free page hit counter
Aplikasi-Pinjaman-Online-OJK-Syariah

7 Aplikasi Pinjaman Online OJK Syariah [+Link Download]

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2023.

Usaha kamu bermasalah dan terancam gulung tikar? Membutuhkan pinjaman dana dalam waktu singkat namun tidak berbunga tinggi? Cobalah menggunakan aplikasi pinjaman online OJK syariah, dijamin aman dan tidak memberatkan kamu!

Aplikasi-Pinjaman-Online-OJK-Syariah

Kesulitan keuangan yang melanda membuat kita terpaksa menggunakan aplikasi pinjaman online sebagai solusi cepat mendapatkan uang. Tidak salah, tapi hati – hati, pastikan kamu gunakan aplikasi pinjaman online OJK, ya! Apa sih perbedaan aplikasi pinjaman online OJK dan aplikasi pinjaman online biasa?

Menggunakan aplikasi pinjaman online yang belum terdaftar di OJK sangat berbahaya, karena beberapa alasan seperti ;

  • Bunga tinggi
  • Data pribadi rawan bocor
  • Biaya administrasi yang tidak transparan
  • Tidak ada perlindungan terhadap konsumen
  • Penagihan hutang yang tidak manusiawi

Poin – poin di atas akan berdampak pada besarnya jumlah hutang yang ditagihkan di kemudian hari (bisa 10x hingga 100x lipat lebih besar dari jumlah pinjaman aslinya), data pribadi yang disebar di internet (data pribadi yang bocor di internet dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk tindakan penipuan dsb), hingga kemungkinan adanya bahaya yang mengancam ketika debt collector datang untuk menagih.

Maka dari itu, kalau tidak mau masuk ke jurang neraka lebih baik menggunakan aplikasi pinjaman online OJK syariah yang sudah pasti menjamin keselamatan kita sebagai konsumen, tanpa riba, transparan dan jelas sehingga jumlah hutang yang ditagihkan kepada kamu tidak akan membengkak.

Lantas, aplikasi pinjaman online OJK syariah apa saja yang bisa membantu menyelesaikan kesulitan keuangan kamu? Di bawah ini adalah daftarnya.

7 Aplikasi Pinjaman Online OJK Syariah

1. Investree

Investree
Investree – Aplikasi Pinjaman Online Syariah | Image via Google PlayStore

Aplikasi pinjaman online OJK syariah yang pertama adalah, Investree. Aplikasi Investree ini merupakan pelopor perusahaan peer to peer di Indonesia. Setelah sukses dengan program pinjaman konvensional, Investree kini berkembang dengan membuat mode pinjaman syariah.

Investree cocok untuk kamu yang berniat memulai bisnis, karena pinjaman syariah yang ditawarkan aplikasi ini adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan.

Pinjaman yang disetujui pun tidak sembarangan, ya. Hanya bisnis yang tidak mengandung unsur haram yang diterima oleh Investree (mode bisnis rokok, minuman keras, obat terlarang, perjudian, prostitusi, pengolahan daging non halal, hingga hotel non syariah tidak dapat mengajukan pinjaman di Investree).

Sayangnya, Investree memprioritaskan pinjaman kepada perusahaan atau instansi pemerintahan saja. Kalau kamu memiliki perusahaan yang sudah terdaftar dan membutuhkan pendanaan kamu bisa memanfaatkan aplikasi pinjaman online OJK yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa Investree bukanlah pihak yang akan meminjamkan kamu dana, ya. Investree hanyalah jembatan penghubung antara kamu dan juga peminjam. Biaya yang dikenakan antara lain ialah biaya wakalah, marketplace, dan biaya notaris. Tenang saja, semua biaya akan dicantumkan secara rinci dan jelas.

Link Download Aplikasi Investree

2. Dana Syariah

DanaSyariah
Aplikasi Pinjaman Online Dana Syariah | Image via Google PlayStore

Aplikasi pinjaman online OJK syariah berikutnya adalah Dana Syariah. Dana syariah yang berdiri di bawah payung PT. Dana Syariah Indonesia juga merupakan perusahaan P2P lending sama seperti Investree.

Jika investree lebih berfokus meminjamkan dana untuk perusahaan, maka Dana Syariah memilih UMKM sebagai targetnya, meski untuk saat ini Dana Syariah sedang berfokus kepada pendanaan proyek properti terlebih dahulu. Dana Syariah nantinya akan membantu para investor untuk melakukan penyaringan menyeluruh terhadap proyek bisnis maupun usaha perorangan yang akan didanai.

