free page hit counter

6 Langkah Ajukan Kartu Kredit, Ketahui Kegunaannya Juga

Artikel diperbarui pada 10 Maret 2023.

Langkah ajukan kartu kredit banyak dicari kamu yang tertarik berbagai kegunaan darinya. Apalagi kalau belum pernah membuat, tanpa mencari informasi terlebih dahulu bisa menjadikan kamu menemukan kesulitan saat membuat.

Pada dasarnya membuat kartu kredit tidak sulit dilakukan. Selain itu langkahnya juga hampir sama pada berbagai bank. Perbedaan umumnya ditemukan pada syarat pengajuan saja, misal dari minimal pendapatan setiap bulannya.

Selain itu langkahnya sama, meliputi memenuhi persyaratan, kunjungi bank, isi formulir, hingga konfirmasi pengajuan diterima. Lebih detail, berikut adalah langkah pengajuan berikut kegunaan dari kartu kredit itu sendiri.

Sebelum Pelajari Langkah Ajukan Kartu Kredit, Ketahui Kegunaan dan Fungsinya Dahulu

Kegunaan Kartu Kredit. | via goodscoop.id
Kegunaan Kartu Kredit. | via goodscoop.id

Sebelum kamu tahu langkah pengajuannya, akan kami jelaskan dahulu berbagai kegunaan salah satu alat pembayaran ini. Sehingga bisa menjadi pertimbangan buat kamu juga, sebelum memutuskan membuatnya.

1. Alat Pembayaran

Tentunya kegunaan utamanya adalah untuk alat pembayaran yang praktis dan aman. Nantinya proses pembayaran akan dilakukan dengan cepat juga, tentunya lebih ringkas tanpa perlu menggunakan uang tunai dalam transaksi.

2. Solusi saat Keadaan Darurat

Bukan tidak mungkin kamu bisa menemukan keadaan darurat ketika hendak melakukan pembayaran. Misal tidak ada uang tunai yang cukup, maka kartu kredit ini dapat dimanfaatkan dalam kondisi tersebut.

3. Permudah Atur Keuangan

Kegunaan selanjutnya sebelum kami jelaskan mengenai langkah ajukan kartu kredit adalah dapat permudah pengaturan keuanganmu. Karena kamu dapat melakukan pembayaran tagihan secara lunas maupun cicilan dengan menggunakannya.

Tentunya membantu dalam perencanaan anggaran keuangan milik pribadi maupun keluarga. Apalagi kalau pengeluarannya dalam harga mahal, cicilan bisa jadi pilihan terbaik supaya keuangan tetap terjaga.

3 Langkah Pertama dalam Pengajuan Kartu Kredit

Tiga langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan dokumen berikut persyaratannya dahulu. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan mengunjungi bank terdekat dan melakukan pengisian formulir.

1. Lengkapi Syarat Pengajuan

Langkah ajukan kartu kredit yang pertama sudah pasti menyiapkan dokumen persyaratannya. Perlu diketahui bahwa kemungkinan setiap bank punya persyaratan berbeda. Sehingga perlu mencari informasi mengenai persyaratan ini dahulu.

Namun umumnya yang perlu disiapkan meliputi fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, serta buku tabungan dalam 3 bulan terakhir. Apabila ada, kamu juga harus menyiapkan SKP atau surat keterangan perusahaan.

2. Kunjungi Bank Terdekat

Setelah persyaratan lengkap, kamu bisa datangi kantor pusat atau cabang dari bank pilihan. Setelahnya ambil nomor antrean pembuatan kartu kredit yang umumnya dilakukan pada customer service (CS).

Ketika giliranmu datang, tinggal sebutkan tujuan berikut ajukan pertanyaan yang diperlukan. Biasanya CS otomatis akan memberikan informasi mengenai jenis kartu kredit yang cocok, bunga cicilan, iuran tahunan, hingga keuntungannya.

3. Isi Formulir

Langkah ajukan kartu kredit selanjutnya adalah menyerahkan persyaratan berikut pengisian formulir. Dapat dilakukan kalau kamu sudah yakin jenis mana yang akan diambil, maka CS akan berikan formulirnya.

Jangan lupa untuk mengisikan formulir secara lengkap dan teliti. Tanyakan apabila ada kolom formulir pengajuan yang sulit dimengerti. Setelahnya CS akan mencatat berkas dalam formulir tersebut.

3 Langkah Ajukan Kartu Kredit Selanjutnya, Wawancara hingga Konfirmasi

Belum selesai, masih ada beberapa langkah lagi yang perlu dilalui dalam pengajuan kartu kredit ini. Meliputi wawancara bersama pihak bank, menunggu kabar persetujuan, serta konfirmasi ketersediaan dengan detail berikut ini.

1. Wawancara dengan Pihak Bank

Wawancara pihak bank merupakan langkah yang tidak bisa dilewatkan untuk mendapatkan persetujuan. Pertanyaan sendiri umumnya berhubungan dengan data pribadi, dokumen persyaratan, berikut pertanyaan lain berhubungan dengan pengajuan tersebut.

Contoh pertanyaan dalam langkah ajukan kartu kredit saat wawancara adalah keperluan memilikinya untuk apa. Contoh pertanyaan lain adalah apakah memiliki cicilan lain dan kesanggupan dalam membayar bunganya.

Jawaban dari kamu akan menjadi penentu apakah pengajuan disetujui atau tidak. Nantinya ada kemungkinan diterima, ditolak, atau disetujui tetapi dengan limit lebih rendah, menyesuaikan kemampuan finansial.

2. Tunggu Kabar

Ketika proses memenuhi persyaratan hingga wawancara selesai, tinggal tunggu kabar persetujuan dari bank. Tidak perlu menghubungi bank berkali-kali mengenainya, kecuali tidak mendapat kepastian lebih dari dua minggu.

3. Konfirmasi Ketersediaan

Langkah ajukan kartu kredit yang terakhir adalah melakukan konfirmasi ketersediaan apabila sudah disetujui. Nantinya tinggal menunggu proses pembuatan kartu kreditnya, setelah jadi baru akan dikirimkan ke alamat rumahmu.

Kesimpulan

Selain cara di atas, bahkan sekarang kamu sudah bisa mengajukannya secara online loh! Sebenarnya caranya juga hampir sama, yaitu dengan memenuhi persyaratan dahulu. Barulah setelahnya kunjungi situs bank pilihan.

Pada situs pengajuan kamu perlu mengunggah dokumen persyaratan, termasuk foto atau scan KTP, swafoto memegang KTP, NPWP, dan slip gaji. Kemudian akan didapatkan SMS OTP untuk bisa dilanjutkan pengisian formulir.

Terakhir tinggal menunggu persetujuan dari pihak bank dan dikirim kartu kreditnya. Setelah paham caranya, kamu tinggal memilih langkah ajukan kartu kredit termudah, baik secara online maupun offline.