free page hit counter

Ketahui Cara Mencairkan Shopee PayLater Serta Keuntungannya

Artikel diperbarui pada 27 Februari 2023.

Shopee PayLater merupakan fitur dari platform marketplace yang gempar beberapa tahun terakhir dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Apakah Shopee PayLater bisa dicairkan? Lalu bagaimana cara mencairkan Shopee PayLater dengan mudah dan cepat?

Sebab ada banyak penjual yang menawarkan produk di aplikasi Shopee, lalu konsumen melakukan pembayaran menggunakan PayLater. Tidak usah khawatir, sebab sudah ada cara yang dapat digunakan untuk menarik uang di Shopee PayLater.

Sebelum menggunakan layanannya ketahui terlebih dahulu beberapa keuntungan ketika menggunakan Shopee PayLater. Selain itu saldo PayLater bisa dicairkan menggunakan banyak cara seperti ke rekening, OVO, Gopay atau e-wallet lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

Mencairkan Menggunakan Rekening

Cara mencairkan Shopee PayLater pertama yaitu dengan menggunakan rekening. Fitur ini bisa menjadi alternatif untuk melakukan pencairan saldo namun tidak memiliki e-wallet.

Kebijakan Shopee PayLater tidak hanya dirasakan oleh konsumen, pihak yang menawarkan produk juga bisa menggunakan banyak layanan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui langkah cara mencairkan saldo Shopee PayLater ke rekening:

  • Pertama masuk ke aplikasi Shopee dan buka akun seller yang dimiliki. Gunakan handphone lain untuk masuk ke akun serta menu utama dari Shopee.
  • Klik tulisan “Toko Saya” yang terdapat di bagian kiri atas pada menu utama aplikasi.
  • Selanjutnya posting produk baru dengan mengisi deskripsi, harga, limit yang ingin dicairkan beserta gambar produk yang ingin ditawarkan ke konsumen.
  • Setelah produk selesai di posting berikutnya salin link dari produk tersebut. Lalu tempelkan link pada handphone kedua yang sudah terhubung dengan limit Shopee PayLater.
  • Beli produk yang telah diposting tadi menggunakan handphone kedua. Apabila link sudah di tempelkan maka otomatis pengguna akan diarahkan ke halaman produk.
  • Bayar produk tersebut menggunakan Shopee PayLater dan pilih opsi tenor cicilan sesuai dengan kemampuan.
  • Ketika memasukkan data diri, jangan tulis alamat yang sama dengan yang tertulis pada akun seller sebab proses transaksi akan gagal. Gunakan alamat keluarga atau kerabat.
  • Berikutnya buka akun seller lalu terima pesanan yang baru saja dilakukan. Selanjutnya kirim pesanan ke alamat yang telah ditambahkan, pada handphone kedua.
  • Masukkan nomor resi yang telah diterima dari pihak layanan jasa pengiriman paket.
  • Jika paket sudah datang, segera buka aplikasi yang ada di handphone kedua untuk melakukan konfirmasi. Saldo otomatis akan masuk ke akun seller.
  • Cairkan saldo tersebut dengan datang ke ATM atau kantor cabang Bank terdekat.
  • Jangan lupa membawa buku rekening jika ke kantor cabang. Namun apabila ingin menarik uang di ATM cukup bawa kartu saja.
  • Masukkan PIN ATM lalu klik opsi Tarik tunai. Masukkan nominal yang akan dicairkan lalu konfirmasi penarikan.

Mencairkan Menggunakan E-Wallet

Mencairkan saldo di Shopee PayLater tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan rekening saja, selain itu juga bisa menggunakan e-wallet. Seperti Gopay, DANA, OVO dan pembayaran elektronik lainnya.

Melakukan penarikan saldo Shopee PayLater bisa dengan mudah dilakukan jika menggunakan e-wallet dibandingkan rekening. Mengapa demikian? Sebab pengguna tidak perlu repot untuk keluar rumah. Berikut langkah untuk mencairkan saldo Shopee PayLater menggunakan e-wallet:

