free page hit counter

Perbedaan Aplikasi Blu dengan m-BCA, Apa Saja?

Artikel diperbarui pada 22 Maret 2023.

Perbedaan Aplikasi Blu dengan m-BCA sempat menjadi pertanyaan besar bagi sebagian nasabah BCA beberapa waktu lalu. Tak sedikit yang mengira jika Blu merupakan pengganti dari m-banking yang selama ini digunakan.

Dari segi tampilan, aplikasi tersebut memang jauh lebih baik dan modern dibandingkan versi lamanya. Fitur-fitur di dalamnya juga lebih lengkap. Tak heran jika aplikasi ini banyak diminati kalangan muda.

Jadi, apa sebenarnya aplikasi Blu ini? Apakah layanan ini akan menggantikan m-BCA yang selama ini sudah digunakan para nasabah? Untuk menemukan jawabannya, mari simak pembahasan singkat di bawah ini!

Pahami Perbedaan Aplikasi Blu dengan m-BCA

Semakin beragamnya metode pembayaran yang bisa dilakukan hari ini membuat bank BCA mengeluarkan aplikasi Blu untuk para nasabahnya. Terutama bagi mereka yang ingin beralih ke ekosistem perbankan digital.

Memiliki rekening bank BCA tidak lantas membuat seseorang terdaftar juga di Blu sehingga nasabah harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Selain itu, mereka yang bukan nasabah BCA juga bisa mendaftar di aplikasi ini.

Jadi, saldo di rekening Blu tidak sama dengan saldo di m-BCA karena Blu sendiri merupakan produk dari anak usaha BCA, yaitu PT. BCA Digital. Inilah letak perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA secara umum.

Dari segi kegunaan, Blu lebih difokuskan untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah akan sistem pembayaran digital. Nantinya, kamu akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran, to-up saldo, dan berbagai kebutuhan pembayaran digital lainnya.

Untuk proses pendaftaran di layanan ini juga tergolong mudah karena kamu tidak harus melakukannya di kantor cabang. Kamu bisa melakukan pendaftaran via aplikasi secara online sehingga prosesnya bisa dilakukan di mana saja.

Ketahui Fitur-Fitur atau Layanan di Blu

Selain untuk membuka rekening digital, pada perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA ini juga menawarkan berbagai fitur menarik terkait sistem pembayaran digital. Sejumlah fitur juga dimasukkan ke dalamnya untuk mendukung hal tersebut, di antaranya:

1. Fitur Tabungan

Seperti rekening bank pada umumnya, Blu juga bisa digunakan untuk menyimpan atau menabung uang. Bahkan kamu bisa membagi uangmu ke beberapa pos tabungan sehingga bisa jelas peruntukannya, seperti:

a. BluSaving

Fitur ini memfasilitasi nasabah untuk menabung demi tujuan tertentu seperti membeli HP baru, pergi berlibur, atau tujuan tertentu lainnya.

b. BluDeposito

Seperti namanya, fitur ini memberi kesempatan pada nasabah untuk memiliki produk deposito sehingga bisa dijadikan sebagai investasi. Kamu bisa membuak akun deposito dengan nominal saldo hanya 1 juta saja.

c. BluGether

Inilah salah satu perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA yang bisa kamu rasakan. Di akun ini, kamu beserta 23 member lainnya bisa mengumpulkan saldo ke dalam akun tersebut. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan tertentu seperti arisan.

2. Fitur Pembayaran

Selain dari fitur tabungan, perbedaan antara aplikasi Blu dengan m-BCA juga terletak pada promo dan kemudahan top up ke e-money. Adapun beberapa fitur pembayarannya antara lain:

a. Tarik Tunai

Jika kamu memiliki rekening Blu, maka kamu juga bisa menggunakan seluruh fasilitas ATM BCA yang tersedia di tempat-tempat umum. Dengan begitu, urusan tarik tunai bisa dengan mudah dilakukan.

b. QRIS

Kemudahan pembayaran hanya dengan scan QRIS juga sudah didukung sehingga transaksi jual-beli bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

c. E-Money

Dengan fitur ini, kamu akan lebih mudah dalam proses top-up ke berbagai akun e-money. Apalagi ada bebas biaya admin di 2 bulan pertama penggunaan. Selanjutnya, kamu juga bisa menikmati bebas admin asalkan saldo di atas 1 juta.

Kelebihan Aplikasi Blu by BCA Digital

Dari beberapa pembahasan di atas, tentu kamu sudah semakin tahu letak perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sejumlah kelebihan yang dapat membantu para nasabahnya dalam bertransaksi, yaitu:

  1. Bisa daftar secara online dengan proses yang terbilang cepat.
  2. Memiliki fitur lengkap untuk menabung dan transaksi pembayaran.
  3. Gratis biaya admin untuk 2 bulan pertama.
  4. Gratis biaya admin untuk transfer ke sesama rekening BCA.
  5. Gratis top up Gopay dan OVO sebanyak 5 transaksi.
  6. Bisa buka rekening tanpa setor saldo terlebih dahulu.
  7. Saldo bisa ditarik sampai nol.
  8. Banyak promo menarik di dalamnya.

Inilah Cara Mendaftar Rekening Blu

Untuk bisa menjalankannya setelah mengetahui perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA, kamu perlu mendaftarkannya terlebih dahulu. Jika kamu berminat menggunakan aplikasi ini, maka ikuti beberapa langkah pendaftarannya di bawah ini:

  1. Pertama, download aplikasi Blu di Play Store atau App Store.
  2. Jalankan aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, pilih opsi untuk membuka rekening baru.
  4. Isi semua data yang dibutuhkan sesuai dengan data asli kamu, mulai dari nama, alamat, nomor HP, dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan.
  5. Jika sudah, lakukan verifikasi data menggunakan metode yang disediakan.
  6. Tahap selanjutnya, pihak Blu akan menghubungi kamu untuk melakukan verifikasi tahap akhir. Panggilan yang dilakukan adalah video call.
  7. Jika disetujui, rekening kamu akan aktif dalam 60 menit ke depan.

Meski sudah memiliki rekening BCA, tidak ada salahnya untuk kamu mendaftar ke aplikasi ini sebagai pelengkap. Perbedaan aplikasi Blu dengan m-BCA di atas juga menunjukkan beberapa kelebihan yang dimilikinya.