free page hit counter

Kartu Kredit Bukopin: Jenis, Syarat, & Cara Pengajuan

Artikel diperbarui pada 1 Maret 2023.

Kartu kredit Bukopin merupakan produk unggulan dari bank Bukopin. Semakin berkembangnya zaman, teknologi ini dipilih karena kegunaannya yang praktis. Tentu banyak pula nasabah Bukopin yang memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan sehari-hari secara lebih mudah dan menguntungkan.

Berbagai promo dan diskon juga sering dihadirkan jika menggunakan kartu kredit. Bank Bukopin menawarkan 6 jenis produk unggulan, yang ditentukan berdasarkan penghasilan bulanan dan berbagai fasilitas yang ditawarkan untuk memanjakan nasabah.

Tentunya memiliki tingkatan masing-masing berdasarkan jumlah pendapatan bulanan, dari yang terendah hingga pendapatan bulanan tertinggi. Mau tahu apa saja nama jenis kartu kreditnya? Berikut penjelasannya.

Mengenal  Kartu Kredit bank Bukopin dan Jenisnya

Terdapat 6 jenis kartu kredit Bukopin dengan fasilitas, jumlah limit, dan suku bunga yang berbeda-beda. Bank Bukopin membedakannya berdasarkan tingkatan penghasilan nasabah. Berikut ini beberapa jenisnya perlu diketahui:

1. Mastercard Classic

Mastercard Classic menjadi nama kartu kredit bank Bukopin yang pertama. Gaji minimum nasabah yang memiliki kartu satu ini haruslah sebesar 2 juta rupiah. Terlebih banyak keuntungan yang bisa digunakan nasabah jika memakai Mastercard Classic.

Mulai dari dapat melakukan tarik tunai hingga 40 persen dari total limit yang ditentukan pihak bank. Serta total limit untuk Mastercard Classic sebesar 5 juta rupiah, dengan suku bunga bulanan yang harus ditanggung nasabah sebesar 2,85%.

2. Mastercard Gold

Kartu kredit Bukopin kedua yaitu Mastercard Gold. Mastercard Gold dimiliki nasabah yang memiliki gaji bulanan sebesar 5 juta rupiah. Beberapa fasilitas unggulan bisa didapatkan nasabah dengan menggunakan kartu kredit Mastercard Gold.

Salah satunya fasilitas batas penarikan tunai yang dibatasi sebesar 40 persen dari jumlah limit yang telah ditentukan. Kartu kredit Mastercard Gold ini memiliki jumlah limit sebesar 34 juta rupiah.

Adapun besaran suku bunga bulanannya mencapai 2,85%, dengan biaya yang harus dibayarkan setiap tahunnya sebesar 225 ribu rupiah.

3. Mastercard Platinum

Bank Bukopin menawarkan Mastercard Platinum yang menjadi salah satu produk Bukopin berikutnya. Jika ingin memiliki kartu kredit jenis ini, penghasilan bulanan nasabah haruslah sebesar 20 juta rupiah.

Memiliki jumlah limit sebesar 260 juta rupiah, fasilitas penarikan tunai Mastercard Platinum dibatasi sebesar 40,5 persen dari jumlah limit yang ada. Sedangkan suku bunganya sendiri terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Jumlah suku bunga dari Mastercard Platinum ini yaitu sebesar 2,95% di setiap bulannya, dengan biaya tahunan mencapai 600 ribu rupiah.

4. Visa Classic

Visa Classic merupakan kartu kredit yang memiliki kesamaan syarat penghasilan dengan kartu kredit bank Bukopin Mastercard Classic. Dimana penghasilan bulanan nasabah haruslah di angka 2 juta rupiah.

Berbagai fasilitas yang pada kartu kredit jenis Visa Classic sangatlah beragam. Salah satunya fasilitas penarikan tunai yang dibatasi hanya 40 persen dari jumlah limit yang diberikan pihak Bukopin kepada nasabah.

Jumlah limit kartu kredit Visa Classic yang diberikan pihak Bukopin yaitu, sebesar 5 juta rupiah dengan suku bunga penarikan setiap bulannya sebesar 2, 75%. Sedangkan biaya tahunannya sebesar 600 ribu rupiah.

5. Visa Gold

Nasabah dengan penghasilan bulanan sebesar 5 juta rupiah, selain ditawarkan seri Mastercard Gold, pihak Bukopin juga akan menawarkan kartu kredit Visa Gold ini. Sejumlah fasilitas menguntungkan juga bisa didapatkan melalui kartu keluaran Bukopin satu ini.

Salah satunya fasilitas penarikan tunai yang dibatasi sebesar 40 persen, dari jumlah limit yang diberikan pihak Bukopin kepada nasabah pengguna kartu kredit jenis ini sebesar 34 juta rupiah. Sedangkan biaya tahunannya mencapai 125 ribu rupiah.

