menjadi kepercayaan untuk menggunakan apknya atau tidak. Hal ini sangat penting, untuk tidak kemakan janji palsu yang biasa diberikan oleh para oknum tidak bertanggung jawab.

3. Memahami Suku Bunganya

Perlu menjadi perhatian, tips memilih aplikasi kredit yang sangat penting adalah memahami suku bunganya. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak keberetan ketika akan membayarnya. Jadi, suku bunga bisa menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting sebelum melakukan transaksi.

Suku bunga yang tidak melebihi batas maksimal yang diberikan oleh otoritas jasa keuangan adalah 0,4% perhari. Informasi tersebut dapat diperoleh dari situs resmi maupun media sosial perusahaan apk tersebut. perlu diperhatikan, bahwa setiap apk menawarkan suku bunga yang berbeda.

Rekomendasi Aplikasi Kredit yang Terpercaya

Selain membahas mengenai beberapa tips memilih aplikasi kredit. Kami juga akan memberikan informasi mengenai beberapa rekomendasi aplikasi kredit yang bisa digunakan, tentu saja dapat dipercaya karena sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan.

1. Modalku

Rekomendasi pertama adalah modalku, apk ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki usaha UMKM dan sedang mencari dana untuk pembangunan usaha. Tersedia berbagai fitur menarik, khususnya peminjaman dana maupun kredit untuk pelaku umkm secara online maupun offline.

Syarat utamanya adalah, usaha yang dijalankan minimal sudah 6 bulan, pendapatan bulanan mulai dari 6 juga rupiah. Saat ini modalku juga sudah tersedia di berbagai wilayah seperti Batam, Jawa, Medan, Palembang, Bali dan juga Makasar. Ketersediaan lokasi tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan.

2. RupiahCepat

Kemudian ada rupiah cepat, dimana merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, rupiahcepat sendiri diterbitkan oleh PT. Kredit utaman fintech Indonesia. Dengan menawarkan limit hingga 10 juta serta jangka tenor dari 1 bulan hingga 3 bulan berjalan dapat menjadi solusi untuk kamu.

Kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan apapun. Hal tersebut tentu saja sangat praktis untuk kebutuhan pribadi, tidak perlu khawatir mengenai praktiknya, karena sangat mudah dan cepat. Tidak butuh waktu lama untuk bisa cair, dan proses juga tidak ribet apalagi untuk pemula.

Pahami semua syarat, ketentuan serta risikonya dengan baik, agar tidak terjadi kekeliruan, saat sudah masuk ke dalam dunia kredit yang ditawarkan dengan kemudahan.

Beberapa tips memilih aplikasi kredit diatas serta rekomendasi aplikasi kredit yang terpercaya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.