free page hit counter

6 Risiko Pakai Kartu Kredit: Pahami Agar Tidak Terjebak

Artikel diperbarui pada 20 Maret 2023.

Jika Kamu ingin mulai menggunakan kartu kredit, sebaiknya ketahui terlebih dahulu risiko pakai kartu kredit. Penggunaan kartu kredit memang memiliki sejumlah manfaat terutama. bagi orang yang tidak memiliki dana tunai.

Selain itu, beberapa penyedia layanan kartu kredit menawarkan beberapa promo menarik sehingga masyarakat semakin tertarik untuk terus menggunakan kartu kredit. Namun, dibalik manfaat tersebut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ada beberapa risiko yang dapat merugikan Kamu jika tidak bijak dalam menggunakannya. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan beberapa risiko pakai kartu kredit yang dapat Kamu pertimbangkan agar finansial Kamu tidak berantakan nantinya.

Risiko Pakai Kartu Kredit yang Harus Dipertimbangkan

Kartu kredit merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu atau APMK. Berbagai kebutuhan dapat menggunakan kartu kredit seperti berbelanja, membayar tagihan, penarikan tunai, dan lainnya.

Konsep pembayaran menggunakan kartu kredit ini adalah Kamu membayar menggunakan uang bank penyedia kartu kredit. Sehingga seluruh transaksi akan ditanggung terlebih dahulu oleh pihak penyedia kartu kredit.

Setelah itu, pihak penyedia kartu kredit akan memberikan tenggat waktu untuk Kamu mengembalikan uang yang telah digunakan tersebut.

Kondisi ini tentunya sangat berisiko terutama pada tenggat waktu tersebut, kondisi finansial sedang tidak baik. Selain itu terdapat beberapa risiko lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Terkena Biaya Bunga Tahunan

Risiko pakai kartu kredit yang pertama adalah adanya biaya bunga tahunan. Pihak penyedia kartu kredit tidak peduli seberapa sering kamu menggunakan kartu kredit karena akan tetap dikenakan biaya bunga yang sama.

Jika Kamu belum terlalu membutuhkan kartu kredit maka pertimbangkan lagi untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan beban bunga yang diberikan setiap tahunnya tidak murah dan pastinya akan merugikan finansial Kamu.

Semakin besar limit kartu kredit maka bunga yang dibebankan kepada konsumen juga semakin besar. Untuk itu, pastikan lagi kebutuhan Kamu dalam menggunakan kartu kredit.

2. Terlilit Hutang

Menggunakan kartu kredit dapat menyebabkan kebiasaan untuk berhutang. Risiko pakai kartu kredit ini sangat perlu dipertimbangkan.

Kamu akan berbelanja menggunakan uang pada bank penyedia kartu sehingga secara tidak langsung Kamu berhutang dengan bank tersebut. Hutang tersebut harus dibayar sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Jangan sampai dengan kartu kredit ini Kamu malah keasyikan berbelanja hingga menyebabkan Kamu terlilit hutang karena tidak sanggup membayar sesuai tenggat waktu.

3. Finansial Tidak Stabil

Risiko pakai kartu kredit selanjutnya adalah finansial menjadi tidak stabil. Kartu kredit membuat seseorang menjadi lebih leluasa untuk membeli berbagai keinginannya sehingga tidak jarang gaya hidup seseorang menjadi lebih hedon.

Perilaku ini kemudian menyebabkan seseorang menjadi ketagihan sehingga antara pengeluaran dan pendapatannya menjadi tidak seimbang. Pada saat jatuh waktu tempo pembayaran, belum tentu kondisi keuangan Kamu sedang membaik.

Ini bisa diperparah jika pemasukan yang sebelumnya didapat berkurang. Biasanya hal ini menyebabkan masalah yang sifatnya berkepanjangan. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang menghindar ketika mendapat penawaran untuk memakai kartu kredit.

4. Terkena Denda Telat Membayar Tagihan

Terkena denda adalah risiko pakai kartu kredit yang sangat perlu dipertimbangkan. Setiap keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda dari akumulasi total tagihan ditambah dengan bunga yang diberikan sejak hari keterlambatan per harinya.

Contohnya, bunga tahunan kartu kredit Kamu 3% dan peminjamannya sebesar 3 juta. Maka bunga yang dibebankan setiap harinya sebesar 90 ribu. Jika Kamu telat selama satu minggu maka total dari denda tersebut berkisar 500 rb lebih.

Jumlah yang cukup besar, belum ditambah dengan biaya bunga tahunan dan biaya lainnya. Oleh karena itu, tanggal jatuh tempo harus selalu diperhatikan agar Kamu tidak rugi.

5. Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Kartu Kredit

Jika risiko diatas sudah Kamu pertimbangkan dengan matang maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kartu kredit jika Kamu memilih untuk menggunakannya.

Perhatikan untuk persyaratan terutama usia dan penghasilan Kamu. Usia minimal menggunakan kartu kredit adalah 21 tahun dengan minimun penghasilan Rp 3 juta. Selain itu, kartu identitas dan NPWP juga menjadi persyaratan.

Jika sebelumnya Kamu pernah melakukan kredit baik menggunakan kartu atau tidak, pastikan semua proses transaksinya aman. Karena riwayat keuangan kamu akan di tracking oleh pihak penyedia kartu kredit.

6. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Setiap mengambil tindakan pasti memiliki risikonya termasuk ketika Kamu memilih untuk mulai menggunakan kartu kredit. Kartu kredit dapat memberikan keuntungan bagi Kamu tetapi juga dapat menjadi beban dalam finansial Kamu.

Kamu dapat memahami mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai dengan kartu kredit, gaya hidup yang awalnya biasa saja menjadi boros dan konsumtif yang menyebabkan terbuangnya uang yang sia-sia.

Oleh karena itu, dengan beberapa risiko pakai kartu kredit diatas dapat menjadi pertimbangkan untuk memulai atau berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit.