free page hit counter

Proxynel: Cara Kerja, Jenis, Fitur, Keunggulan, & Cara Pakai

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2023.

Pernah mendengar aplikasi bernama Proxynel? Proxynel merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuka situs terblokir. Website yang terblokir seringkali menjadi hal yang menyebalkan apalagi saat membutuhkan website tersebut. Oleh karenanya, untuk membukanya diperlukan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis aplikasi yang berfungsi untuk membuka situs terblokir tidak hanya Proxynel saja. Namun saat ini, Proxynel banyak digunakan oleh berbagai kalangan khususnya anak IT karena fitur yang dimilikinya.

Aplikasi-aplikasi tersebut diciptakan agar pengguna bisa lebih bebas mengakses berbagai konten yang ada di internet. Baik konten dalam negeri maupun luar negeri. Namun sebelum membahas Proxynel, perlu memahami dulu tentang Proxy karena berkaitan.

Mengenal Proxy?

Proxy dikatakan sebagai suatu sistem komputer yang digunakan untuk mengakses jaringan internet dengan memanfaatkan teknologi IP. Proxy berperan sebagai penghubung antara satu jaringan dengan jaringan lainnya, proxy akan berubah apabila alamat IP diubah.

Manfaat dari Proxy sendiri sangat beragam. Manfaat tersebut yang nantinya mempermudah dalam mengakses internet dan situs-situs tertentu. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

  • Mampu menjaga privasi data dari pengguna internet lainnya.
  • Memudahkan dalam mengakses situs tertentu seperti saat hendak mengakses konten yang negatif.
  • Sebagai media pengontrolan situs tertentu, agar tidak ada yang mampu mengaksesnya.
  • Mampu mempercepat jaringan internet saat digunakan jadinya akan terhindar dari lemot.

Cara Kerja Proxy

Apabila ingin mengunjungi suatu situs, maka akan diperintah untuk menuju pada search engine dan mengetikkan IP Address. Pengisian ini bertujuan mendapatkan konten yang diinginkan. Disinilah Proxy akan melakukan request ke server utama untuk mendapatkan respon.

Peran Proxy kemudian adalah melakukan pengenskripsian IP address. Hal ini sangat berfungsi agar nantinya privasi aman karena terbatasnya yang mengakses. Hal ini sangat memberikan kenyamanan, apalagi bagi yang tidak suka privasinya terganggu.

Jenis Proxy

Membahas mengenai jenis Proxy, pastinya banyak sekali jenisnya. Apa saja jenis Proxy? Berikut uraiannya:

  • Distorting Proxy. Dalam Proxy jenis ini, IP address dilakukan secara rekayasa atau bohongan agar IP address milik pribadi tidak terekspos.
  • Transparent Proxy tidak perlu melakukan pengubahan karena dirasa ribet namun akan diubah berdasarkan Proxy Server saat hendak mengakses lagi.
  • High Anonymity Proxy. Dengan Proxy ini, dapat menyembunyikan IP Address yang dimiliki.
  • Anonymous Proxy. Proxy jenis ini yang nantinya melakukan covering pada seluruh data yang dimiliki sehingga orang lain tidak akan mengetahuinya.

Fungsi Proxy

Selain mengamankan data, Proxy juga memiliki 3 fungsi penting. 3 fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Filtering atau pemberian perlindungan jaringan lokal yang mana juga berpotensi mengalami gangguan pihak luar.
  • Connection sharing yang mana tidak adanya pembatas antara jarak dan wilayah untuk mengakses suatu situs.
  • Caching adalah menyimpan history kunjungan pada situs yang telah dibuka dimana sistem membantu untuk recall saat ingin mengakses kembali.

Setelah memahami tentang Proxy, manfaat, cara kerja, fungsi, dan jenis-jenisnya, barulah disini akan dibahas tentang aplikasinya. Aplikasi yang bernama Proxynel. Aplikasi ini sangat erat kaitannya dengan Proxy tadi karena setting dari aplikasi Proxynel menggunakan Proxy.

Apa Itu Aplikasi Proxynel?

Proxynel merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka situs terblokir, entah situs dalam negeri maupun luar negeri. Proxynel pertama kali dirilis oleh Golzak pada tahun 2017 dimana saat ini sudah 10 juta orang yang mengunduhnya.

Dengan adanya bantuan aplikasi ini, para pengguna dapat mengakses segala jenis layanan dengan bebas. tak hanya itu saja, tampilan yang dihadirkan pun juga sederhana. Aplikasi ini juga melindungi keamanan data pengguna saat mengakses berbagai situs.

