free page hit counter

Rahasia Tips Investasi Saham Supaya Agar Cuan Lebar

Artikel diperbarui pada 21 Maret 2023.

Tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan penting untuk diketahui oleh para investor saham. Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang banyak digunakan dalam menunjang pengembangan kekuatan finansial.

Dalam melakukan investasi saham, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, terutama ketika akan mengembangkan aset melalui saham dalam jumlah yang cukup besar.

Supaya hasilnya memuaskan terdapat beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai acuan ketika akan melakukan investasi ini, namun sebelumnya kenalilah apa itu investasi dan saham.

Mengenal Pengertian Investasi dan Jenisnya

Sebelum mengetahui tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi.

Investasi merupakan kegiatan penanaman uang atau modal atau aset berharga dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Investasi atau penanaman modal merupakan salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian.

Orang yang melakukan kegiatan investasi dikenal dengan nama investor. Investor dikelompokkan menjadi dua, yaitu investor institusional yang berupa perusahaan, badan atau lembaga dan investor individual.

Terdapat beberapa jenis investasi yang banyak digunakan sebagai simpanan masa depan dan salah satunya adalah investasi saham yang perlu diketahui agar hasil akhirnya memuaskan. Jenis-jenis investasi tersebut diantaranya:

1. Investasi emas

Investasi ini merupakan bentuk investasi termudah yang banyak dilakukan sejak dulu yang dapat berupa logam mulia, perhiasan, emas batangan dan voucher emas atau emas digital.

2. Investasi reksa dana

Jenis investasi ini merupakan tempat yang digunakan untuk menghimpun dana bersama para pemodal, kemudian diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

3. Investasi deposito

Investasi ini digunakan ketika akan menyimpan uang dalam jangka waktu cukup panjang. Jenis Deposito yang biasa dipilih seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, serta deposito on call.

4. Investasi saham

Saham adalah tanda kepemilikan dalam suatu perusahaan. Ketika berinvestasi saham diperlukan kemampuan dalam ketepatan menganalisa pasar modal.

Investasi cryptocurrency: Cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan salah satu jenis investasi yang semakin populer. Cara termudah untuk melakukan investasi ini adalah dengan membeli coin yang banyak digunakan serta berpotensi lebih massive di masa depan.

Mengenal Pengertian Saham Beserta Hak Pemegangnya

Setelah mengetahui apa itu investasi, sebelum membahas tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan akan dibahas mengenai saham.

Saham merupakan bukti penyertaan modal atau kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Pemilik saham memiliki hak untuk mendapatkan dividen yang disesuaikan dengan besaran saham yang dimilikinya.

Ketika memegang saham, maka bisa mengklaim kepemilikan pada suatu perusahaan serta berapa pun jumlah lembar sahamnya berhak hadir ketika ada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Untuk dapat memiliki sebuah saham perusahaan, salah satu caranya adalah dengan membelinya di pasar modal.

Tips Investasi Saham yang Bisa Diterapkan

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi daripada investasi lainnya.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, investor harus cerdas saat memilih saham yang menguntungkan atau perusahaan yang menjanjikan kinerja terbaik.

Untuk itu terdapat beberapa tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jangan Memasukkan Semua Modal dalam Satu investasi

Ketika berinvestasi, jangan memasukkan seluruh modal yag dimiliki dalam satu investasi saja. Alokasikan dana di beberapa investasi. Diversifikasi yang dilakukan dapat dijadikan sebagai pelindung.

Sehingga, jika satu investasi sedang turun, masih punya investasi lain yang menjadi peluang keuntungan. Saat sewaktu-waktu membutuhkan uang, dapat mencairkan investasi yang memberikan keuntungan lebih dulu.

Dengan diversifikasi, dapat mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko sehingga hasil akhir yang memuaskan dapat diraih. Selain itu, diversifikasi bermanfaat untuk menjaga kestabilan aset.

2. Menanamkan Komitmen

Tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan selanjutnya adalah tanamkan komitmen dalam diri.

Berinvestasi saham tidak harus selalu mahir atau cerdas, namun penting untuk menjaga semangat supaya tetap konsisten, karena segala sesuatu itu membutuhkan proses.

Tanamkan kesabaran dan terus konsisten dalam mempelajari saham-saham yang akan dipilih, kemudian melakukan pembelian dan rajin memantau pergerakannya.

Tentukan jangka waktu investasi yang akan dilakukan. Bagi pemula, disarankan berinvestasi jangka panjang pada saham-saham berkapitalisasi besar (big cap) yang sudah memiliki kinerja stabil.

3. Melakukan Riset

Investasi bukanlah sebuah spekulasi, seperti halnya ketika membangun bisnis wajib melakukan riset, apakah potensi bisnis yang akan dipilih memiliki masa depan yang bagus atau tidak. Itulah Tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan lainnya.

Kinerja sebuah perusahaan di masa depan dapat dilihat dari pergerakan sahamnya. Jangan membeli saham hanya karena ikut-ikutan atau tren.

Pelajari dulu berbagai hal tentang perusahaan dan kinerja keuangannya beberapa tahun terakhir. Jika kinerja serta pengelolaan perusahaan tersebut bagus, maka likuiditas sahamnya akan terjaga.

Dan tidak perlu ragu untuk menginvestasikan modal pada saham tersebut. Belilah saham perusahaan yang sehat dengan nilai ekuitas lebih banyak daripada utangnya.

Dengan begitu keyakinan untuk berinvestasi dan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan dapat diraih.

4. Konsultasi Saham dan Portofolio Kepada Ahlinya

Untuk dapat berinvestasi saham, terus belajar dari ahlinya baik dari buku yang membahas dunia pasar modal, diskusi dengan ahli pada seminar, atau bertukar ilmu dan pengalaman bersama sesama investor.

Ketika akan melakukan investasi saham, perlu untuk mengetahui tips investasi saham supaya hasil akhirnya memuaskan.