free page hit counter

Penyebab Akun Dana Dibekukan dan Cara Penanganannya, Dijamin Berhasil

Artikel diperbarui pada 26 Februari 2023.

Banyak kemudahan yang ditawarkan dengan menggunakan dompet digital DANA yaitu dapat mentransfer tanpa rekening hanya memerlukan KTP dan nomor HP aktif. Namun, terkadang tanpa disadari kesalahan akan membuat akun DANA dibekukan paksa oleh pihak DANA.

Berkembangnya teknologi informasi saat ini semakin memperluas jaringan dan mempermudah segala urusan dan pekerjaan. Salah satunya transaksi keuangan dengan menggunakan dompet digital seperti Aplikasi halnya DANA tanpa perlu menggunakan nomor rekening.

Jika terjadi akun DANA dibekukan pastinya semua transaksi akan gagal dan DANA tidak bisa diakses. Sehingga sebelum bertindak  sebaiknya perlu diselidiki penyebab terjadinya pembekuan akun DANA dan berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab akun DANA dibekukan.

Penyebab Pembekuan Akun DANA

Selanjutnya akun DANA dibekukan secara sepihak kemungkinan pengguna DANA melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan yang ada pada aplikasi DANA. Misalnya saja terlalu sering memasukkan PIN yang salah, terindikasi penipuan, identifikasi wajah tidak sesuai dan lain sebagainya.

  • Melakukan Transaksi Berturut-turut Tanpa Jeda. Penyebab pertama pembekuan akun DANA disebabkan pengguna terlalu sering melakukan transaksi berurutan sampai melebihi batas kewajaran. Seperti hampir setiap detik tanpa henti melakukan transaksi sehingga melanggar aturan aplikasi dan mengakibatkan pembekuan akun karena transaksi spam mengganggu pengguna aplikasi  lain.
  • Memasukkan Data Akun Milik Orang Lain. Penyebab selanjutnya ketika ingin menikmati fitur yang ada dalam akun ini diperlukan verifikasi data diri seperti yang tertera pada kartu  KTP. Jika data yang dimasukkan untuk verifikasi akun ternyata milik orang lain maka terindikasi pemalsuan data sehingga termasuk tindak pidana.
  • Terlalu Sering Memasukkan PIN Salah. PIN digunakan untuk keamanan akun dan semua jenis aplikasi lain seperti aplikasi DANA memasukkan PIN untuk transaksi maksimal 3 kali kesalahan. Jika sudah melakukan 3 kali kesalahan dalam memasukkan PIN maka akun dibekukan sementara.
  • Terindikasi Penipuan Akun. Selanjutnya penyebab pembekuan DANA dikarenakan saat melakukan verifikasi wajah saat transaksi tidak sesuai dengan pemilik akun. Sehingga jika dilakukan berulang-ulang maka akan terjadi pembekuan akun sementara sampai pemilik akun asli melakukan verifikasi, Jika tidak pembekuan permanen.
  • Melakukan Multi Login Akun Tanpa Logout Terlebih Dahulu. Penyebab terakhir yaitu melakukan Multi Login dengan melakukan login akun dalam beberapa perangkat tanpa melogout terlebih dahulu. Jika hal tersebut dilakukan maka akan menimbulkan pembekuan akun sementara karena termasuk terindikasi pembobolan akun.

Ciri-ciri yang Muncul Ketika Akun DANA Dibekukan

Para pengguna aplikasi DANA saat mengalami pembekuan akun, akan ada ciri-ciri yang muncul selain notifikasi peringatan yang muncul. Munculnya notifikasi melalui SMS dan email yang tertaut dengan akun. Ketika dibekukan, maka akan membatasi semua transaksi apapun.

1. Adanya Notifikasi

Ketika akun dibekukan, akan mengeluarkan ciri-ciri yang umum sering terjadi yaitu munculnya notifikasi SMS atau email yang tampil di pop up ponsel. Notif yang berisi alasan dilakukan pembekuan akun dan walaupun notifikasi dihapus akun akan tetap dibatasi.

2. Transaksi Gagal

Selanjutnya ketika notifikasi tidak muncul pada tampilan layar ponsel bisa mencoba melakukan transaksi melalui dana. Ketika transaksi gagal dan muncul pernyataan aku dibatasi artinya akun dibekukan sementara, sehingga bisa kembali setelah diverifikasi ulang.

3. Akun Otomatis Logout

Ciri-ciri akun mengalami pembekuan akun dengan ketika ingin membukanya, tiba-tiba dikeluarkan paksa tanpa aba-aba. Sehingga untuk menanganinya, bisa dengan verifikasi ulang dengan login kembali setelah 1 jam setelah pembekuan akun.

Namun jangan menganggap semua kejadian Logout otomatis yang terjadi pada saat masuk ke akun dikarenakan pembekuan akun DANA . Mungkin bisa disebabkan gangguan, sehingga sinyal kurang stabil bisa menjadikan penyebab  hal tersebut terjadi.