Saat ini Dana Syariah sudah memiliki total 71.713 pendana dengan total pendanaan hingga 408.35 M di tahun berjalan. Menjadi pendana (lender) ataupun penerima dana (borrower) sama – sama merasakan keuntungan.

Link Download Aplikasi Dana Syariah

3. Ammana

Ammana - Aplikasi Pinjol Syariah
Ammana – Aplikasi Pinjol Syariah | Image via Google Play Store

PT. Ammana Fintek Syariah telah melahirkan aplikasi pinjaman online OJK syariah yaitu, Ammana. Ammana sendiri menaruh fokusnya kepada para UMKM yang membutuhkan modal usaha.

Ammana menggunakan sistem non direct funding, sehingga para borrower diwajibkan menjadi seorang pelaku UMKM yang juga bagian dari anggota mitra keuangan syariah mikro Ammana. Artinya, Amanna melakukan seleksi yang cukup ketat bahkan sebelum kamu mengajukan pinjaman.

Adapun borrower yang nantinya menerima dana dari lender akan melakukan bagi hasil dari pendapatan usaha yang dihasilkan.

Salah satu produk andalan dari Ammana adalah Paylater.

Paylater adalah program cicilan syariah yang hadir untuk memudahkan kamu berbelanja di beberapa platform seperti Link Aja, Bhinneka.com, dan sebagainya yang berkerjasama dengan Ammana.

 

Dengan menggunakan paylater maka kamu bisa membeli barang yang kamu butuhkan terlebih dahulu dan membayarnya di kemudian hari kepada Ammana (bisa dibayar langsung atau mencicil) tanpa harus membayar bunga ataupun menggunakan jaminan.

Kamu bisa kunjungi website Ammana.id untuk informasi yang lebih jelas, ya.

Link Download Aplikasi Ammana

4. ALAMI Sharia

ALAMI - Pinjaman Online
ALAMI – Pinjaman Online | Image via Google Play Store

Aplikasi pinjaman online OJK syariah yang selanjutnya adalah ALAMI Sharia. Menggunakan sistem invoice financing atau anjak piutang dimana kamu sebagai calon penerima dana membuat invoice untuk diajukan kepada para calon investor.

Kriteria yang wajib dimiliki oleh peminjam adalah :

  • Perusahaan berbentuk CV , PT atau yayasan menjalankan aktivitas operasional yang tidak berlawanan dengan syariat islam.
  • Berdiri minimal 1 tahun serta berlokasi di JABODETABEK.
  • Perusahaan diharuskan melampirkan rekening koran selama 6 bulan terakhir.
  • Memiliki giro mundur, dan jaminan

Dengan fitur pinjaman sebagai berikut :

  • Dana minimal yang dapat disalurkan adalah Rp 50.000.000 dan maksimum Rp 2.000.000.000
  • Nilai pembiayaan yang disalurkan berdasar pada nilai invoice yang diajukan penerima, ALAMI akan mendanai maksimal 80% dari dana yang diajukan
  • Tenor pembiayaan Invoice financing adalah 1 sampai 6 bulan

Jika invoice yang kamu buat disetujui, maka permohonan pembiayaan akan masuk ke daftar tunggu selama 14 hari. Dan apabila dalam waktu 14 hari dana yang diharapkan tidak terkumpul (minimal terkumpul 55% untuk diteruskan kepada penerima dana) maka kamu berhak mengajukan pembatalan, mengambil dana yang terkumpul atau mengajukan perpanjangan waktu.

Kamu bisa mendapatkan informasi lebih jelas dengan mengunjungi website alamisharia.co.id atau mengunduh aplikasinya di playstore.

Link Download Aplikasi ALAMI Sharia

5. Duha Syariah

Duha Syariah
Aplikasi Pinjol Duha Syariah | Image via Google Play Store

Duha syariah adalah salah satu aplikasi pinjaman online OJK syariah yang sangat diminati. Kenapa? Tentu saja karena mudah dan punya beberapa tipe pembiayaan syariah.

