free page hit counter

3 Jenis Asuransi untuk Anak Selain Tabungan Pendidikan, Siapkan Hari Ini

Artikel diperbarui pada 17 Maret 2023.

Jenis asuransi untuk anak memang wajib dipersiapkan sejak dini oleh orangtua. Dalam keluarga, keberlangsungan hidup anak menjadi salah satu fokus utama. Berbagai macam kebutuhan pokok dan pendidikan pun wajib terpenuhi dengan baik.

Sebagai orangtua, kamu memiliki tanggung jawab penuh dalam memberikan berbagai hal terbaik untuk anak. Mulai dari jaminan pendidikan anak di sekolah maupun pengobatan terbaik saat anak sedang jatuh sakit.

Kadang, keinginan memberikan hal terbaik kepada anak terhalang dengan kondisi finansial maupun prioritas yang lainnya. Oleh sebab itulah, kamu perlu mempersiapkan segala macam kebutuhan anak sejak dini.

Persiapkan pula masa depan anak dengan melakukan berbagai cara, mulai dari menabung, investasi hingga asuransi. Semua cara tersebut terbilang langkah yang baik, dalam memilih asuransi, misalnya, orangtua mesti paham apa saja jenis asuransi yang penting bagi si buah hati.

Jenis Asuransi untuk Anak pada Kesehatan

Jenis asuransi untuk anak yang pertama adalah asuransi kesehatan. Produk asuransi satau ni merupakan wajib dimiliki oleh anak. Sebab, dibandingkan dengan orang dewasa, anak – anak cenderung memiliki kekebalan tubuh yang rendah sehingga mudah jatuh sakit.

Memang hal tersebut wajar mengingat antibodi pada anak masih dalam proses berkembang. Di samping itu juga, anak – anak pun masih belum mempunyai kesadaran dalam menjaga kebersihan diri.

Asuransi kesehatan tersebut mempunyai berbagai fitur terbaik sehingga kadang membuat kamu bingung. Beberapa dari fitur yang sangat bermanfaat, seperti :

  1. Manfaat adanya rawat inap dan rawat jalan
  2. Kemudahan dalam proses pengajuan klaim tanpa kartu di berbagai rumah sakit (Cashless)
  3. Manfaat adanya penggantian biaya bagi rumah sakit di luar jaringan kerjasama dengan perusahaan asuransi (reimbursement).

Pada umumnya, semakin besar nominal premi yang kamu bayarkan, maka semakin banyak pula manfaat proteksi yang akan didapatkan. Walaupun demikian adanya, kamu tidak diwajibkan membeli polis dengan premi mahal, namun bisa di sesuaikan saja dengan kebutuhan anak.

Jenis Asuransi Anak untuk Pendidikan

Khusus pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami kenaikan biaya relatif tinggi setiap tahunnya. Mengacu pada data dari BPS, kenaikan rata – rata dari uang pendidikan di Indonesia menyentuh 10 persen per tahun.

Bila uang pangkal masuk SMP pada tahun 2023 saat ini 5 juta rupiah, maka dalam kurun waktu 10 tahun kedepan bisa menyentuh angka hingga 50 juta rupiah.

Biaya ini hanya uang pangkal saja, belum termasuk ke dalam transport, uang iuran bulanan dan lain sebagainya. Mengingat biaya yang tidak sedikit, tentu saja biaya pendidikan ini harus dipersiapkan sejak dini. Biaya tersebut dapat kamu persiapkan dengan produk asuransi pendidikan.

Umumnya, jenis asuransi untuk anak khusus pendidikan ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi unit link dan asuransi jiwa dwiguna. Kedua jenis asuransi tersebut sebenarnya sama – sama dapat memberikan nilai tunai, yang mana dapat kamu cairkan untuk biaya pendidikan anak.

Untuk manfaat utama dari jenis asuransi anak pendidikan anak ini ialah jaminan bila nasabah tutup usia sebelum jangka waktu dari asuransi habis. Maka, keluarga bakalan dibebaskan dari kewajiban pembayaran premi dan polis asuransi masih tetap aktif.

Dengan aturan tersebut, penerima manfaat asuransi, dalam hal ini anak, bakal tetap bisa mencairkan dana pendidikan pada jangka waktu yang telah ditentukan sehingga bisa pula melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, jenis asuransi untuk anak pendidikan ini berbeda halnya dengan tabungan pendidikan. Yang mana tabungan pendidikan ini merupakan salah satu dari produk yang dikeluarkan langsung oleh bank dan bersifat tabungan berjangka yang bisa dicairkan beberapa tahun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jenis Asuransi Gawai untuk Anak

Terakhir, jenis asuransi untuk anak satu ini mungkin belum banyak orangtua yang mengetahuinya. Akan tetapi, memiliki peran yang sangat penting terutama ketika masa pandemi Covid19. Yang mana gawai tersebut tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar buah hati.

Selama masa pandemi virus corona, proses belajar mengajar berubah menjadi pembelajaran daring yang dapat diakses oleh anak melalui gawai, seperti halnya laptop, PC, maupun smartphone.

Bila gawai ini mengalami kerusakan, tentu saja bakalan menghambat kegiatan belajar anak. Ditambah pula bila ada biaya perbaikan yang terlampau mahal jelas akan menambah biaya pengeluaran kamu. Jenis asuransi untuk anak gawai atau perangkat elektronik dapat memberikan manfaat :

  1. Perangkat hilang akibat perampokan ataupun pencurian
  2. Terjadi kerusakan fisik yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja, seperti terkena air, baik kerusakan perangkat secara menyeluruh maupun sebagian.

Bila perangkat tersebut dapat diperbaiki, maka perusahaan asuransi bakalan menggantikan biaya perbaikannya di gerai resminya. Sementara itu, jikalau terjadi kerusakan secara menyeluruh, maka perusahaan akan mengganti dengan produk yang sama ataupun berbeda dengan biaya yang sama seperti pembelian aslinya.

Jenis asuransi untuk anak memang cukup beragam dan bisa kamu pilih sendiri yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan si buah hati untuk jangka panjang dalam melanjutkan pendidikan dan lain sebagainya.

Artikel Terkait Tabungan dan Asuransi Pendidikan: