free page hit counter

Pakai Dompet Digital? Ini Trik Aman Penggunaannya

Artikel diperbarui pada 31 Maret 2023.

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan banyak orang mulai pakai dompet digital karena kemajuan teknologi sekarang. Hal tersebut, sudah menjadi salah satu tuntutan serta bantuan bisa digunakan oleh banyak pengguna.

Kehadiran dari dompet digital atau biasa juga dikenal sebagai e-wallet memang banyak membantu orang – orang. Khususnya saat ingin melakukan penyimpanan terhadap uang dimiliki, maka lebih mudah memakai bantuan e-wallet tersebut.

Melakukan berbagai transaksi dengan pakai dompet digital juga sudah memungkinkan untuk dilakukan. Biasanya hanya dalam satu aplikasi yang sama saja, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi berbeda.

Selain itu, ada juga beberapa hal praktis lainnya bisa didapatkan ketika memakai e-wallet tersebut. Pastinya, melalui langkah tepat, akan membuat setiap pengguna dimudahkan saat sedang memanfaatkan e-wallet ini.

Kekhawatiran Terhadap Pemakaian dari E-Wallet

Meskipun temuan dari pakai dompet digital sudah banyak dimanfaatkan oleh pengguna atau masyarakat. Namun masih ada kekhawatiran di saat memanfaatkan uang elektronik tersebut saat bertransaksi.

Kemudaan diberikan oleh uang elektronik telah membantu banyak orang bisa melakukan pembayaran. Selain itu, lebih mudah ketika ingin bertransaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan orang dituju.

Meskipun untuk pemanfaatan dari aplikasi e-wallet tersebut kian mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Namun masyarakat masih khawatir ketika ingin pakai dompet digital terhadap keamanan saat dipakai.

Ada kisaran 48 % pengguna yang masih merasa takur kehilangan uang mereka secara online. Ketakutan tersebut menjelaskan jika masih ada banyak yang tidak begitu saja mempercayai pemanfaatan uang elektronik tersebut.

Kemudian ada juga orang – orang menyebutkan jika pemanfaatan teknologi ini juga cukup rumit. Karena diharuskan untuk menyediakan kata sandi maupun pertanyaan rumit harus diingat serta dirahasiakan sendiri.

5 Trik Aman Pakai Dompet Digital

Jadi, jika kamu tetap ingin bertransaksi secara aman memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Maka ada beberapa trik aman di saat menggunakan uang elektronik dapat diterapkan, serta pastinya akan sangat bermanfaat.

Apa lagi, dengan dukungan keamanan di dalam pemakaian dompet digital tersebut juga membantu pengguna. Jadi ketika dapat bertransaksi secara aman, serta lebih memudahkan membantu kamu dalam beraktivitas.

Melakukan transaksi yang pastinya memiliki jaminan aman pakai dompet digital sangat menguntungkan. Apa lagi, ketika tidak mengalami gangguan di saat sedang bertransaksi jadi terasa lebih mudah dikerjakan.

1. Pilih Aplikasi yang Sudah Memiliki Jaminan Terpercaya

Sebelum mulai menggunakan e-wallet, terlebih dahulu kamu harus mencari manakah aplikasi terpercaya bisa dipakai. Hal tersebut, akan mendukung keamanan didapatkan oleh pengguna saat transaksi berlangsung.

Saat nantinya akan melakukan berbagai aktivitas transfer, belanja, membayar tagihan maupun lainnya sudah terjamin aman. Jadi tidak ada kekhawatiran lagi, di saat menggunakan uang elektronik kamu miliki.

Faktor keamanan diberikan oleh aplikasi tersebut, menjadi hal penting diperhatikan. Karena setiap orang pastinya ingin mendapatkan rasa aman ketika sudah memilih aplikasi terpercaya mereka jadikan sebagai pilihan.

2. Pastikan Aplikasi Menggunakan Customer Service Andal

Selanjutnya ketika pakai dompet digital maka pastikan mereka sudah memiliki layanan customer service andal. Hal tersebut, sangat berfungsi saat kamu mengalami kendala ketika sedang bertransaksi dalam apk.

Melalui CS yang handal tersebut, maka permasalahan dialami pengguna bisa segara teratasi tanpa ada hambatan. Maka dari itu, pastikan layanan mereka berikan cepat, tepat serta sesuai terhadap kebutuhan kamu sebagai pengguna.

3. Gunakan Kombinasi PIN Rahasia Unik

Penting juga bagi pengguna setelah memilih e-wallet terbaik adalah dengan membuat kombinasi pin unik. Hal tersebut, memberikan keamanan tingkat tinggi ketika pakai dompet digital jadi tidak perlu khawatir.

Pastikan untuk membuat angka – angka tidak mudah ditebak oleh orang lain. Ketika akan melakukan login, maupun bertransaksi pastinya membutuhkan pin semua sehingga harus dibuat kombinasi kuat.

Pembuatan pin yang sulit untuk ditebak serta hanya akan mudah diketahui oleh kamu saja. Namun perlu diperhatikan juga, jangan terlalu susah karena pengguna bisa jadi lupa sendiri terhadap pin telah dibuat sebelumnya.

4. Rahasiakan Pin dan OTP Kamu

Sudah tidak perlu diragukan lagi saat pakai dompet digital kerahasiaan pin dan OTP hanya untuk kamu saja. Jadi orang lain tidak boleh tahu kedua informasi ini, jadi lebih aman saat sedang dipakai nantinya.

Ketika melakukan login ke dalam akun sendiri, biasanya pin ini juga hanya bisa dipakai satu kali. Selain itu akan keluar sendiri dalam kurun waktu tertentu, rahasiakan kedua informasi ini agar tidak disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

5. Selalu Melakukan Pengecekan Terhadap Riwayat Transaksi

Pengecekan terhadap riwayat transaksi dilakukan oleh pengguna dalam kurun waktu tertentu. Biasanya memudahkan dalam melihat jika ada transaksi jangal ataupun mencurigakan sehingga dapat ditangani.

Selain itu, pastikan melaporkan kepada call center aplikasi saat terdapat transaksi jangal tersebut. Dengan begitu pakai dompet digital secara aman, bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengalami kendala lagi.