free page hit counter

7 Manfaat Pakai m-Banking: Transaksi Perbankan Digital Tanpa Keluar Rumah

Artikel diperbarui pada 11 Maret 2023.

Manfaat pakai m-Banking saat ini jumlahnya cukup banyak. Namun masih ada orang yang belum tau tentang betapa banyaknya manfaat dari m-Banking ini. Biasanya orang-orang ini berasal dari golongan para orang tua. Mereka tidak tahu bahkan tidak mengerti tentang teknologi.

Termasuk m-Banking ini. Golongan orang-orang ini masih belum mengerti dan memahami cara kerja dari m-Banking sehingga mereka tahu bahwa manfaat m-Banking ini cukuplah banyak. Mereka masih menggunakan cara manual.

Terutama untuk melakukan setiap transaksi dengan datang langsung kepada pihak perbankan. Namun, supaya tidak merasa bingung maka alangkah baiknya sebelum mengetahui manfaat dari m-Banking harus mengerti dulu tentang Mbankingnya itu sendiri.

Apa Itu m-Banking?

Pada era digital saat ini, banyak layanan keuangan berbasis teknologi yang semakin populer dan m-Banking atau mobile banking menjadi salah satunya.

m-Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi mobile banking yang terhubung dengan rekening bank.

m-Banking (Mobile Banking) adalah layanan perbankan elektronik yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan melalui ponsel pintar atau perangkat seluler lainnya yang terhubung ke internet.

Layanan ini memungkinkan nasabah untuk mengakses rekening bank mereka, melakukan transfer uang, membayar tagihan, membeli produk dan layanan, dan melakukan transaksi lainnya melalui aplikasi perbankan yang diunduh di ponsel mereka.

m-Banking memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan mereka di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bank secara fisik.

Apa Saja Manfaat Pakai m-Banking?

Manfaat dalam menggunakan akun m-Banking tentunya sangatlah banyak. Karena bukanlah tanpa alasan diadakan terobosan berupa m-Banking ini.

Pastinya memiliki maksud dan tujuan sehingga menghasilkan berbagai manfaat yang bisa dinikmati oleh nasabah bank. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat nasabah menggunakan m-Banking.

1. Kemudahan dan Kenyamanan

Manfaat pakai m-Banking yang pertama adalah memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan smartphone atau gadget. Nasabah tidak perlu pergi ke bank dan mengantre di teller, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Oleh karena itu, nasabah bisa lebih terbantu dan memberikan kemudahan saat ingin menikmati penawaran-penawaran yang ditawarkan oleh pihak bank.

Dan dengan penggunaannya yang bisa diakses di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet ini memberikan kenyamanan kepada para nasabah.

2. Transaksi yang Lebih Cepat

Manfaat pakai m-Banking yang kedua adalah bisa membuat segala jenis transaksi yang dilakukan menjadi lebih cepat karena bisa dilakukan di mana saja.

m-Banking memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi secara real-time atau waktu nyata. Sehingga nasabah tidak perlu menunggu lama untuk proses transaksi, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

3. Hemat Biaya

Manfaat pakai m-Banking yang ketiga yaitu bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Karena dengan adanya m-Banking nasabah tidak harus pergi ke bank cukup dilakukan dari rumah sehingga bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan m-Banking, nasabah dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk melakukan transaksi. Biasanya bank memberikan biaya yang lebih murah atau bahkan gratis untuk transaksi melalui m-Banking dibandingkan dengan transaksi di ATM atau teller.

4. Transaksi yang Lebih Aman

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan saat menggunakan Mbankng adalah keamanan saat melakukan transaksi.

m-Banking memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk nasabah dalam melakukan transaksi. Selain itu, nasabah juga dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan, seperti kode OTP atau fingerprint untuk memastikan keamanan transaksi.

5. Menjaga Kontrol Keuangan

Manfaat pakai m-Banking yang selanjutnya adalah bisa menjaga kontrol keuangan yang sedang berjalan cukup menggunakan hp saja.

Dengan m-Banking, nasabah dapat dengan mudah memantau aktivitas keuangan mereka, seperti saldo rekening, riwayat transaksi, dan pembayaran tagihan. Sehingga nasabah dapat dengan mudah mengontrol keuangan mereka tanpa perlu pergi ke bank.

6. Memiliki Akses ke Layanan Perbankan Lengkap

Manfaat menggunakan m-Banking yang selanjutnya bisa didapatkan adalah akses lengkap terhadap setiap layanan yang diberikan oleh pihak perbankan.

Melalui m-Banking, nasabah dapat memiliki akses ke layanan perbankan lengkap, seperti pembukaan rekening baru, pengajuan pinjaman, pembelian asuransi, dan lain sebagainya. Nasabah tidak perlu pergi ke bank untuk mengakses layanan tersebut.

7. Ramah Lingkungan

Manfaat pakai m-Banking yang terakhir adalah ramah lingkungan. m-Banking juga ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas dan mengurangi emisi gas karbon dari kendaraan yang digunakan untuk pergi ke bank.

Kesimpulan

Dari beberapa manfaat tersebut, dapat dilihat bahwa m-Banking memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. m-Banking juga memberikan kontrol keuangan yang lebih baik dan akses ke layanan perbankan lengkap.

Dengan manfaat pakai m-Banking ini, maka sangat wajar ketika m-Banking menjadi pilihan yang tepat bagi nasabah yang ingin memaksimalkan pengalaman perbankan mereka dan menghemat waktu serta biaya.