Proxynel dapat melindungi pengawasan perangkat dari ancaman pemerintah. Aplikasi ini juga tidak dapat mengakses lokasi ataupun data pengguna. Aplikasi ini, dapat dipasang pada smartphone ataupun PC dengan mengunduhnya melalui store pada perangkat.

Proxynel ini hampir sama dengan dengan aplikasi VPN Android. Perbedaannya adalah kalau aplikasi VPN Android untuk menggunakannya itu masih membutuhkan beberapa setting khusus, sedangkan Proxynel tidak harus. Jadi kesimpulannya aplikasi Proxynel ini sangat mudah digunakan.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Aplikasi Proxynel?

Setiap aplikasi pastinya memiliki beragam fitur yang membuat tertarik semua orang. Begitu juga dengan Proxynel. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat membantu semua orang dalam menikmati segala bentuk layanan yang disajikan. Berikut ini fitur-fitur pada aplikasi Proxynel:

1. Dynamic IP Switching

Untuk mengaplikasikan aplikasi ini adalah dengan merubah IP Address menjadi alamat luar negeri. Hal tersebut bertujuan agar dapat mengakses situs luar negeri dengan bebas. Mengapa demikian? Karena biasanya pemblokiran dilakukan melalui IP Address yang digunakan.

Namun tak perlu khawatir, setelah adanya fitur Dinamic IP Switching, tidak perlu lagi repot mengubah alamat IPnya. Dengan fitur ini, pemerintah tidak dapat menemukan alamat IP yang digunakan sehingga akan aman saat mengakses berbagai situs.

2. Protect Your Online Privacy

Fitur kedua yang dimiliki oleh Proxynel adalah proteksi terhadap keamanan pribadi. Sebagaimana yang sudah dipahami, bahwa aplikasi ini mampu menjaga keamanan data pengguna saat menggunakannya. Maka dapat dipastikan bahwa aplikasi ini sangat aman digunakan.

Aplikasi ini juga dirancang secara profesional oleh ahlinya. Tak hanya sampai disitu saja, akun pengguna yang mengakses suatu situs menggunakan aplikasi ini dipastikan anonymous atau rahasia. Pemerintah tidak akan mengetahui siapa yang mengakses situs tersebut.

Manfaat dan Keunggulan Proxynel

Jika berbicara tentang manfaat dan keunggulan, pastinya banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh Proxynel. Keunggulan tersebutlah yang membuat Proxynel banyak diminati oleh para pengguna. Lantas apa saja keunggulan yang dimiliki? Simaklah artikel ini hingga selesai.

1. Kompatibel Bagi Ponsel dan PC

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa aplikasi ini dapat dipasang pada android maupun PC. Proxynel bisa digunakan di berbagai perangkat. Desain yang digunakan cocok dalam membantu segala jenis pekerjaan yang mengharuskan mengunjungi berbagai situs.

2. Anonymous Access

Ketika mengakses suatu situs dengan menggunakan aplikasi ini, maka pihak penanggung jawab informatika tidak akan menemukan siapa orang tersebut. Pemerintah tidak akan mengetahui orang di balik layar yang mengakses situs tersebut jadi sangat aman digunakan.

3. Mengakses Youtube dan Website

Selain mampu digunakan untuk mengakses website, Proxynel juga dapat digunakan untuk mengakses Youtube. Proxynel dapat membantu para penjelajah video Youtube dalam mengunjungi berbagai hal yang ingin dicari. Mulai dari video dalam negeri hingga luar negeri.

Cara Menggunakan Proxynel

Untuk menggunakannya, terlebih dahulu haruslah mengunduhnya melalui Google Play Store.  Setelah aplikasi terpasang pada perangkat, silahkan login dan lanjutkan proses pengaplikasian dengan mengikuti langkah-langkahnya. Otomatis, nantinya Proxynel akan connect pada server terdekat di sekitar.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Proxy dan Aplikasi Proxynel dimana kedua hal tersebut sangat erat kaitannya. Setelah mengetahuinya, pasti dong tertarik untuk memasangnya pada perangkat yang dimiliki. Apalagi setelah mengetahui fitur-fitur dan juga keunggulannya.

Dengan menggunakan aplikasi  ini, pastinya akan semakin mempermudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Apalagi terkadang terdapat beberapa website penting yang aksesnya terblokir sehingga sulit untuk mengunjunginya. Dengan menggunakan Proxynel, dijamin bahwa lancar dalam bermedia sosial.

Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk jangan mengakses situs sembarangan. Karena dikhawatirkan nantinya akan terdapat beberapa hal yang tidak diketahui seperti dihacknya akun oleh hacker. Meskipun keamanannya terjamin, namun perlu berhati-hati.