free page hit counter

Sobat Cashless, Ini Dia Cara Menabung Tepat agar Keuangan Aman

Artikel diperbarui pada 17 September 2022.

Cara-Hidup-Hemat-Cashless
Cara hidup hemat dengan gaya hidup cashless. | freepik.com

Para milenial pasti sudah tidak asing dengan pembayaran digital, aplikasi e-wallet serta jenis serupanya. Hal ini memang wajar dikarenakan penggunaan uang digital lebih mudah digunakan hanya dengan perangkat digital atau kartu khusus.

Gaya hidup cashless ini sedang marak disukai oleh kalangan muda karena lebih praktis dan mudah dilakukan. Kamu tidak perlu menyimpan uang di dompet, karena semua transaksi bisa dilakukan dengan cara gesek kartu maupun scan barcode di semua toko makanan atau alat transportasi umum.

Pemilihan gaya hidup cashless dipandang bisa membuat orang yang memilihnya lebih hemat dan irit pengeluaran. Kamu jadi tidak sering merogoh saku, ditambah dengan layanan diskon dari aplikasi digital atau e-wallet membuatmu menjadi lebih nyaman menggunakan ini.

Sayangnya, tidak semua anak muda berfikir demikian, karena sebagian dari mereka malah ketagihan belanja menggunakan aplikasi e-wallet tersebut. Masalah ini akhirnya membuat mereka, bahkan kamu sendiri menjadi kesulitan untuk menyisihkan uang atau menabung. Padahal, menabung merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar bisa mengatasi kebutuhan yang datang tiba-tiba.

Apabila kamu salah satu sobat cashless yang memiliki kesulitan menabung, barangkali cara-cara menabung yang tepat ini bisa membantumu dan membuat finansialmu tetap terkendali.

Lakukan 6 Cara Menabung ala Sobat Cashless agar Keuangan Tetap Aman

Karena uang tidak kamu pegang secara fisik, kadang kamu lebih mudah menghabiskan uang ketika semua pembayaran dilakukan melalui kartu atau aplikasi.

Jangan khawatir!

Ikuti 6 tips mengatur finansial dan keuangan kamu yang mulai mengadaptasi gaya hidup cashless.

#1. Sisihkan Sebagian Dana Dari Pendapatan Perbulan ke Rekening Khusus Tabungan

Sisihkan uang untuk menabung. | @pvproductions - FREEPIK
Sisihkan uang untuk menabung. | @pvproductions – FREEPIK

Saat kamu menerima gaji bulanan, sebaiknya sisihkan sebagian uang itu untuk disimpan dalam rekening khusus tabungan. Jangan sampai memasukkan semua uang ke dalam aplikasi digital atau e-wallet karena tanpa sadar, kamu bisa lebih boros dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Saat ini, bank telah menawarkan sistem tabungan yang menarik untuk para nasabahnya. Misalnya, tabungan yang biasa sering kamu gunakan, tabungan haji, tabungan berjangka, tabungan investasi, tabungan giro  dan masih banyak lagi.

Kamu bisa memilih salah satu sistem tabungan yang ditawarkan dan sesuaikan dengan keuangan yang kamu miliki.

#2. Pilih Tabungan Berjangka untuk Kamu yang Sulit Konsisten

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk menabung, hanya saja cukup sulit bagi mereka untuk melaksanakannya dikarenakan belum konsisten atau lainnya.

Kini, kamu bisa mulai menabung dengan menggunakan tabungan berjangka yang disediakan oleh pihak bank. Cara kerja tabungan berjangka adalah pihak bank akan secara otomatis menarik sebagian dana yang disepakati untuk disimpan dalam tabungan berjangka.

Jika dana yang ditentukan sudah masuk ke dalam tabungan berjangka, kamu tidak bisa menariknya sesuai keinginan. Periode tabungan ini hanya bisa ditarik dalam jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan seterusnya tergantung yang kamu pilih.

Apabila kamu memaksa ingin menariknya sebelum jatuh tempo, kamu akan dikenakan penalti yang lumayan besar jumlahnya. Dengan begitu, pikirkan terlebih dahulu jumlah dana yang akan disisihkan dan jangka waktu yang diinginkan sesuai dengan kamu butuhkan.

Adanya tabungan berjangka akan membuat kamu menjadi lebih konsisten dalam menabung setiap bulan. Tidak perlu dihitung jumlah setiap bulannya, yang terpenting saat waktunya tiba, kamu sudah memiliki dana yang dibutuhkan untuk kehidupanmu di masa depan.

