free page hit counter

Manfaat QRIS Bagi Bisnis dan Transaksi Perdagangan

Artikel diperbarui pada 31 Maret 2023.

Manfaat QRIS Bagi Bisnis saat ini menjadi standar pembayaran digital melalui aplikasi e-money berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking. Setiap penyelenggara jasa sistem pembayaran berbasis QR (PJSP) (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan layanan QRIS.

Hal ini juga diatur oleh Bank Indonesia dalam PADG No. 21/18/2019 tentang penerapan standar pembayaran internasional QRIS.

Fakta Seputar QRIS

QRIS yang dibuat oleh Bank Indonesia dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) ini menggunakan standar internasional EMV Co.

Sebuah lembaga yang membuat standar kode QR internasional untuk sistem pembayaran. Sebagai sistem pembayaran yang mampu memfasilitasi transaksi pembayaran lintas platform, QRIS pada hakekatnya UNGGUL, artinya:

  1. Universal, QRIS menerima setiap pembayaran dengan satu kode QR, menghilangkan kebutuhan aplikasi pembayaran terpisah.
  2. Sederhananya, pembayaran dengan QRIS mudah, cukup scan dengan aplikasi smartphone.
  3. Keuntungan, pedagang dan pengguna hanya memerlukan satu jenis kode QR, sehingga mereka tidak perlu beradaptasi dengan pembayaran yang berbeda.
  4. Langsung, pembayaran digital dengan kode QR dapat diproses secara instan.

7 Manfaat QRIS bagi Bisnis dan Transaksi Perdagangan

Bagaimana QRIS menguntungkan perusahaan, baik pemilik bisnis maupun pelanggan? Berikut keuntungan menggunakan QRIS:

1. Acara dipercepat

Salah satu Manfaat QRIS Bagi Bisnis adalah dapat mempercepat proses transaksi. Hal ini karena QRIS memungkinkan nasabah tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Sebaliknya, penjual tidak boleh mencari-cari perubahan dalam transaksi jual beli.

Dengan metode pembayaran cashless QRIS ini, proses pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat selama ada koneksi internet. Pelanggan memindai kode QR menggunakan aplikasi yang didukung, memasukkan jumlah pembayaran dan menyelesaikan pembayaran.

2. Proses jual beli menjadi lebih mudah

Manfaat QRIS Bagi Bisnis menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran adalah membuat proses jual beli menjadi lebih efisien. Alasannya adalah Kamu tidak perlu mendaftar ke beberapa pedagang untuk menawarkan sistem pembayaran yang berbeda.

Jadi Kamu hanya perlu mendaftar satu kali untuk mulai menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS. Dengan satu kode QR yang dibeli dengan kode QR, penjual dapat menerima beberapa metode pembayaran.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 38 layanan dompet digital berlisensi resmi yang mendukung pembayaran QRIS di Indonesia. Tampilan checkout toko Kamu juga lebih simpel dan elegan, karena kode QR yang biasanya tersangkut di beberapa tempat tidak mengganggu Kamu.

3. Berbagai metode pembayaran

Selain itu, Manfaat QRIS Bagi Bisnis adalah membantu pelanggan memilih metode pembayaran yang berbeda. Sehingga mereka dapat membayar pesanan sesuai permintaan mereka selama QRIS mendukungnya.

Di era digital saat ini, sebagian besar pelanggan lebih memilih pembayaran tanpa kerumitan. Baik di toko online maupun langsung di toko fisik. Nyatanya, hanya sedikit orang yang merasa tidak puas, sehingga membayar tunai cukup sulit.

QRIS memudahkan dan memudahkan mereka dalam melakukan transaksi jual beli. Hal ini menjadi sisi positif yang bisa kamu gunakan dalam pemanfaatan QRIS.

4. Untuk mencegah peredaran uang palsu

Manfaat QRIS Bagi Bisnis sebagai metode pembayaran di toko adalah dapat melindungi Kamu dari penipuan. Salah satu trik penipuan yang paling umum dilakukan penjual adalah membayar dengan uang palsu.

Sehingga transaksi pembayaran dengan QRIS akan membuat bisnis Kamu lebih aman karena terhindar dari pergerakan uang palsu yang dapat merugikan. Penggunaan QRIS untuk mencegah peredaran uang.

5. Hemat biaya operasional

Kamu juga tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan sistem pembayaran ini. Dengan menggunakan sistem QRIS Kamu benar-benar dapat menghemat biaya operasional. Itulah mengapa manfaat QRIS bermanfaat bagi perusahaan Kamu.

Namun, penjual tetap akan membayar biaya saat Kamu menggunakan sistem QRIS. Pembayaran QRIS memiliki tingkat diskonto tetap (MDR). Tarif Diskon Bisnis QRIS adalah biaya yang dibayarkan oleh afiliasi atau merchant.

Misalnya dikenakan biaya 0,7% untuk transaksi biasa, 0,6% untuk acara pendidikan, 0,4% untuk SPBU, dan 0 untuk acara bantuan pendapatan yayasan/organisasi. Nilai nominalnya biasanya kecil dibandingkan jumlah total transaksi, jadi Kamu bisa untung dari penjualan pelanggan.

Di sisi lain, pelanggan tidak membayar satu sen pun di atas jumlah pembelian. Selain itu, nilai MDR juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya antar bank Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) 1%. Jadi sudah pasti lebih murah dan menguntungkan dari sisi pengusaha.

6. Pelaporan Acara Terjamin

Dengan Manfaat QRIS Bagi Bisnis sebagai alat pembayaran, keamanan transaksi jual beli juga terjamin. Karena prinsip membayar dengan memindai kode QR mirip dengan transfer dana antar rekening. Umumnya, setiap transaksi QRIS membutuhkan PIN atau kode untuk dapat diterima.

Jika ada transaksi yang tidak adil, mereka dapat melaporkannya ke penyedia layanan karena semuanya online dan tercatat. Tingkat keamanan juga lebih tinggi jika menggunakan QRIS.

7. Membantu bisnis mencatat transaksi

Karena semua transaksi tercatat secara otomatis melalui aplikasi QRIS, Kamu pun dapat mencatat keuangan perusahaan dengan lebih mudah. Jadi manfaat QRIS memberikan informasi lengkap tentang transaksi kepada perusahaan Kamu.

Hal ini dikarenakan history transaksi QRIS dapat dilihat secara real time sehingga pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih efisien. Ini memungkinkan Kamu, sebagai pengusaha, untuk mengontrol, menganalisis, dan menentukan strategi keuangan masa depan perusahaan.

Dalam Aturan Pelaksanaan QRIS, batasan nominal transaksi QRIS adalah maksimal Rp 2 juta per transaksi. Namun, PJSP dapat menetapkan batas nasional kumulatif harian dan/atau bulanan untuk setiap transaksi QRIS pengguna.

Pentingnya sebuah bisnis menggunakan QRIS berbagai macam bentuknya. Manfaat QRIS Bagi Bisnis bisa membranding produk-produk yang sudah kamu jual.