free page hit counter

6 Tips Aman Transaksi Perbankan: Agar Uang Tidak Raib Tiba-tiba

Artikel diperbarui pada 11 Maret 2023.

Tips aman transaksi perbankan yang bisa diikuti adalah tips yang bisa dilakukan saat pertama kali akan melakukan transaksi perbankan. Ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu saat baru pertama kali ingin menggunakan layanan perbankan.

Calon nasabah harus mengerti dan memahami terlebih dahulu tentang perbankan itu sendiri. Mulai dari pengetahuan umum tentang perbankan dan juga tujuan diadakannya perbankan.

Karena hanya akan jadi kebingungan juga saat mengetahui tips aman transaksi perbankan tapi tidak mengerti dan memahami apa itu perbankannya sendiri.

Apa Itu Perbankan? Ini Penjelasannya

Perbankan adalah sebuah industri yang bergerak dalam kegiatan pengumpulan dana dari masyarakat atau nasabah dan kemudian mengalokasikan dana tersebut kepada individu, bisnis, atau organisasi lainnya yang membutuhkan pendanaan.

Kegiatan perbankan meliputi berbagai produk dan layanan seperti tabungan, deposito, kredit, pembiayaan, dan layanan transaksi seperti pembayaran tagihan, transfer uang, serta layanan investasi.

Apa Sebenarnya Tujuan Adanya Perbankan?

Setelat tahu tentang mengetahui dan memahami tentang perbankan. Maka yang harus diketahui dan dimengerti selanjutnya adalah tujuan dari perbankan. Sebenarnya perbankan ini memiliki beberapa tujuan.

Namun, secara tujuan utama dari perbankan adalah untuk mengoptimalkan penggunaan dana yang dikumpulkan dari nasabah. Dengan memberikan pelayanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah dan menghasilkan keuntungan bagi bank itu sendiri.

Selain itu, perbankan juga memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas ekonomi dan keuangan di suatu negara. Di bawah ini merupakan tips aman ketika melakukan transaksi.

Tips Aman Transaksi Perbankan yang Bisa Diikuti

Transaksi perbankan yang aman menjadi hal yang sangat penting karena banyaknya kasus penipuan dan kejahatan perbankan yang terjadi di seluruh dunia. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan transaksi perbankan dengan aman:

1. Simpan Segala Informasi Pribadi dan Rahasia

Tips aman transaksi perbankan yang pertama adalah Jangan pernah memberikan informasi pribadi dan rahasia seperti nomor PIN, kode akses internet banking, atau nomor kartu kredit kepada siapa pun, termasuk pihak bank.

Ingatlah bahwa bank tidak akan pernah meminta informasi pribadi nasabah melalui telepon atau email.

2. Pastikan Selalu Mengakses Laman Website Resmi Secara Langsung

Tips aman transaksi perbankan yang selanjutnya adalah Selalu pastikan bahwa situs web atau aplikasi perbankan yang nasabah gunakan aman dan terpercaya.

Pastikan bahwa URL di dalam browser nasabah dimulai dengan “https://” dan ada ikon gembok kecil di sisi kiri atau kanan URL. Ini menunjukkan bahwa situs web menggunakan sertifikat keamanan dan data yang nasabah masukkan dienkripsi dan aman.

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun perbankan nasabah. Kata sandi nasabah harus terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari menggunakan tanggal lahir atau nama yang mudah ditebak sebagai kata sandi.

3. Aktifkan Notifikasi Terkait Aktivitas Perbankan

Tips aman transaksi perbankan yang selanjutnya adalah harus mengaktifkan pemberitahuan atau notifikasi melalui email atau SMS setiap kali terjadi transaksi pada rekening nasabah.

Dengan cara ini, nasabah dapat segera mengetahui jika ada transaksi yang tidak sah atau mencurigakan.

Selalu periksa catatan transaksi nasabah secara teratur, baik melalui email, aplikasi perbankan, atau mesin ATM. Jika nasabah menemukan transaksi yang tidak sah, segera hubungi pihak bank nasabah.

4. Hindari Gunakan Jaringan WiFi Publik

Tips aman transaksi perbankan selanjutnya adalah Hindari menggunakan jaringan WiFi publik atau tidak terlindungi ketika melakukan transaksi perbankan. Jaringan WiFi publik dapat membuka celah keamanan bagi peretas untuk mencuri informasi pribadi nasabah.

Pastikan bahwa perangkat yang nasabah gunakan, baik itu laptop, ponsel, atau tablet, memiliki perangkat lunak antivirus yang terbaru dan selalu diperbarui.

5. Selalu Awasi Perangkat Ketika Tengah Bertransaksi

Tips aman transaksi perbankan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Jangan pernah tinggalkan perangkat nasabah tanpa pengawasan saat sedang melakukan transaksi perbankan.

Jika nasabah harus meninggalkannya, pastikan untuk menutup aplikasi perbankan dan mengunci perangkat nasabah.

Jika nasabah merasa tidak aman atau ragu tentang suatu transaksi, jangan melanjutkannya. Hubungi pihak bank nasabah segera untuk memverifikasi transaksi tersebut.

6. Ikut dan Patuhi Kebijakan Prosedur Bank

Tips aman transaksi perbankan yang terakhir adalah pastikan bahwa nasabah selalu mengikuti kebijakan dan prosedur perbankan yang ditetapkan.

Jangan melakukan tindakan yang tidak sah atau melanggar hukum karena dapat merugikan nasabah dan merusak reputasi nasabah sebagai nasabah bank.

Kesimpulan

Dalam melakukan transaksi perbankan, keamanan dan privasi nasabah adalah yang terpenting. Dengan mengikuti tips di atas, nasabah dapat meminimalkan risiko dan menjaga informasi pribadi dan keuangan nasabah tetap aman.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini bukannya malah mengurangi kejahatan. Namun malah timbul kejahatan-kejahatan baru. Salah satunya adalah penipuan-penipuan yang dilakukan melalui hp melalui chat dengan mengatasnamakan pihak perbankan.

Atau bahkan dengan meretas akun atau hp yang terhubung dengan mbanking. Oleh karena itu, dari pada menjadi korban lebih baik melakukan hal-hal yang bisa meminimalisir peluang-peluang kejahatan yang akan dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Tips aman transaksi perbankan ini bisa dilakukan dan dicontoh agar tidak menjadi korban-korban oknum yang tidak bertanggung jawab.