#3. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Gunakan kartu kredit dengan tepat. |FREEPIK
Gunakan kartu kredit dengan tepat. |FREEPIK

Kamu yang memiliki gaya hidup cashless sebaiknya bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak sesuai kebutuhan saja. Batasi penggunaannya dengan menggesek maksimal 30% dari limit yang sudah ditentukan.

Cara ini akan membantumu untuk tidak mengeluarkan dana lebih dari sepertiga penghasilan tiap bulan. Jadi, kamu tidak perlu repot membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah besar lagi.

Akan lebih baik lagi kalau kamu menghindari kartu kredit dan menggunakan kartu debit. Sekarang ini, sudah banyak kartu debit yang menyediakan fitur pembayaran Master Card, Visa, hingga transaksi dalam mata uang asing.

#4. Lakukan Top Up Pembayaran Digital Secukupnya

Banyak anak muda yang tergabung dalam cashless society sering mengisi dana penbayaran digital mereka sebanyak-banyaknya. Padahal, hal ini sangat tidak disarankan karena akan membuat boros alias tidak hemat.

Jika sudah boros, impianmu untuk bisa menabung pun akhirnya sirna sudah. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya batasi top up yang dilakukan dengan menghitung terlebih dahulu kebutuhan dalam seharinya.

Kamu bisa mulai dengan menghitung dana transportasi umum, biaya tol, makan, dan total jajan dalam satu bulan. Setelah berhasil melakukan penghitungan, kamu bisa mulai top up e-wallet sebesar total hitungan yang dibutuhkan. Jika perlu, kamu bisa melebihkan sedikit jumlah top up-nya untuk antisipasi apabila ada pengeluaran mendadak yang harus dilakukan.

Misalnya, kamu akan mengisi atau top up sebesar 500 ribu, maka kamu bisa melebihkan jumlah top sebesar 100 ribu atau 200 ribu. Kemudian, berkomitmenlah untuk tidak menggunakan dana melebihi jumlah top up yang sudah ditentukan.

#5. Berani Menolak Promo

Promo dari berbagai merchant pilihan memang sangat menggiurkan dan menggoda imanmu yang sudah bertekad untuk hidup hemat, walaupun menggunakan gaya hidup cashless. Cobalah untuk membatasi diri dari promo dan menolak promo yang sedang berlangsung.

Meski rasanya sayang sekali jika diabaikan, tetapi saat kamu menanggapi terus promo itu, sampai kapanpun kamu tidak bisa hidup hemat dan harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan.

#6. Menabung Dengan Investasi

Lakukan investasi. | @master1305 - FREEPIK
Lakukan investasi. | @master1305 – FREEPIK

Investasi bisa dijadikan sebagai simpanan uang atau tabungan masa depan yang cukup baik dan banyak direkomendasikan. Kamu bisa memilih investasi sesuai dengan tujuan menabungmu, apakah ingin melakukan investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Setelah memutuskan untuk melakukan investasi, kamu bisa mencari informasi lebih dulu terkait platform penyedia investasi yang resmi. Jika sudah ditemukan, silakan mulai berinvestasi dan dapatkan profit yang akan berguna untuk kebutuhanmu di masa depan nanti.

Kunci Sukses Menabung: Bisa Mengatur Keuangan Dengan Bijak

Bijak dalam mengatur keuangan. | FREEPIK
Bijak dalam mengatur keuangan. | FREEPIK

Seseorang yang memiliki gaya hidup cashless memang lebih rentan mengalami pengeluaran banyak, apalagi saat ini banyak sekali marketplace yang menerima pembayaran dari aplikasi e-wallet.

Agar bisa tetap menabung dari penghasilanmu selama satu bulan, sebisa mungkin sisihkan dana yang akan ditabung demi kehidupanmu sendiri. Sebagai saran, kamu bisa menggunakan pola 50/30/20 dari Elizabeth Warren, seorang politikus asal Amerika Serikat.

Pola ini menerangkan bahwa 50% digunakan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginanmu, dan 20% untuk tabungan yang dimiliki. Jadi, kamu cukup menyisihkan dana 20% setiap bulannya untuk menabung.

Itulah 6 cara menabung untuk sobat cashless yang membuat finansial tetap terjaga dengan aman.

Selamat mencoba!