free page hit counter

Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Terjebak Pinjaman

Artikel diperbarui pada 16 Maret 2023.

Tips menggunakan kartu kredit tentu dibutuhkan bagi mereka yang belum pernah menggunakannya. Pada kemajuan teknologi saat ini, kartu kredit hadir memberi kemudahan saat berbelanja dan bertransaksi demi kebutuhan dan gaya hidup.

Kartu kredit dapat memudahkan hidup serta keuanganmu asal kamu bisa bijak memanfaatkannya. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin kamu akan terlilit hutang, bangkrut hingga jatuh miskin.

Tips Menggunakan Kartu Kredit yang Baik dan Tepat Guna

Berikut ini merupakan tips atau trik dalam menggunakan kartu kredit agar skor kreditmu menjadi debitur terus aman dan tidak akan menghalangi pinjaman lain yang urgent di hari akan datang.

1. Membuat Batasan Pemakaian

Pertama dalam tips menggunakan kartu kredit yaitu mulai menerapkan batasan pemakaian kartu kredit. Kenali kesanggupan keuanganmu lebih dulu dan tentukan nominal yang dapat ditoleransi dengan pemakaian kartu kredit tersebut.

2. Membayar Tagihan dengan Tepat Waktu

Tips dalam menggunakan kartu kredit yang kedua yakni membayar tagihan dengan tepat waktu. Jika terlambat membayar tagihan maka skor kredit yang di Otoritas Jasa Keuangan atas namamu akan jadi buruk. Dapat berpengaruh untuk persetujuan pinjaman berikutnya.

3. Membayar Lunas Tagihan

Tips menggunakan kartu kredit selanjutnya yakni selalu melakukan pembayaran sampai lunas saat tagihan datang. Kebiasaan membayar minimum akan memancing melakukan pinjaman dengan nominal di atas kesanggupan keuanganmu.

4. Menghindari Tarik Tunai

Fitur tarik tunai menawarkan bunga yang cukup besar. Maka tips dalam menggunakan kartu kredit ini penting untuk kamu perhatikan. Hindari menggunakan tarik tunai untuk keamanan keuanganmu.

5. Jangan Mengoleksi Banyak Kartu Kredit

Tips menggunakan kartu kredit berikut ini kerap diabaikan oleh pengguna kartu kredit. Tidak perlu bangga saat kamu mempunyai banyak kartu kredit. Hal Ini sama saja menampilkan risiko hidup konsumtif serta kewajiban bayar tagihan yang besar tiap bulan.

Perlu diingat jika cara pemakaian kartu kredit di dompetmu mempunyai biaya tahunan dan administrasi yang tidak sedikit. Semakin banyak jumlah kartu kredit yang kamu punya, maka bisa membuat keuanganmu semakin terlilit sebab wajib membayar seluruh biaya tersebut.

Langkah-Langkah Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

Setelah mengetahui tips menggunakan kartu kredit yang bijak, maka berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum mengajukan kartu kredit yakni:

1. Mengecek Riwayat Keuangan yang Baik

Saat kamu mau mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit dari pihak bank akan mengecek keadaan riwayat keunganmu. Pastikan kamu tidak mengalami kredit macet di pinjaman-pinjaman sebelumnya.

Bank penerbit kartu kredit tentu akan membuat hal ini sebagai alasan untuk pertimbangan. Apakah akan menyetujui pengajuan permohonan untuk membuat kartu kredit atau tidak.

2. Mencari Kartu Kredit yang Pas

Menentukan kartu kredit yang pas merupakan salah satu tips menggunakan kartu kredit, ini menjadi hal yang gampang-gampang susah. Kamu wajib teliti untuk menentukan pilihan yang mana untuk dijadikan opsi kartu kredit.

Mak sebaiknya cari kartu kredit yang mempunyai banyak keuntungan dan juga akses yang luas. Misalnya berupa rewards, gratis iuran dan juga bunga adalah hal wajib yang penting diketahui.

3. Melengkapi Semua Persyaratan dan Mengisi Formulir

Saat kamu telah menemukan kartu kredit yang pas, maka langkah selanjutnya yaitu mendatangi bank agar melakukan pengajuan. Kamu akan diminta agar mengisi suatu formulir pengajuan beserta persyaratannya juga.

Biasanya syarat usia serta minimal pendapatan jadi persyaratan. Contohnya usia minimum pemilik kartu kredit yakni 21 tahun dengan minimum pendapatan Rp 5 juta per bulan. Harus menyiapkan slip gaji serta Surat Keterangan Perusahaan.

Cara Membayar Kartu Kredit

Hal perlu kamu ketahui berikutnya terkait tips menggunakan kartu kredit dalam cara membayar tagihan melalui kartu kredit. Kamu wajib telah mengetahui jumlah dari tagihan yang wajib dibayarkan sebelum mulai membayar.

1. Langsung ke Kantor Cabang

Kamu dapat langsung datang pada kantor cabang bank penerbit agar melakukan pembayaran tagihan dari kredit. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam melakukannya:

Mengambil slip setoran, kalau tidak terdapat informasi tertulis terkait cara pembayaran dari tagihan kartu kredit pada kantor bank yang bersangkutan, kamu dapat menanyakan langsung pada bank tersebut.

Mengisi slip setoran yang bisa berupa nama, nomor rekening kartu kredit dan juga jumlah yang mau dibayarkan. Sesudah seluruhnya terisi, maka bisa mengantre giliran pada teller.

2. Lewat ATM, Internet Banking dan SMS Banking

Bukan hanya pembayaran langsung pada kantor cabang dengan cara diatas, kamu dapat juga melakukan pembayaran lewat SMS banking, atm maupun internet banking. Dengan syarat bank penerbit kartu kredit itu menawarkan fasilitas tersebut.

Jika kamu memakai ATM, SMS Banking maupun Internet Banking dari bank yang sama bersama bank penerbit dari kartu kreditmu, umunya tidak dikenakan biaya.

Sementara phone banking yang umumnya akan dikenakan jumlah biaya RP 3 ribu. Kamu juga akan dikenakan biaya tambahan yakni Rp5 ribu – Rp7,5 ribu kalau melakukan pembayaran lewat bank lain.

3. Auto Debit

Jika kamu memiliki rekening tabungan pada bank yang sama ke bank penerbit kartu kredit, maka kamu dapat memanfaatkan fasilitas dari auto debit ataupun penarikan otomatis yang maksudnya tagihan akan segera ditarik ataupun didebit lewat rekening tabunganmu.

Kartu kredit tentu tidak dapat dipungkiri telah jadi salah satu hal wajib yang diperlukan pada era sekarang. Untuk kamu yang sibuk dan mau melakukan transaksi produk apapun dengan simpel dan praktis bisa dengan membaca ulasan tips menggunakan kartu kredit di atas.