Adapun suku bunga kartu kredit Visa Gold di setiap bulannya sebesar 2, 85%. Namun jangan khawatir kartu kredit Visa Gold untuk tahun pertama penggunaannya biaya tahunan akan ditiadakan.

6. Visa Platinum

Penghasilan bulanan nasabah yang menggunakan Visa platinum, diwajibkan berpenghasilan 34 juta rupiah. Walaupun tergolong besar, namun keuntungan yang didapatkan pun cukup sepadan.

Untuk fasilitas penarikan tunai nasabah yaitu telah diberikan batasan maksimumnya mencapai 40 persen dari jumlah limit yang diberikan yaitu 260 juta rupiah. Sedangkan untuk besaran suku bunga bulannya mencapai 2,95%.

Pihak Bukopin menentukan suku bunga tahunan Visa Platinum yaitu sebesar 225 ribu rupiah. Bagaimana menarik bukan untuk segera membuat kartu kredit Visa Platinum? Segera lakukan pengajuan sekarang juga yah!.

Syarat Dokumen untuk Pengajuan Kartu Kredit Bukopin

Ada beberapa syarat dokumen penting yang harus disiapkan nasabah untuk mengajukan pembuatan kartu kredit di bank Bukopin. Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan diberikan ke pihak bank sebagai data untuk syarat pengajuan kartu kredit.

Adapun dokumen pengajuan kartu kredit bank Bukopin diantaranya Fotocopy KTP atau pun Paspor, slip gaji bulanan. Bagi karyawan, 3 bulan terakhir rekening tabungan, dan fotocopy NPWP. Namun untuk pengusaha, slip gaji bisa diganti dengan SPT.

Sedangkan untuk professional, slip gaji diganti dengan Surat Izin Profesi. Semakin lengkap persyaratan yang dikumpulkan, maka akan semakin cepat pihak bank Bukopin memproses kartu kredit yang diinginkan.

Cara Mengajukan Kartu Kredit Bank Bukopin melalui Smartphone

Melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit Bukopin kini sudah bisa melalui smartphone. Nasabah tidak perlu datang ke cabang kantor terdekat, namun cukup melalui online. Adapun langkah-langkah pengajuannya sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  • Buka browser pada smartphone kemudian kunjungi https://www.bukopin.co.id/page/aplikasionline.
  • Lakukan pendaftaran awal dengan mengisi lengkap formulir pendaftaran. Dan beri tanda centang pada kotak yang tersedia.
  • Akhiri proses dengan mengklik “Kirim”.
  • Selanjutnya, aplikasi akan memunculkan nomor tiket pengajuan kartu kredit bank Bukopin. Pastikan nomor tersebut telah ditulis dengan benar pada secarik kertas.
  • Tunggulah hingga pihak bank Bukopin menghubungi nomor yang dimasukkan saat proses pendaftaran. Jadi pastikan nomor telepon selalu aktif.
  • Pihak bank akan menghubungi nomor nasabah sebanyak 2 hingga 3 kali. Jika tidak aktif atau tidak ada panggilan terjawab, maka secara otomatis pengajuan kartu kredit ditolak.

Manfaat Kartu Kredit untuk Finansial

Banyak dari masyarakat berbondong-bondong membuat kartu kredit salah satunya keluaran dari bank Bukopin. Alasannya karena manfaat dan fungsinya di kehidupan sehari-hari yang memudahkan segala pekerjaan. Yaitu seperti berikut penjabarannya:

  • Sebagai alat pembayaran yang praktis, aman, dan nyaman.
  • Dapat membantu pemiliknya dalam keadaan darurat dana.
  • Pemilik dapat terlindungi dari setiap barang yang dibeli, karena biasanya sudah termasuk berbagai fasilitas perlindungan.
  • Mempermudah pemiliknya dalam melakukan pembayaran secara online atau ketika sedang berada di luar negeri.

Itulah berbagai jenis kartu kredit Bukopin dengan keuntungan yang berbeda-beda yang ditawarkan. Beberapa keuntungan yang dimiliki masing-masing jenis credit card tersebut tentunya diharapkan dapat memuaskan para nasabah Bukopin agar setia menggunakan.

Selain banyak fasilitas yang dihadirkan melalui produknya, melakukan pengajuan kartu kredit melalui bank Bukopin juga sangatlah mudah. Dokumen penunjang yang harus ada sebagai syarat pembuatan juga tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan.

Hal ini jelas menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk menjadi nasabah bank Bukopin. Sistemnya yang canggih membuat proses pendaftaran pembuatan kartu kredit cukup praktis dan efisien yaitu hanya melalui aplikasi tanpa harus ke kantor.