  • Cara mencairkan Shopee PayLater yang pertama yaitu buka aplikasi Shopee. Login menggunakan akun, cek limit pada Shopee PayLater dan pastikan limit tersedia
  • Berikutnya cari layanan yang menyediakan jasa gesek tunai. Cari penyedia jasa yang terpercaya lalu lakukan komunikasi untuk membahas mengenai prosedur dan biayanya. Jangan lupa untuk tidak memberikan data penting ke penyedia jasa.
  • Buka kolom pencarian Shopee dan ketik “souvenir uang”. akan muncul berbagai macam pilihan produk.
  • Pilih produk yang ingin dibeli sesuai dengan keinginan lalu masukkan pesanan ke keranjang Shopee.
  • Tentukan limit yang diinginkan. Apabila ingin mencairkan saldo Rp. 500.000 maka pengguna perlu membeli 5 unit souvenir. Pilih barang sesuai keinginan dan pastikan jumlah unit yang diambil tidak kurang dari jumlah saldo yang ingin dicairkan.
  • Klik ikon tambah yang terletak disamping kanan opsi jumlah untuk menentukan unit yang ingin dipesan.
  • Bayar pesanan dengan menggunakan metode Shopee PayLater dan pilih kapasitas tenor cicilan yang diinginkan.
  • Klik kolom konfirmasi yang terdapat di bagian bawah opsi agar pesanan bisa segera di proses. Gunakan koneksi jaringan yang stabil agar proses pemesanan bisa berjalan lancar.
  • Jika pesanan sudah diproses, selanjutnya yaitu hubungi penjual untuk meminta uang ditransfer melalui e-wallet. Pilih satu jenis layanan e-wallet, apakah ingin menggunakan DANA, Gopay atau OVO. Pastikan nomor HP yang terhubung dengan e-wallet masih aktif.
  • Tunggu beberapa saat hingga uang tersebut selesai ditransfer dan berhasil diterima. Setelah uang berhasil diterima jangan lupa untuk mengkonfirmasi pesanan ke akun Shopee sebagai bukti bahwa proses pencairan dana berhasil.

Keuntungan Shopee Paylater

Setelah mengetahui cara mencairkan Shopee PayLater selanjutnya kenali beberapa keuntungan dari layanan Shopee PayLater yang bisa didapatkan. Sebab masih banyak calon pengguna yang belum mengetahui keunggulan dari fitur Shopee PayLater, untuk itu simak penjelasan berikut:

  • Limit kredit dan tenor cicilan bervariasi sehingga pengguna dapat menyesuaikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Limit yang tersedia mulai 750 ribu hingga 10 juta rupiah.
  • Cepat dan aman digunakan. Metode pembayaran ini bisa mengatasi berbagai macam masalah transaksi dengan cepat. Teknologi yang digunakan canggih sehingga data tetap aman.
  • Dapat membeli barang tanpa menyediakan alat pembayaran tunai. Artinya pembeli bisa melakukan cicil dan membayar tagihan di waktu yang telah ditentukan.
  • Syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak Shopee tidak banyak dan pengajuannya mudah. Cukup isi data dengan lengkap dan benar. Tidak usah khawatir data diri akan disalah gunakan sebab Shopee memiliki sistem keamanan yang baik.
  • Bunga yang diberikan Shopee PayLater tergolong rendah yaitu hanya maksimal 2.95% di setiap bulannya. Perhatikan besar cicilan yang dimiliki untuk menghindari denda keterlambatan.
  • Ada banyak pilihan metode pembayaran cicilan. Pembeli bisa membayar tagihan langsung di Shopee PayLater atau bisa juga menggunakan via transfer ATM. Selain itu juga tersedia pembayaran melalui e-wallet baik itu DANA, OVO dan lainnya.

Itulah cara mencairkan Shopee PayLater serta keuntungan menggunakan Shopee PayLater dengan praktis. Layanan ini menjadi media terbaik bagi yang tidak mempunyai kredit card.

Dibalik banyaknya kelebihan, ternyata Shopee PayLater juga memiliki kekurangan sehingga penggunaannya bisa dipertimbangkan. Seperti tingginya biaya keterlambatan yang ditanggung ketika terlambat membayar tagihan.

Shopee PayLater hanya bisa digunakan apabila membeli produk di aplikasi Shopee saja. Sehingga metode cicilan tidak berlaku apabila pemesanan produk dilakukan pada market place lain.

Jangan melakukan pembelian produk diluar batas kemampuan yang dimiliki. pengoprasiannya yang mudah membuat aplikasi ini bisa digunakan diberbagai kalangan. Bunga yang terbatas membuat aplikasi ini bersaing dengan kompetitor lainnya.