Dua jenis pembiayaan di Duha Syariah, yaitu :

  • Pembiayaan konsumtif : Sistem cicilan dengan tenor 3, 6, 9, 12 bulan untuk membayar semua barang/jasa yang kamu beli di marketplace ataupun e-commerce yang telah bekerjasama dengan Duha Syariah. Limit pembiayaan adalah 20.000.000
  • Pembiayaan perjalanan religi : Sistem cicilan dengan tenor 12, 18, 24 bulan untuk perjalanan umroh atau wisata religi yang bekerjasama dengan Duha Syariah dengan limit 30.000.000

Cek di duniahalal.com untuk mengetahui marketplace, e-commerce atau merchant yang bekerjasama dengan Duha Syariah. Perhatikan pula, bahwa aplikasi pinjaman online OJK ini tidak memberikan pinjaman berupa uang tunai melainkan pembiayaan untuk pembelian barang, jasa dan wisata religi.

Apa saja syarat mengajukan pembiayaan di Duha Syariah?

  • Bekerja di perusahaan / institusi yang bekerjasama dengan Duha Syariah
  • Download aplikasi Duha Syariah
  • Mengisi informasi pribadi, dan mau menyertakan rekening koran 1 bulan terakhir
  • WNI usia 21 tahun, atau WNI di bawah 21 tahun yang sudah menikah
  • Domisili JABODETABEK, Bandung, Lampung, Palembang, NTB
  • Penghasilan bersih tetap minimal 3 juta per bulan

Silahkan kunjungi website atau unduh aplikasinya langsung untuk mengetahui informasi detailnya.

Link Download Aplikasi Duha Syariah

6. Qazwa.id

Qazwa
Aplikasi Pinjaman Online Qazwa | Image via Google PlayStore

Aplikasi pinjaman online OJK syariah kali ini adalah Qazwa.id buatan PT. Qazwa Mitra Hasanah. Bergerak untuk mencarikan modal bagi para pelaku UMKM di berbagai sektor.

Qazwa menyediakan pembiayaan dengan skema supply chain financing dimana pembiayaan modal kerja yang melibatkan rantai bisnis kamu. Misalnya saja, jika kamu adalah seorang pemilik toko maka ajukan pembiayaan dengan menyertakan informasi supplier tokomu. Jika kamu adalah seorang supplier sertakan list konsumen tetap kamu.

Ajukan pembiayaan kamu kepada Qazwa untuk kemudian dinilai kelayakannya, apabila lolos maka Qazwa akan melakukan kampanye untuk menarik minat investor terhadap bisnismu.

Dengan dua jenis akad yang digunakan yaitu :

  • Akad Mudharabah
  • Akad Muharabah

Silahkan kunjungi Qazwa.id untuk informasi lebih jelas.

Link Download Aplikasi Qazwa

7. Papitupi Syariah

PAPITUPI Syariah
PAPITUPI Syariah | Image via Google PlayStore

Aplikasi pinjaman online OJK syariah yang satu ini diselenggarakan oleh PT. Piranti Alphabet Perkasa, diberi nama Papitupi Syariah. Resmi bergabung dalam list OJK pada 2020.

Papitupi syariah menawarkan produk pinjaman yaitu Papifund yang berjalan sesuai syariat.

  • Papifund : Pembiayaan dengan akad Murahabah yang dapat dicicil sesuai jangka waktu yang diinginkan. Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti sekolah, kendaraan bermotor, modal usaha hingga obat-obatan.

Syarat mendapatkan pembiayaan di Papitupi Syariah :

  • Bekerja di perusahaan yang bekerjasama dengan Papitupi
  • WNI
  • Masa kerja dua tahun
  • Berusia 21 tahun ke atas atau sudah menikah

Link Download Aplikasi Papitupi Syariah

Untuk mendapatkan pinjaman dari Papitupi kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di playstore, lalu isi form pengajuan, pihak perusahaan kemudian akan melakukan validasi data untuk kemudian dianalisa oleh pihak Papitupi. Apabila pengajuanmu diterima maka proses akad akan dilangsungkan melalui aplikasi dan kemudian pengajuan dana akan dicairkan dan dikirim ke nomor rekening terdaftar.

Itulah 7 aplikasi pinjaman online OJK syariah yang bisa kamu unduh. Aplikasi di atas sudah terbukti terpercaya, aman, dan tidak akan memberatkan kamu sebagai peminjam. Namun, kamu tetap perlu berhati – hati dalam mengajukan pinjaman dan pastikan untuk tidak memercayai pihak ketiga manapun, ya.