4. Akun DANA Terkunci

Selanjutnya, tidak bisa digunakan padahal sudah login dan verifikasi data dengan benar. Dengan demikian, benar-benar dibekukan dapat melakukan  pengecekan SMS atau email yang terhubung di akun DANA.

Syarat yang Harus Dipenuhi Agar Akun DANA Kembali

Selanjutnya akan ada persyaratan yang akan dibahas mengenai akun yang dibekukan agar bisa dikembalikan. Setelah mengetahui penyebab sekaligus ciri-ciri akun DANA dibekukan saatnya mengetahui syarat agar dapat kembali normal sebagai berikut:

  • Menggunakan nama asli dan lengkap sesuai KTP yang terdaftar di akun DANA sebelumnya. Jika penggunaan tidak memiliki KTP bisa menggunakan identitas lain seperti paspor, SIM dan lainya.
  • Menggunakan nomor HP aktif dan sama sesuai dengan akun yang didaftarkan sebelumnya.
  • Memasukkan email yang sama dengan akun DANA.
  • Memasukkan juga saldo terakhir yang diingat.
  • Serta juga memasukkan informasi transaksi terakhir yang dilakukan sebelum pembekuan akun terjadi.

Demikian syarat yang perlu dipenuhi untuk mengembalikan akun yang dibekukan sementara maupun permanen bisa dikembalikan. Biasanya akun akan dibekukan sementara selama 1 jam waktu tersebut cukup digunakan mengumpulkan persyaratan segera dan bukti lainnya.

Lantas, Bagaimana Cara Menangani Akun DANA Dibekukan?

Dalam pembekuan akun DANA bisa dibedakan menjadi dua yaitu pembekuan sementara yang bisa diakses setelah sekitar 1 jam. Jika mengalami salah PIN bisa dengan mereset ulang PIN dan mengganti dengan yang baru.

Selain itu ada pembekuan sementara dikarenakan ada indikasi pembobolan akun sehingg perlu menghubungi CS dana. Kedua Jika mengalami pembekuan akun secara permanen dapat dilakukan pengajuan banding untuk memulihkannya sebagai berikut penjelasan selanjutnya yang juga perlu diperhatikan.

1. Kembali Login Setelah 1 Jam Gagal Masuk Akun

Cara pertama untuk menangani pembekuan akun sementara bisa menggunakan cara ini. Karena biasanya terjadi karena terlalu sering memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 kali lebih.

Dengan demikian sehingga memunculkan notifikasi pembekuan akun sementara dan aktifkan setelah 1 jam. Setelah 1 jam masukkan PIN atau jika lupa bisa ganti PIN dengan menekan lupa PIN dan ganti yang baru.

2. Menghubungi CS Akun DANA

Ketika terjadi pembekuan akun secara permanen cara menghubungi CS sangat disarankan. Menghubungi dengan cara melalui email Help@DANA.id atau sosial media resmi atau telepon di 1500 45 dengan menyampaikan permasalahan dan bukti bahwa tidak melakukan pelanggaran.

Setelah melakukan pengaduan ke CS dan melampirkan bukti-bukti yang valid tunggu sampai CS meninjau akun untuk dipilihkan. Selanjutnya jika sudah selesai dipulihkan maka akan ada pemberitahuan dari akun DANA melalui email aktif yang terpasang di akun DANA.

Berapa Lama Akun DANA Dibekukan? 

Berikut tersebut cara yang digunakan untuk memulihkan akun yang dibekukan sementara maupun permanen. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa akun yang dibekukan sementara bisa diaktifkan kembali setelah 1 saja dan segera lakukan verifikasi ulang.

Sedangkan bagi pengguna yang terindikasi terjadi pembobolan atau memasukkan data palsu ke akun tersebut akan mengalami pembekuan permanen. Namun jangan khawatir pembekuan permanen bisa diaktifkan kembali jika pemilik segera menghubungi CS.

Selanjutnya jika pemilik akun tidak segera melakukan tindakan terhadap pembekuan akun permanen selama 30 hari maka akun akan benar-benar dinonaktifkan oleh pihak DANA. Untuk menangani hal itu segeralah untuk menghubungi CS jika terjadi apapun terkait akun.

Demikian penjelasan mengenai akun DANA yang dibekukan secara permanen maupun sementara masih dapat dilakukan pengaktifan ulang jika segera mengurusnya. Selain itu ada beberapa faktor yang mengakibatkan pembekuan akun DANA tersebut terjadi.

Faktor yang sering terjadi terlalu sering memasukkan PIN yang salah berulang, melakukan transaksi tanpa jeda, memasukkan data palsu sehingga terindikasi pembobolan akun. Dengan begitu akan muncul ciri-ciri jika terjadi pembekuan akun dengan munculnya notifikasi pemberitahuan.

Namun jika terjadi hal demikian bisa diatasi dengan syarat memiliki identitas diri,email dan nomor HP sama dengan yang ditautkan di Akun DANA masih aktif. Selain itu juga bisa melakukan cara menghubungi CS melalui akun sosial media resmi