free page hit counter

3 Aplikasi Saham untuk Pemula: Mudah, Aman, Terdaftar OJK

Artikel diperbarui pada 14 Maret 2023.

Jika kamu ingin belajar investasi, ada banyak rekomendasi aplikasi saham untuk pemula yang patut dicoba. Bahkan saat ini aplikasi-aplikasi tersebut dengan mudah diakses di handphone masing-masing pengguna.

Penanaman modal ini dilakukan selama periode tertentu dengan tujuan dapat meningkatkan nilai yang diinvestasikan. Contohnya investasi dana seperti reksa dana, saham, obligasi, deposito, dan kripto.

Sedangkan investasi berupa aset berharga seperti emas, tanah, perhiasan, rumah atau suatu bisnis. Baik individu maupun badan usaha dapat melakukan investasi sesuai dengan keinginan mereka.

3 Rekomendasi Aplikasi Saham untuk Pemula

Jika kamu ingin mulai belajar melakukan suatu investasi, uang merupakan salah satu bentuk jawabannya. Uang yang diinvestasikan dalam bentuk saham saat ini banyak diminati. Kamu bisa mulai belajar dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses di handphone.

Karena ada begitu banyak aplikasi saham untuk pemula yang beredar, penting untuk memperhatikan apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar di OJK. Di mana aplikasi tersebut sudah dalam pengawasan dan terintegrasi oleh pemerintah melalui OJK.

Investasi sendiri merupakan suatu bentuk penanaman modal guna mendapatkan keuntungan dari apa yang dilakukan. Modal yang diinvestasikan sendiri bisa berupa uang ataupun aset berharga lainnya.

Jika aplikasi telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK, maka tidak perlu ragu lagi. Berikut ini merupakan daftar aplikasi saham untuk pemula yang sudah terdaftar di OJK:

1. MotionTrade

Aplikasi pertama yaitu MotionTrade. Aplikasi ini merupakan salah satu sekuritas pilihan masyarakat Indonesia. MotionTrade cocok digunakan untuk pemula karena sangat user friendly.

Selain itu di MotionTrade juga menyediakan fitur voice command yang dapat memudahkan para nasabah untuk melakukan perintah menggunakan suara. Baik itu untuk transaksi jual beli saham, cek harga saham, dan membaca berita.

Ada juga fitur MNC Research, analisa harian dan berkala menyajikan informasi terkait saham berdasarkan team riset MNC Sekuritas. Menjadikan salah satu alasan kenapa MotionTrade direkomendasikan menjadi aplikasi saham untuk pemula.

Selain saham di MotionTrade juga terdapat investasi reksadana. Di mana terdapat FUNDS merupakan supermarket reksa dana. Jika kamu ingin membeli reksa dana ada beragam pilihan dari Manajer Investasi terbaik yang sudah dikenal.

Bahkan menariknya di MotionTrade portofolio reksa dana dapat digunakan sebagai jaminan untuk transaksi saham. Dan tentunya untuk transaksi saham dan reksa dana dapat dilakukan hanya pada 1 aplikasi saja.

2. Stockbit

Aplikasi saham untuk pemula yang selanjutnya yaitu Stockbit. Sekuritas ini masih menjadi salah satu favorit bagi para investor saham. Selain tampilannya user friendly untuk pendaftarannya juga mudah dilakukan.

Salah satu fitur unggulan dari Stockbit yaitu stream. Fitur ini dapat dikatakan sebagai media sosial para investor. Karena dapat melakukan update status, berkirim pesan, dan membagikan informasi mengenai saham, emiten, ataupun keuangan.

Bahkan investor yang berasal dari sekuritas lain juga dapat melakukan diskusi bersama. Maka dapat dikatakan bahwa fitur stream ini layaknya media sosial bagi para investor.

3. Tanamduit

Tanamduit menjadi salah satu aplikasi investasi yang direkomendasikan untuk pemula. Ini akan sangat cocok bagi kamu yang baru melakukan investasi dengan dana terbatas.

Pasalnya pada sekuritas Tanamduit tidak ada pajak dan setor awal. Selain itu untuk melakukan investasi cukup dengan modal Rp10.000 saja.

Di aplikasi Tanamduit ini ada pilihan untuk menginvestasikan dana dari saham, obligasi negara, obligasi swasta, dan deposito. Selain itu menariknya di aplikasi Tanamduit juga terdapat pembelian SBN.

Pembelian SBN atau Surat Berharga Negara ini menjadi salah satu pilihan yang direkomendasikan bagi para investor pemula. Jika kamu ingin mengambil risiko rendah hal ini cocok karena SBN tidak mengalami atau penurunan harga.

Dari ketiga aplikasi saham yang bisa dipakai oleh para pemula tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan investasi kamu.

Tips dari Investor Profesional agar Investasi Berhasil

Selain memilih aplikasi saham untuk pemula, untuk melakukan investasi perlu melakukan analisis risiko. Kamu harus paham betul risiko apa yang akan dihadapi pada investasi. Karena setiap jenis nya memiliki risikonya masing-masing baik tinggi maupun rendah.

Kamu juga harus memiliki tujuan keuangan jelas setelah melakukan investasi. Apa tujuan keuangan atau capaian dari investasi yang telah dilakukan. Dengan kata lain, kamu harus memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Untuk melakukan investasi perlu target dana terkumpul dalam suatu periode yang telah ditentukan. Hal ini juga akan memengaruhi jenis investasi yang akan dipilih.

Para investor pemula juga penting untuk menerapkan konsisten dan disiplin. Hal ini diperlukan agar rencana keuangan yang telah disusun dapat tercapai. Seperti misalnya dengan melakukan investasi secara rutin tiap bulannya.

Jika kamu ingin memulai sebuah investasi jangan ragu untuk mengambil risiko. Karena saat ini ada berbagai macam jenis investasi yang dapat disesuaikan risikonya. Ditambah juga dengan ada banyak aplikasi saham untuk pemula yang sudah terdaftar resmi di OJK.